Bersihkan Karang Gigi (Scaling) di Klinik Gigi BSD The Smile

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Di umur berapa kalian sadar adanya gangguan gigi? Aku sih di umur 30th keatas, dimana gigi sering terasa gilu kalau minum air dingin, di gigi geraham belakang kadang ada yang nyelip setelah makan (entah itu daging bahkan sayur kangkung) dan tumbuhnya plak atau karang gigi . Semua itu terlihat hal sepele, tapi dapat menimbulkan masalah pada kehidupan kita. 

Pernah suatu waktu mengalami sakit kepala yang luar bisa. Berhari-hari tidak juga sembuh. Sudah minum obat tetapi masih saja sakit kepala datang. Suatu ketika teman mengatakan “ Coba cek giginya, barangkali ada yang nyelip di gigi kamu!”. Setelah teman panjang lebar menceritakan pengalamannya, segera aku cek gigiku. Benar saja, ternyata ada seutas daging terselip diantara gigi geraham bagian kanan atas. Seutas daging tersebut langsung aku tarik dan alhamdulillah sakit kepala auto hilang.

Ternyata hal kecil dan terlihat sepele menjadi penting bagi kesehatan tubuh kita. Ibarat ujung jari yang terluka imbasnya pada seluruh bagian tubuh dan kehidupan kita. Untuk itu penting sekali merawat gigi agar tetap sehat. 

Akhir-akhir ini menyadari bahwa karang gigi semakin banyak dan menganggu mulut dan gigi. Gara-gara karang gigi, gigiku menjadi renggang dan sering nyelip makanan, daging gusi juga tidak menyelimut gigi dengan sempurna membuat akar gigi terganggu dalam pertahanan hidupnya. Yang paling penting sekali penampilan gigi juga tidak bagus. Mau ketawa lepas malu kalau sampai kelihatan karang giginya. Akhirnya aku putuskan untuk datang ke Klinik Gigi BSD yaitu The Smile, bertemu dengan dokter gigi spesialis ortodonti di BSD yaitu Drg. Cymilia untuk Scaling.

Apa itu Scaling?

Jadi, Scaling itu adalah proses pembersihan karang gigi yang bertujuan untuk menghilangkan semua plak dan karang gigi pada gigi kita. Kita mungkin tidak tahu kenapa karang gigi terbentuk, karena itu semua terjadi dari sisa-sisa makanan, kotoran dan bakteri yang menempel dan menumupuk bertahun-tahun sehingga menjadi karang gigi.

Meskipun sudah menggosok gigi secara rutin dan teratur belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi kita, untuk itu perlu melakukan scalling atau perbersihan karang gigi. Scalling juga memiliki banyak manfaat pada kesehatan gigi, seperti :

1. Membersihkan Noda Pada Gigi

Seringkali orang yang mengopi atau merokok membuat kotoran yang tertinggal sehingga gigi menjadi bernoda meskipun rutin menggosok gigi.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Salah satu hal yang paling menyebalkan adalah bau mulut. Karang gigi ternyata menjadi penyebab bau mulut karena endapan yang berkerak pada gigi membuat bakteri berkumpul dan menyebabkan bau.

3. Mencegah Penyakit Gusi

Seperti yang diceritakan diatas, selipan daging saja bikin sakit kepala yang luar biasa. Begitupun gusi, bakteri yang berkumpul dan menempel pada gigi kalau dibiarkan begitu saja akan menyebabkan penyakit gusi. Kalau gusi udah meradang bisa-bisa gigi copot.

4. Mencegah Gigi Berlubang 

Gigi berlubang masalah yang sering dialami banyak orang. Mereka akan pergi ke dokter untuk menambal gigi. Biasanya gigi berlubang akibat plak yang mulai mengikis lapisan luar gigi. Menyikat gigi secara teratur memang bisa membantu tapi kalian perlu melakukan scalling setidaknya 6 bulan sekali 

5. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Menjaga kebersihkan gigi secara teratur akan berdampak pada kesehatan tubuh. Seperti cerita diatas, bahwa kesehatan gigi dan mulut itu penting. Jika gigi bermasalah pasti larinya ke saraf lainya seperti sakit kepala yang aku alami diatas. 

Kata dokter gigi Cymilia, gigiku sehat dan kuat. Tidak berlubang atau ada masalah lainnya, hanya saja ada karang giginya dan itu bisa membuat kesehatan gigiku bisa terganggu.

Mungkin banyak yang takut untuk datang ke klinik gigi tapi kalau ke The Smile tidak usah khawatir karena Klinik Gigi Yang Bagus di BSD hanya The Smile. Aku sudah merasakan bagaimana penanganan dokter Cymilia ketika melakukan scaling. Petugas disana juga ramah-ramah. Aku dibuat nyaman sekali scaling di The Smile Klinik Gigi BSD.

Sebelum proses scaling gigi dilakukan, aku sempat ditanya-tanya mengenai riwayat kesehatan gigiku. Memang aku jarang punya masalah gigi, kebetulan gigiku tidak ada yang bolong atau rusak. Tanya jawab ini dilakukan agar dokter mengetahui tindakan apa yang perlu dilakukan agar terhindar dari berbagai risiko selama atau setelah proses scaling gigi dilakukan.

Berikut tahap-tahap yang dilakukan selama scaling gigi oleh dokter Cymilia :

1. Pemeriksaan Awal

Dokter akan melihat karang gigi mana saja yang menjadi target pembesihan 

2. Pembersihan Karang Gigi

Untuk pembersihan karang gigi ini menggunakan alat yang dinamakan scaler

3. Sikat Gigi Menggunakan Sikat Khusus

Tahapan ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa karang gigi yang tidak terangkat oleh scaler dan mulut menjadi lebih segar.

4. Pembilasan

Setelah semua proses ataupun selama proses scaling, dokter meminta kita untuk membilas mulut dengan cara berkumur dengan air ataupun cairan khusus dari dokter. Kumur terakhir mengunakan cairan yang mengandung fluoride. 

Jujur nih, setelah proses scaling gigi aku merasakan mulut terasa segar dan bersih. Nafas juga terasa ringan dan lega. 

Agar gigi kita sehat dan kuat , Dokter gigi Cimilia menyarankan untuk :

  • Sikat gigi secara teratur

Ini perlu diajarkan pada anak sejak dini agar mereka terbiasa melakukan untuk kesehatan gigi jangka panjang

  • Makan buah yang mengadung serat

Memakan buat dengan cara menguyah dapat melatih gigi kita menjadi kuat. Jangan pernah malas untuk menguyah makanan atau buah-buah. Serat pada buah apel juga dapat menjadikan gigi sehat dan kuat. 

Kebetulan di umur aku yang sekarang ini juga merasakan pergerakan gigi yang berbeda dengan dulu. Gigi depan yang dulu rapat dan berbaris rapi menjadi agak renggang dan maju sedikit ke depan. Perubahan itu kadang membuat aku khawatir.

Ketika aku tanya ke dokter Cymilia, ternyata memang gigi kita itu akan melakukan pergerakan dan perubahan tanpa kita sadari. Karena gigi kita selalu melakukan aktifitas layaknya tubuh kita sendiri. Tapi tidak usah khawatir, karena The Smile juga melayani pasang behel gigi, bleaching/whitening teeth, operasi gigi bungsu dengan harga promo. 

Klik gambar ini 👇

Nah, kalian kapan nih mau ke The Smile, Klinik Gigi Yang Bagus di BSD? Ada atau tidak ada keluhan minimal 6 bulan sekali kita ke klinik gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi kita. 

 

Salam Cantik, 

 

Lita Chan Lai  

12 Responses
  • Nining
    November 29, 2022

    Kalau klink giginya nyaman ‘cem The Smile ini pasien kontrol gigi jadi ayem tentrem nggak grogi ya Mba hihi. Akupun setahun minimal 2x scalling karena gigiku gak beraturan hihi.
    Dan sekarang alhamdulillah si kecil enggak takut kek Emaknya kalau diajak kontrol ke dokter gigi.
    Sehat selalu Mba

    • Petualang Cantik
      Desember 4, 2022

      Iya, dokternya bikin kita tenang dan nyaman. Tahu sendiri kalau di scaling, kadang buat buka mulut aja kitanya malu2.

      Wah, mba ning termasuk rajin nih kontrol giginya. Anak2 emang perlu dikenalkan sejak dini. Biar dia berani dan tahu bagaimana menjaga kesehatan gigi yg baik dan benar

  • tinah
    Desember 2, 2022

    Pengen banget bersihin karang gigi tapi masih takut. Sakit ga mba… Huhuhu saya udh takut duluan

    • Petualang Cantik
      Desember 4, 2022

      Alhamdulillah dapat dokter yang bikin kita tenang. Jadi akunya jadi pasrah dan serahkan semua ke dokter.

  • Dede Ariyanto
    Desember 2, 2022

    Karang gigi memang harus dibersihkan dengan cara scaling, kalo nggak makin banyak menumpuk dan merusak gigi kita.

    • Petualang Cantik
      Desember 4, 2022

      Betul mas dede….makanya perlu cek gigi minimal 6 bulan sekali

  • Tanti Amelia
    Desember 2, 2022

    Alhamdulillah sejak beberapa tahun aku rutin scalling

    manfaatnya buanyaaak, ga sering pusing lagi kepalanya

    • Petualang Cantik
      Desember 4, 2022

      Alhamdulillah sekali ya mba….
      Jadi inget kenangan dulu, berkat saran mba tanti sakit kepalaku hilang. Makasi mbakku

  • Hermini Yuliawati
    Desember 2, 2022

    Jadi pengen nyobain scaling juga.

    • Petualang Cantik
      Desember 4, 2022

      Ayo mia, cobain deh. Lokasi kliniknya deket dari rumah lo yg dulu…

  • Jun Joe Winanto
    Desember 3, 2022

    Wah, karang gigi memang jadi biang keroknya untuk kebersihan gigi. Sikat gigi secara teratur memang bener banget membantu utk cegah timbulnya karang gigi. Semakin dipernudah aja utk bersihin karang gigi dan merawat gigi sekarang yaa lita.

    • Petualang Cantik
      Desember 4, 2022

      Iya jun…karang gigi sangat mengganggu sekali. Kadang bikin struktur gigi kita rusak atau berantakan.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *