Betadine Peringati Hari Kebersihan Menstruasi

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Hampir semua wanita dewasa mengalami datang bulan alias mentruasi. Tidak mudah menjalani itu semua, sebab kodrat wanita seperti ini banyak hal yang harus kita pahami lebih dalam karena ini menyangkut organ intim wanita yang sangat vital.

Beruntung sekali pada (27/05), Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia dan Mundipharma Indonesia mengajak perempuan Indonesia praktikkan Manajemen Kebersihan Mentruasi. Salah satu kegiatannya adalah webinar via zoom, yang menghadirkan narasumber berkompeten dibidangnya, yaitu :

  1. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.
  2. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH ( Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM)
  3. Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., ( Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia wilayah Jakarta
  4. Mada Shinta Dewi ( Country Manager Mundipharma Indonesia)

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi dirangkai dalam tema “ Sehat dan Bersih Saat Menstruasi”. Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman perempuan tentang pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Bersamaan acara tersebut, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal , kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Jujur saja, saya baru kali ini mengetahui ada peringatan Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh pada tanggal 28 Mei setiap tahunnya. Saya akui bahwa kesadaran perempuan akan pentingnya MKM sangat tabu untuk dibahas, kegiatan ini mematahkan stigma dan norma sosial negatif yang beredar di masyarakat umumnya. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

Berikut ini ulasan dari para narasumber :

Dwi Oktavia Handayani, M. Epid (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, mengatakan bahwa “ Menstruasi adalah proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya).

Darah yang dikeluarkan sebetulnya merupakan lapisan dalam rongga rahim yang dipersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi yang selanjutnya akan berkembang menjadi janin.

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

  • Pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi
  • Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi
  • Memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga.

Meski pengetahuan mengenai MKM sangat penting bagi perempuan, data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menarke, dan hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi ke ibunya. Ironisnya ibu justru menjadi sumber stigma , mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan, lalu hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari dan hanya  5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah menganti pembalut.

Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH ( Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM)  menjelaskan “ Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid, oleh karena itu, penting untuk menerapkan MKM.

Prof Dwiana juga melanjutkan “ Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks.

Kita perlu ketahui masalah kesehatan apabila penjagaan kebersihan di masa menstruasi yang buruk akan berakibat :

  1. Infeksi saluran reproduksi
  2. Infeksi saluran kemih
  3. Infeksi jamur
  4. Peningkatan risiko kanker serviks

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., ( Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia wilayah Jakarta, memaparkan , “ Anak perempuan yang tak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung  merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk berbicara dengan putrinya banyak manfaat yang didapat antaralain anak tahu kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak terjaga.

Berikut adalah tips untuk mendiskusikan mentruasi dengan anak :

  1. Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar
  2. Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya
  3. Jangan berfikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap
  4. Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitive buat anak perempuan
  5. Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan daripada langsung menceramahi
  6. Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan
  7. Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.

Mada Shinta Dewi ( Country Manager Mundipharma Indonesia) menyampaikan “ Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan hal ini perempuan agar menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik;

1. Pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik;

2. Pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan

3. Antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator;

3. Tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable.

Demikian ulasan yang saya rangkum dalam acara webinar   “ Sehat dan Bersih Saat Menstruasi”. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Salam Cantik,

 

Lita Chan Lai

60 Responses
  • Moch. Ferry
    Juni 6, 2021

    Betadine berkontribusi dalam pengobatan medis di masyarakat, kono banyak pengguna manfaat obat betadine. Edukasi menstruasi bukanlah hal tabu, perawatan, pola hidup bersih melekat menjadi satu bagian.

  • Okti Li
    Juni 6, 2021

    Kalau ga ikut acara ini saya mungkin tidak akan tahu kalau ada hari kebersihan menstruasi yang jatuh pada bulan Mei kemarin.
    Semoga generasi mudah kita kedepannya terhindar dari infeksi dan kanker serviks ya karena sudah tahu cara menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi

  • Dian
    Juni 6, 2021

    aku baru tahu lho ada hari Kebersihan Menstruasi
    tapi senang bisa ikutan webinar ini
    karena bisa tahu banyak tentang informasi seputar menstruasi

  • Nchie Hanie
    Juni 6, 2021

    Semoga acara Betadine ini menambah lagi wawasan dan pemahaman buat orang tua tentang pentingnya kebersihan saat Menstruasi agar selalu sehat alat2 reproduksinya.
    Semoga aku pun makin meningkatkan diskusi dengan anak perempuan soal MKM , makasih loh sharingnya dan remindernya dan baru tahu juga kalo ada Hari kebersihan Menstruasi.

  • Maria Tanjung Sari
    Juni 6, 2021

    Walau kelihatannya sepele namun menstruasi ini harus mendapat perhatian juga ya mbak apalagi kebersihan area wanita ini tidak main main. Untungnya ada produk dari betadine yang menjadi teman wanita ketika menstruasi

  • Maria Tanjung Sari
    Juni 6, 2021

    Kebersihan organ intim tidak boleh disepelekan ya mbak apalagi saat menstruasi. Untungnya ada produk dari Betadine ini yang bisa menjaga organi intim wanita

  • indah savitri
    Juni 6, 2021

    saat menstruasi, kita memangharus tau bagaimana membersihkan area kewanitaan kita dengan benar ya mbaaa

  • nurulrahma
    Juni 6, 2021

    Jadi inget pertama kali menstruasi aku tuh nangis nangins mbak, kirain kenapa gitu ya berdarah. Tapi setelah dijelaskan ibu saya akhirnya paham dan berusaha menjaga pergaulan. Bener nih, setiap datang bulan perempuan harus menjaga kebersihan organ intimnya ya mbak.

    selain itu,fakta dan hal2 valid seputar menstruasi harus kita pahami, dan sebarkan edukasi kpd anak2 ya.
    Jadi, semoga banyak yg paham, bahwa Menggunakan sabun mandi untuk daerah intim dapat merusak perlindungan alami vagina. Karena, pH area miss V adalah kisaran 3-5 yang artinya bersifat asam. Sedangkan sabun mandi mempunya PH diatas 7 yang artinya basa.

  • Maria Soemitro
    Juni 6, 2021

    Betadine selalu terdepan dalam merawat organ intim perempuan ya?

    puluhan tahun lalu saya pernah dapat resep Betadine vaginal douche

    dan sampai sekarang nggak ada yang seampuh Betadine

  • Diah Alsa
    Juni 6, 2021

    saya juga baru tahu Mbak, kalau ada peringatan Hari Kebersihan Menstruasi, dan banyak belajar juga mengenai menstruasi dari webinar ini, meski menarke nya udah 20 tahun lalu tapi pembahasan tentang mens ini emang penting apalagi sebagai Ibu untuk memberikan bekal ke anak-anaknya 🙂

  • winda
    Juni 7, 2021

    betadine ini udah aku pakai sejak lama mbak, yang cleansing wipesnya emang selalu ada di tas aku karena aku termasuk yang parno buat pipiss di sembarang tempat

  • Yasinta Astuti
    Juni 7, 2021

    Aku selama ini rutinnya manual rebus daun sirih, kebetulan depan rumah ada tanaman sirih. Karena ternyata sabun antiseptik juga ga disarankan menjadi pembersih vagina ya. Dari tulisan mbak, aku jadi tau ada ternyata hari kebersihan menstruasi, semoga semakin besar gaungnya ya biar semakin banyak wanita menyadari pentingnya menjaga kebersihan menstruasi

  • Yasinta Astuti
    Juni 7, 2021

    Aku selama ini rutinnya manual rebus daun sirih, kebetulan depan rumah ada tanaman sirih. Karena ternyata sabun antiseptik juga ga disarankan menjadi pembersih vagina ya. Dari tulisan mbak, aku jadi tau ada ternyata hari kebersihan menstruasi, semoga semakin besar gaungnya ya biar semakin banyak wanita menyadari pentingnya menjaga kebersihan menstruasi.

  • Tetty Hermawati
    Juni 7, 2021

    betadine ini emang udah terbukti bagus y dari dulu, khususnya buat menstruasi, dan edukasi ttg menstruasi ini hrus terus disampaikan kepada orang tua dan remaja putri

  • Okti Li
    Juni 7, 2021

    Betadine lengkap sekali mempersiapkan apa yang dibutuhkan para perempuan. Saat Menstruasi memang saat yang sensitif. Kalau ga mengerti bisa bisa salah faham

  • susie ncuss
    Juni 7, 2021

    Produk Betadine ini komplit ya bisa dipakai oleh perempuan secara daily.
    Beli produknya juga gampang karena tinggal ngeklik di e-commerce

  • Wahid Priyono
    Juni 7, 2021

    Mengenal seluk beluk menstruasi sejak dini ternyata penting sekali ya kak. Kebersihan organ reproduksi menurut saya penting baik pada pria maupun wanita. Saat mens, menjaga kebersihan mutlak supaya tidak ada infeksi jamur, bakteri berbahaya, serta mencegah kanker servik.

    Btw, seminarnya ini keren bahasa menstruasi yang sebenarnya masih tabu di kalangan masyarakat kita. Nilai A+ untuk penyelenggaranya dari betadine.

  • Retno Kusuma Wardani
    Juni 7, 2021

    Rangkaian feminine care dari Betadine lengkap banget ya, mulai yang harian, red days, buat travelling sampai saat area kewanitaan memerlukan perlakuan khusus pun ada…

  • onny putranto
    Juni 7, 2021

    Partisipasi betadine di dunia medis sudah melegenda, sampai sekarang obat-obatan terutama antiseptic masih terus dipakai. Ditambah lagi produk untuk urusan wanita yang baru saya ketahui pada artikel ini, sangat informatif!

    • Ainhy edelweiss
      Juni 8, 2021

      Sekarang gak perlu pusing lg soal MKM ya karena ad produk yang bisa digunakan perempuan dlm hal MKM

  • Riawani
    Juni 7, 2021

    Perlu banget ini edukasi tentang menstruasi ke anak gadis sekaligus cara menjaga kebersihan nya

  • Dessy Achieriny
    Juni 7, 2021

    Yang paling sering aku bilang harus ganti pembalut sesering mungkin untuk meminimalisir berkumpulnya bakteri. Bersihin miss v juga harus bener2 bersih dengan sabun yg sesuai dengan ph organ kewanitaan

    • nchie hanie
      Juni 12, 2021

      Sepakat banget sama membersihkan miss v saat menstruasi ini yaa, menggunakan sabun sesuai dengan ph organ wanita, semoga dengan MKM ini akan terjaga kesehatan alat reproduksi kita.

  • Handiko Rahman Pebrianto
    Juni 7, 2021

    Thank youu, tulisan ini sedikit membuka wawasan baru tentang menstruasi bagi kaum cowok (kayak aku hehe). Jadi lebih bisa memahami perempuan 🙂

  • Annie Nugraha
    Juni 7, 2021

    Memanglah ya Mbak, eksistensi menstruasi dan organ reproduksi wanita ini gak boleh dianggap gampang. Maka itu perlu adanya manajemen kebersihannya. Saya berharap webinar berkualias seperti ini bisa diadakan untuk para remaja (SMP dan SMA). Mereka nih yang sangat butuh mendapatkan pemahaman yang baik tentang menstruasi. Biar tidak salah kaprah dalam penanganannya.

  • Rach Alida
    Juni 7, 2021

    Terabaikan nih kayaknya ya karna banyak yang belum ngeh tentang pentingnya menjaga kesehatan menstruasi. Edukasi penting sekali

  • iidYanie
    Juni 7, 2021

    Webinar yang bermanfaat ya mba, jadinya saya lebih prepare memberikan edukasi yang baik pada anak perempuan tentang menstruasi ini

  • Jiah Al Jafara
    Juni 7, 2021

    Karena sudah tahu, bisa segera praktik biar kesehatan daerah intim bisa tetap terjaga. Pengetahuan ini wajib diketahui anak sejak dini

  • Kurnia amelia
    Juni 7, 2021

    Aku juga pakai Betadine feminim wash yang foam, semua variannya aku suka dan bener- bener membersihkan area kewanitaan juga.

  • Demia Kamil
    Juni 7, 2021

    aku belum cobain pake betadine niiih, jadi penasaran deh pengen cobain juga aaah, pas lagi menstruasi itu emang wajib banget ngejaga kebersihan yaaa

  • YSalma
    Juni 7, 2021

    Semoga anak perempuan yg akan mengalami haid pertama mendapatkan informasi yang btepat tentang menjaga kebersihan saat menstruasi, sehingga ke depannya kesehatan alat reproduksi tetap terjaga. Tentunya dgn dibantu menggunakan produk pembersih yg tepat seperti dr Betadine ini.

  • Natara
    Juni 7, 2021

    Sukaaa deh ama rangkaian produk perawatannya Betadine ini, lengkap gitu. Ada semua, baik yang untuk daily sampai yang untuk menstruasi pun ada loh. kereeeenn

    • Natara
      Juni 11, 2021

      Seru kali ya kak kalo Betadine ngadain acara webinar kaya gini secara berkala. Pasti materi yang didapat akan lebih banyaaaak deh, hehehe

  • Yuniari Nukti
    Juni 7, 2021

    Kontribusi Betadine terhadap edukasi menstruasi layak diacungi jempol. Sudah saatnya hal tabu seperti ini dikenalkan kepada orang tua dengan harapan diteruskan kepada anak-anak remaja mereka

  • Keke Naima
    Juni 7, 2021

    Bagus sih kalau ada Hari Kebersihan Menstruasi. Karena urusan menstruasi memang sebetulnya gak bisa dianggap remeh. Gak sekadar gonta-ganti pembalut.

  • Istiadzah Rohyati
    Juni 7, 2021

    Wah sampai ada peringatan Hari Kebersihan Menstruasi segala sekarang ya. Artinya udah mulai melek kesehatan perempuan sejak dini. Semoga ke depannya di iklan2 tv nggak cuma iklanin pembalut aja ya, tapi jgua gimana cara yang benar untuk menjaga kebersihannya.

  • Sri Widiyastuti
    Juni 7, 2021

    sama mbak, aku juga baru tahu ada hari kebersihan menstruasi, ternyata memang penting ya mengedukasi anak anak perempuan tentang kebersihan diri selama menstruasi, apalagi dengan kondisi saat ini, teknologi semakin canggih belum tentu anak anak ketemu info yang valid, harus dari ibu terutama yaa agar mendapatkan informasi tentang kebersihan menstruasi dengan benar

  • Ida Tahmidah
    Juni 8, 2021

    Wah acara webinar keren ini ya… kita jadi banyak insight dan yang penting diingatkan betul utk lebih care tentang masalah ini…

    • iidYanie
      Juni 11, 2021

      Betul mba saya pun begitu, dengan webinar ini jadi diingatkan akan pentingnya kesehatan menstruasi

    • Ida
      Juni 12, 2021

      Terutama aku nih ada tiga anak gadis yg harus terus diedukasi …terima kasih sdh membuat tulisan ini..

  • Kurnia amelia
    Juni 8, 2021

    Seneng ya sekarang banyak mengedukasi mengenai mentruasi terutama untuk yang baru mens jadi inget dulu pertama mens di kampung tinggal sama saudara ga ada yang kasih tau ini itu huhu bahkan pernah pakai pembalut terbalik saking ga taunya.

  • Lidya
    Juni 8, 2021

    Hari Kebersihan Menstruasi sudah ada sejak lama tapi aku malah baru tau sekarang-sekarang ini. Dari webinar ini kita bisa mendapatkan banyak ilmu yang bisa dibagikan kembali khususnya pada anak perempuan ya supaya lebih siap saat mendapatkan menstruasi

  • Noorma
    Juni 8, 2021

    baru tahu ya aku ini ada hari kebersihan menstruasi, betapa urusan kondrat ini diperhatikan bener2.. alhamdulillah bisa dapat ilmu banyak 🙂

  • April Hamsa
    Juni 8, 2021

    Iya ya mbak perawatan area vagina penting banget diperhatikan, apalagi kalau saat menstruasi jangan sampai sembarangan membersihkannya supaya gak kena risiko penyakit gtu.
    Semoga dengan makin seringnya edukasi seperti ini akan membuat data kesadaran soal menjaga kebersihan organ kewanitaan lbg meningkat positif ya

  • lendyagasshi
    Juni 8, 2021

    MKM ini ilmu basic yang kudu banget dipelajari, dipahami dan langsung dipraktekkan.
    Kalau sudah memiliki anak, pastikan memberikan masukan yang benar, agar anak juga paham dan bisa menghargai dirinya sendiri sebagai perempuan.

  • Eni Martini
    Juni 8, 2021

    Aku ikut webinarnya ini dan seneng banget dapat banyak ilmu kesehatan organ intim wanita, aku juga baru tahu ada hari peringatan buat menstruasi

  • Avizena
    Juni 8, 2021

    Ah iya ganti pembalut kudu 2 jam sekali ya, gak boleh cuma 2 kali sehari. Bikin gatal dan iritasi serta ada banyak efek samping negatif lainnya.

  • Mei Wulandari
    Juni 8, 2021

    Aku setuju sih mbak sama kampanye BETADINE® Feminine Care ini utk sosialisasi ttg haid. Menstruasi adalah hal yang bukan tabu, harus dijaga kebersihannya, dan tentu gak boleh sembarangan ya kan buang sampahnya. Smg kampanyenya bisa menyeluruh.

  • Dian Restu Agustina
    Juni 8, 2021

    Kegiatan edukatif yang menarik sekali ini. Akan membuat perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.

  • Yahya Kurniawan
    Juni 8, 2021

    Wah bagus sekali. Semoga kegiatan edukatif seperti ini semakin banyak dilakukan, supaya orangtua memiliki pemahaman yang mendalam tentang organ reproduksi dan pengetahuan seksual, dan bisa memberikan pendidikan seks yang tepat untuk anak2 mereka.

  • Anita Makarame
    Juni 9, 2021

    Saya juga baru tau dari salah satu akun media sosial tentang Hari Peringatan Kebersihan Menstruasi, Mbak. Semoga dengan ini para wanita semakin aware dan tidak menganggap tabu pada pembahasan soal menstruasi. Terutama ibu ke anaknya. Agar turun temurun bisa terbentuk kebiasaan baik.

  • Anita Makarame
    Juni 9, 2021

    Beberapa waktu lalu juga baru tau tentang Hari Peringatan Kebersihan Menstruasi yang jatuh tanggal 28 Mei Mbak. Semoga setelah ini pembahasan menstruasi tidak lagi dianggap tabu agar terbentuk kebiasaan baik secara turun temurun 😀

  • Anita Makarame
    Juni 9, 2021

    Beberapa waktu lalu juga baru tau tentang Hari Peringatan Kebersihan Menstruasi yang jatuh tanggal 28 Mei Mbak. Semoga setelah ini pembahasan menstruasi tidak lagi dianggap tabu agar terbentuk kebiasaan baik secara turun temurun 😀

  • Anita Makarame
    Juni 9, 2021

    Menjaga kebersihan area kewanitaan memang sangat penting karena kalau tidak bisa mengganggu kesehatan lainnya. Semoga dengan adanya Hari Peringatan Kebersihan Menstruasi, pembahasan soal kesehatan kewanitaan tidak lagi menjadi hal tabu.

  • Agustina Purwantini
    Juni 9, 2021

    Nice info. Makasih atas sharing nya tentang hal penting ini. Penting namun masih banyak orang yg belum tahu. Bagus lah nih betadine.

  • Naqiyyah Syam
    Juni 9, 2021

    Senang banget ada acara edukasi begini. Happy soalnya banyak ilmu dan isinya daging semua. Sering aja ada webinar fokus kesehatan organ intim wanita ya Betadine.

  • nurulrahma
    Juni 11, 2021

    Acara yg sarat faedah banget!
    Bisa memberikan wawasan utk para Ibu supaya bisa berkomunikasi dgn buah hati seputar serba/i menstruasi.

  • Rach Alida
    Juni 11, 2021

    Lengkap sekali produk perawatan kewanitaan yang dimiliki oleh Betadine. Dan ini sangat dibutuhkan. Informasinya juga bermanfaat bagi orang untuk lebih perhatian terhadap kesehatan kewanitaan

  • Nunung Nurlaela
    Juni 12, 2021

    Wah, Betadine makin inovatif, ya, Mbak. Senang sekali ada yang concern banget dengan kesehatan perempuan terkhusus menstruasi. Jadi tau ada hari peringatan kebersihan menstruasi. Dan pastinya tambah ilmu tentang menstruasi. Makasih, nice sharing

  • Farida Pane
    Juni 15, 2021

    Lengkap banget nih, pembahasannya. Aku jadi pingin sedia betadine feminine care, deh.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *