Kemana Blogger Dapatkan Passive Income

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Pernahkah kalian berkeinginan untuk mendapatkan penghasilan pasif atau bahasa kerennya Passive Income? Mungkin kalian masih bertanya-tanya apa sih passive income itu? Biar asyik, aku jelasin dulu ya. Passive Income adalah mendapatkan sejumlah dana diluar pendapatan aktif seperti gaji, atau honor kita bekerja. Passive Income ini didapat dengan kerja minim atau justru terlihat tidak bekerja, namun menerima penghasilan tanpa harus bersusah payah bekerja. Kita terlihat hanya ongkang-ongkang kaki sambil kipas-kipas manja.  Hahaha….menyenangkan sekali bukan!

Selama menjadi blogger dan bergabung dengan Komunitas Emak2 Blogger (KEB), baru kali ini mendapatkan ilmu tentang cara mendapatkan Passive Income. Kebetulan memang di zaman digital sekarang ini untuk mendapatkan penghasilan mudah sekali, asalkan telaten dan konsisten melakukannya seperti menggeluti profesi sebagai blogger ini. 

 Awal menjadi blogger tidak terpikirkan untuk mendapatkan cuan tetapi berjalannya waktu dan perubahan zaman banyak perusahaan yang menawarkan income dan itu terjadi berulang-ulang sehingga para blogger terbiasa dengan penghasilan yang didapatkan. Kini dengan banyaknya blogger yang terus tumbuh dan berkembang membuat persaingan semakin ketat. 

Arisan Ilmu KEB yang bekerjasama dengan Atraksi Accesstrada Siarkan Edukasi memberikan suasana segar bagi para blogger yang hadir di EMJI Coffee & Bar , Mega Kuningan, Jakarta (17/11/2022). Masing-masing founder sepakat bahwa yang kita lakukan adalah kerjasama yang sama-sama memiliki keuntungan, Blogger bagian marketingnya dan Accesstrade bagian cuannya. Pokoknya klop deh, sama-sama mendapatkan dan berbagi keuntungan. 

Apa saja sih yang dibahas? mulai penasaran nih!

Jadi berdasarkan keresahan para emak2 blogger dan karena udah mau tutup tahun, pastinya pengen dong di tahun 2023 ada perubahan yang lebih baik. Khususnya soal keuangan nih, apalagi akhir2 ini job blogger lagi sepi. Pengennya sih tetap berdaya terus, begitulah kata Mak Elly mewakili kita semua yang hadir. 

Akhirnya blogger dikenalkan dengan Accesstrade sebuah Affiliate Marketing sebagai pihak yang menjembatani antara Advertisers dan Publishers. Affiliate Marketing sendiri adalah model marketing berbasis performa dan berfokus pada Cost Per Action (CPA), dimana Advertisers membayar Publisher dan platform affiliate marketing untuk action yang disetujui. Bentuk action dapat berupa penjualan barang atau jasa, leads (registrasi, pembelian barang, download aplikasi) dan action lainnya yang dapat di track. 

Accesstrade sudah ada di beberapa Negara seperti Tokyo – Japan (1999), Jakarta – Indonesia (2013), Bangkok – Thailand (2013), Ho Chi Min – Vietnam (2014), Hanoi – Vietnam (2015), Kuala Lumpur – Malaysia (2019), Singapura (2019). 

Brand yang bisa kita pilih adalah : Shopee, Lazada, Uni Qlo, Adidas, Levi’s, Alibaba.com, Agoda, Zalora, Jago, Blu, Jenius, Gramedia, Tiket.com, dll.

Model CPA yang terdapat di Accesstrade , yaitu :

  1. CPS (Cost per Sales)
  2. CPL ( Cost per Leads)
  3. CPR ( Cost per Registrasion)
  4. CPI (Cost per Install)

Nah, setelah kemarin dapat ilmunya. Aku sendiri mencoba daftar di Shopee. Tidak sampai 24 jam, permohonan aku di approve oleh Shopee dan aku mendapatkan link untuk aku tautkan ke dalam tulisan blog aku. 

Review Yordanian Sea Salt Shampoo and Conditioner By Scarlett

Untuk lihat contoh link tersebut silahkan klik gambar ini :

Sekarang bagaimana cara untuk bisa bergabung dengan Accesstrade? 

Sebelum kalian mulai silahkan klik Gambar dibawah ini untuk join dengan Accesstrade  :

Langkah awal jalani bisnis Affliate Mareketing di Accesstrade

  1. Login ke Dashboard publisher
  2. Kita bisa melihat semua campaign yang tersedia di menu Campaign > Available Campaigns (Menu campaigns akan muncul jika site telah di approve)
  3. Pentingnya membaca dengan teliti pada deskripsi yang tertera pada setiap campaign yang akan di apply
  4. Klik tombol Apply Now untuk mendaftar campaign ( Boleh lebih dari 1) dan tunggu prosesnya maximal 3 hari kerja (Senin hingga Jumat)
  5. Jika campaign telah disetujui, cek menu Campaign > Affiliated Campaigns. Nah, sekarang promosikan campaign kita. 

Sebelum login dan masuk ke dalam Dashboard, kalian perhatikan juga menu-menu yang ada. Dashboard ini salah satu platform publisher untuk melakukan aktifitas terkait dalam pembuatan link afiliasi, materi campaign, pengecekan laporan konversi dan pembayaran. 

Setelah pendaftaran campaign kalian sudah di approve dan dipromosikan di blog kita, saatnya kita mengintip Laporan Performa sekaligus informasi tentang pembayaran atau tahapan pembayaran di Accesstrade. 

    1. Pembayaran dilakukan jika action sudah divalidasi oleh merchant atau advitiser. Periode validasi tiap campaign berbeda. Periode validasi bisa ditemukan di detail campaign
    2. Pembayaran dilakukan sekali dalam sebulan dan akan diproses setiap tanggal 20-30 setiap bulannya
    3. Minimum komisi yang akan diproses Accesstrade sebesar Rp. 100.000,-
    4. Jika komisi belum mencapai Rp. 100.000,- per bulan, pembayaran akan ditunda dan digabungkan dengan komisi di jadwal pembayaran berikutnya. 
    5. Pembayaran melalui transfer bank
    6. Komisi akan dikenakan pajak PPh 21
    7. Pastikan publisher sudah mengisi info tentang nama rekening dan bank di bagian Dashboard > Setting Akun > Akun Bank > Edit

Sekarang masalah keuangan para emak-emak blogger bisa diatasi segera nih, asalkan kita giat mempromosikan link Campaign yang sudah di Approve oleh brand pilihan kita. Semoga dapat mencerahkan suasana dompet kita ya….

 

Salam Cantik, 

 

Lita Chan Lai 

    

 

 

 

 

No Comments Yet.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *