TIPS TRADING CRYPTO BAGI PEMULA

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Akhirnya-akhir ini lagi trend alat tukar baru yang bernama uang kripto atau cryptocurrency. Dengan berkembangnya zaman alat tukar berbentuk fisik seperti uang logam atau kertas bisa tergantikan oleh uang kripto. Uang kripto ini sangat diminati oleh kalangan anak muda, yang optimis bahwa investasi uang kripto ini lebih menguntungkan. 

Sebelum menyelami investasi uang kripto ini, ada baiknya kalian pelajari dulu apa sih Kripto/Crypto ini? 

Gambaran umumnya, crypto adalah mata uang virtual yang keamanannya dijamin dengan kriptografi. Kriptografi membuat uang kripto tidak mungkin dipalsukan atau dibelanjakan secara ganda. Jadi, meskipun digunakan secara virtual, tidak mungkin ada pemalsuan yang merugikan pemiliknya. 

Bagaimana sih cara kerja Crypto?

Kita harus tahu nih kalau Cryptocurrency didukung oleh teknologi bernama Blockchain. Teknologi ini yang menjamin keamanan transaksi secara online meskipun tanpa campur tangan pihak ketiga. Uang kripto dilindungi berbagai algoritma dan enkripsi dan kriptografi yang mengacu pada teknologi blockchain.

Apa sih Blockchain itu?

Makin banyak tahu semakin mumet ya? Ngga dong, makin banyak yang kita tahu malah makin memudahkan kita untuk memahami kripto itu sendiri. Kita pahami lewat namanya ya! Blockchain merupakan sekumpulan blok yang terhubung dalam sebuah buku besar online. Masing-masing blok berisi satu set transaksi yang sudah terverifikasi secara independen oleh setiap jaringan. 

Saat ada transaksi, misalnya antara si A dan si B. si A ingin mengirim kripto ke si B. Transaksi ini direpresentasikan secara online sebagai satu set blok. Kemudian blok tersebut disebarkan ke setiap jaringan network yang terdesentralisasi. Jika sudah ada persetujuan dari sistem jaringan, transaksi tersebut pun valid. 

Ada berapa jenis uang kripto di dunia?

Ternyata udah banyak lho uang kripto yang beredar di dunia. Zaman cepat sekali berkembang ya! Banyak koin-koin kripto yang muncul. Tapi yang popular ada dua nih! Bitcoin dan ETH (Ethereum). 

Bitcoin penggagasnya adalah Satoshi Nakamoto dari Jepang. Dia kenalkan konsep uang kripto pertama kali pada tahun 2008 kemudian Bitcoin tersedia pada tahun 2009. Bitcoin ini populer karena nilainya terus mengalami fluktuasi sampai sekarang. 

Ada juga Uniswap yang diciptakan oleh Hayden Adams, yang terinspirasi untuk membuat protokol melalui pos yang dibuat oleh pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Uniswap diciptakan pada tahun 2018 di atas blockchain Ethereum, proyek aset kripto terbesar kedua di dunia berdasarkan market capitalization.

Bagaimana cara menggunakan Kripto?

Setiap koin kripto memiliki fungsinya masing-masing. Tidak semua uang kripto sah di dunia. Uang kripto yang sah seperti BTC dan ETH bisa digunakan membeli barang, trading atau investasi. Kemudian koin yang dikeluarkan oleh perusahaan atau platform tertentu bisa kamu gunakan untuk berbelanja di platform tersebut. 

Untuk koin-koin yang memang sudah sah, bisa kita belanjakan layaknya menggunakan uang biasa. Yang penting adalah Bitcoin atau Ethereum dan Uniswap ada sebagai salah satu alat pembayaran.

Beda lagi dengan Uniswap dimana dia adalah aplikasi decentralized exchange yang memfasilitasi transaksi pertukaran ETH dan token ERC-20, atau standar token yang paling sering digunakan di blockchain Ethereum. Tidak seperti exchange lainnya yang dirancang untuk mengambil biaya, Uniswap adalah decentralized exchange (DEX) yang dirancang untuk memperdagangkan token pada pengguna tanpa dikenakan biaya platform atau perantara

Kenapa Ada Trading Crypto?

Aset Kripto merupakan komoditi yang bisa diperdagangkan di Bursa. Meskipun Bank Indonesia melarang aset kripto digunakan sebagai mata uang atau alat pembayaran, namun aset kripto bisa dijadikan alat investasi dan dapat diperjualbelikan. 

Aset Kripto seringkali disebut dengan koin kripto atau uang kripto dalam trading crypto yang bisa diperdagangkan sepanjang hari tanpa libur atau 24 jam non stop. Namun banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai trading crypto karena kegiatan ini memiliki risiko yang sangat tinggi. Dibutuhkan kesabaran dan disiplin ketika melakukan aktifitas trading crypto ini. 

Bagi yang baru menjalani bidang ini ada beberapa tips trading crypto yang bisa kita ikuti :

1. Mulailah dengan jumlah kecil terlebih dulu

Lakukan secara bertahap untuk menghindari kerugian. Cukup pertaruhkan apa yang Anda miliki proporsional mungkin.

Misalkan kita memiliki tabungan pribadi sebesar $5.000, nggak bijaksana juga sih menggunakan seluruhnya dengan harapan kita  akan menjadi kaya. Kita tidak boleh mengandalkan peluang atau keberuntungan dalam hal ini.

2. Fokus secara Berkelanjutan pada Bitcoin atau Uniswap

Melakukan trading cryptocurrency dari satu aset ke aset lain secara konstan dapat merugikan kita lho! Tetapi banyak panduan yang merekomendasikan investor dengan lebih dari satu aset. Jadi ketika kita mengalami kerugian dalam satu aset namun dalam satu komoditas lain ada keuntungan dan hal ini dapat dipulihkan oleh keuntungan di komoditas lainnya. 

3. Jangan Serakah

Aspek lain mengenai tips trading crypto adalah menghindari keserakahan. Terkadang kondisi pasar dapat berayun ke sisi kita sehingga kita memenangkan sebagian besar perdagangan. Namun, jangan berpikir ini saatnya untuk menghasilkan banyak uang dan menggunakan semua modal kita untuk trading cryptocurrency selanjutnya.

Pasar cryptocurrency adalah pasar paling dinamis di dunia yang dapat berubah setiap detik. Saat mengalami kekalahan beruntun yang panjang, istirahatlah dan cari tahu apa yang menyebabkan kerugian.

Kemudian juga pertimbangkan untuk merevisi jumlah perdagangan agar mencegah kehabisan seluruh portofolio dalam kekalahan beruntun.

4. Jangan Melakukan Investasi ‘Buta’

Sebelum menyuntikkan uang ke aset crypto, luangkan waktu kita untuk melakukan pengecekan latar belakang pada aset tersebut. Sebab, ditemukan beberapa jenis altcoin yang digunakan sebagai alat penipuan dan hanya bertahan sekitar dua tahun.

Melakukan pemeriksaan latar belakang tentang aset yang ingin diperdagangkan sebagai tips trading crypto dapat membantu kita mengurangi kemungkinan kerugian dari penipuan dan aset berkinerja buruk.

Ketika aset berada dalam tahap gelembung harga sangat tinggi, kadang trader berpikir harga bisa terus meningkat, sebaiknya luangkan waktu untuk menyelidiki mengapa harga aset tiba-tiba meningkat atau menurun tajam. Ingat, tujuan kita bukan untuk menghasilkan uang cepat karena keberuntungan atau peluang.

5. Pastikan Platform Trading Terpercaya

Tips trading crypto untuk pemula terakhir adalah pastikan platform trading yang gunakan terpercaya.

Dengan memastikan platform trading terpercaya, hal ini bisa meminimalisir terjadinya penipuan yang bisa merugikan kita.

Bagi yang mau menekuni bidang investasi crypto ini, di Indonesia ada platform yang bisa  kalian percaya yaitu Indodax. Ada beberapa layanan Indodax  yang bisa memfasilitasi investasi cryptocurrency kalian yaitu :

  • Pembelian aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi rupiah secara instan
  • Biaya Trading dan Persentase Penarikan mulai dari 0%
  • Melayani transaksi 24 Jam nonstop

Bagi yang ingin mencoba investasi dan belajar tentang uang digital, saat ini Indodax memiliki kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar cara mining bitcoin loh. 

Nah kalau sudah paham kalian bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi atau pun di mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

Demikian penjelasan tentang kripto, apa itu trading crypto dan tips trading crypto bagi pemula yang bisa menambah wawasan kita jika ingin menekuni investasi Cryptocurrency ini. Semoga bermanfaat ya 

 

Salam Cantik,

 

Lita Chan Lai

 

Sumber artikel :

https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/apa-itu-investasi-crypto-pahami-cara-main-dan-risikonya#:~:text=itu%20Investasi%20Crypto%3F-,Apa%20itu%20investasi%20crypto%3F,terjadi%20antaranggota%20dari%20exchange%20terkait 

https://bitocto.com/tips-trading-crypto

https://www.cermati.com/artikel/uniswap 

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/apa-itu-trading-crypto-ini-pengertian-dan-risikonya 

 

7 Responses
  • Rach Alida
    Februari 2, 2023

    Menurutku penting memang memahami sejak awal tentang crypto ini. Apalagi bagi pemula seperti saya. Dan memang sebaiknya kita banyak pelajari

  • Mechta
    Februari 2, 2023

    Nah..setuju sekali nih, sebelum memulai sesuatu harus faham dulu ttg hal itu, begitupun dg trading crypto ini. Sempat ada yg ngajakin, tp karena aku blas blm mengerti jadi aku menolak. Terimakasih sharing nya ya..jadi mengenal crypto nih…

    • Yuni Handono
      Februari 3, 2023

      Terimakasih sharing tipsnya mbak. Saya benar2 awam tentang crypto, kadang pengen nyoba tapi masih ada rasa takut akhirnya gak jadi nyoba. Memang perlu beberapa tips ya agar bisa trading kalau ingin sukses inveatasi crypto.

  • Fenni Bungsu
    Februari 3, 2023

    Noted kak Lita, bila sudah paham, sambil belajar lalu memulai dari yang kecil dulu ya investasinya. Jangan langsung ujug-ujug besar gitu. Jadi pemahamannya lebih mantap lagi karena tahu tekniknya secara langsung

  • Monica Anggen
    Februari 3, 2023

    Mesti punya pengetahuan dulu kalo mau investasi sih ya biar aman. Selain itu aku ya setuju, jangan serakah ato ikutan tren doang

  • April Hamsa
    Februari 3, 2023

    Kalau di bbrp negara di luar katanya udah bisa beli kopi pakai kripto, tapi di sini belum ya, krn masih tergolong asing dan baru.
    Kalau mau inves ini saat ini emang sebaiknya coba aja dengan dana dingin dulu dan awali dengan nominal yang gak terlalu besar sambil liat2 pasar ya mbak TFS.

  • Heni Puspita
    Februari 3, 2023

    Yang jelas kalau mau invest apapun memang harus punya ilmunya ya Mbak. Pelajari produk dan resikonya.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *