Informasi Lengkap Mengenai Vaksin COVID-19 di HaloDoc

by

 

Halo Sobat Petualang Cantik,

Pandemi belum juga usai, seluruh dunia mengalaminya. Virus yang berasal dari Wuhan ini menyebar cepat keseluruh dunia. Beberapa negara melaporkan warganyanya yang terserang virus tersebut dengan cepat ke WHO.

Ini dilakukan demi mencegah seseorang tertular oleh pengidap virus corona, jika seseorang sudah terdeteksi positif maka cara terbaik adalah melakukan isolasi mandiri bagi yang tanpa gejala selama 14 hari. Tetapi jika dengan gejala ditambah sakit yang memparahnya, harus dilakukan perawatan yang intensif di Rumah Sakit.

Ekonomi Terpuruk Sejak Adanya Pandemi

Virus Corona ini begitu mengerikan, banyak korban berjatuhan. Angka kematian setiap Negara pun makin meningkat dengan cepat. Pemerintah mengambil sikap untuk memutus rantai penularannya dengan melakukan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar). Akhirnya semua orang diwajibkan melakukan aktifitasnya di rumah, baik yang bekerja/ WFH ( Work From Home) maupun bersekolah/ SWH ( School From Home).

Tapi itu tidak bisa dilakukan terlalu lama, sebab akan menguncang ekonomi semua orang baik kalangan menengah kebawah maupun menengah keatas. Perusahaan-perusahaan besar maupun kecil mengalami menurunan dragtis, bahkan banyak yang menutup usahanya karena tidak lagi bisa menjalankan bisnisnya.

Cukup miris memang tapi mau bagaimana lagi. Jalan satu-satunya adalah dengan memberikan vaksin kepada setiap orang diseluruh dunia. Para ahli dan ilmuwan diberbagai negara membuat vaksin COVID-19. Rusia membuat vaksin dengan nama Sputnik V. lewat Live Science , Rusia menyetujui vaksin corona dapat digunakan pada puluhan ribu orang, meskipun keefektifannya belum sepenuhnya diuji.

Begitupun dengan ilmuwan Cina, berdasarkan pengalaman pada tahun 2003, dunia telah menghadapi 3 wabah besar yang mirip dengan infeksi corona , yaitu SARS ( Severe Acute Respiratory Syndrome), MERS (Middle East Respiratory Sindrome ), dan COVID-19 ini.

Ketika SARS dan MERS mewabah, ilmuwan memang belum menemukan cara untuk menghentikan wabah tersebut. Namun, berket kemajuan teknologi dan komitmen besar dari pemerintah dan organisasi nirlaba untuk mendanai penelitian tentang penyakit menular yang baru muncul, percepatan pengembangan vaksin bisa dilakukan.

 

Vaksin Virus Corona Salah Satu Cara Menumpas Penyebaran COVID-19

Di Indonesia sendiri ada pro kontra dengan vaksin tersebut. Saya sendiri belum mengetahui banyak tentang vaksin tersebut, namun dengan banyaknya kita mencari informasi yang akurat tentu saja akan mengedukasi banyak hal tentang vaksin tersebut.

Jika vaksin untuk virus corona berhasil melewati semua rangkaian pengujian, produksi , distribusi dan pemberian vaksin yang cukup untuk melindungin semua masyarakat di seluruh dunia pun memerlukan waktu.

Virus Corona begitu mudahnya menyebar, tidak ada yang dapat menghentikannya. WHO menjelaskan bahwa COVID-19 menyebar :

  1. Lewat kontak langsung maupun tidak langsung dengan pengidap COVID-19.
  2. Paparan air liur secara langsung dari pengidap penyakit ini dinilai menjadi salah satu penyebaran yang cukup sering terjadi.
  3. Dapat terjadi jika seseorang menyentuh barang-barang atau permukaan yang terpapar COVID-19.

Sebab itu, perlu kewaspadaan tingkat tinggi dalam menghindari paparan dari COVID-19 ini. Tenaga kerja Kesehatan (Nakses) yang menangani pasien COVID-19 juga perlu melindungi dirinya dengan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri).

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat Indonesia agar membentengi diri agar tidak mudah tertular COVID-19 dengan melakukan 3M :

  1. Menggunakan Masker
  2. Mencuci Tangan
  3. Menjaga Jarak

Dengan vaksin adalah cara efektif dalam mengatasi pandemi yang berlangsung lama ini, karena dapat memberikan perlindungan dengan meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap virus ini. Selain itu vaksin dianggap dapat melawan virus yang terdapat dalam tubuh sehingga pengidap COVID-19 dapat segera sembuh.

Nah, makanya Pemerintah Indonesia segera melakukan gerak cepat untuk menuntaskan masalah pandemi yang sudah berlangsung lama ini. Agar seluruh masyarakat di Indonesia dapat bebas dari COVID-19 dan dapat beraktifitas dengan aman dan tenang.

HaloDoc Alternatif Masyarakat Untuk Berobat

Selama pandemi belum usai, masyarakat tentunya enggan untuk datang berobat ke klinik ataupun rumah sakit. Mereka takut virus corona ada disekitaran rumah sakit tersebut. Hall yang paling mudah mereka lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi, membeli obat dan hal lainnya.

Melalui Halodoc , kita bisa melakukan konsultasi medis menggunakan 3 fitur berikut ini :

  1. Video call (teleconsultation),
  2. Pembelian obat melalui Apotik Antar, dan
  3. Pemeriksaan lab secara on demand.

Dan ini adalah alternative lain ketika masyarakat ingin mengetahui gejala penyakit yang dialami, tetapi jika penyakitnya sangat membahayakan , tentu saja datang ke Rumah Sakit adalah hal yang perlu dilakukan. Karena konsultasi dengan dokter Halodoc tidak boleh menghasilkan diagnosis dan pemberian resep.

Selain tiga fitur utama tersebut diatas, HaloDoc juga memiliki directory yang memuat informasi dokter dan pusat kesehatan di Indonesia. Ada fitur Appointment untuk memudahkan follow up pasca konsultasi dalam bentuk perjanjian bertemu dengan dokter terkait.

Betapa teknologi memudahkan kita semua. Dengan HaloDoc, masyarakat menjadi lebih dengan dengan dokter kesayangannya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Vaksin Virus Corona, kalian juga dapat mengakses informasi lengkapnya di HaloDoc ini. Nah, ini membuat kalian tidak terlalu galau kan? Semoga dapat memberikan pengetahuan bermanfaat ya…

 

Salam Cantik,

 

Lita Chan Lai

 

 

12 Responses
  • nchie hanie
    Januari 4, 2021

    Iya nih adanya halodoc kesehatan dalam genggaman yaa, apalagi situasi pandemi begini, mengurangi berinteraksi dengan orang lain, akan lebih baik. Cukup lewat aplikasi aja udah segala ada layanan halodocnya.
    Semoga kita semua diberikan kesehatan yaaa.

  • Riawani elyta
    Januari 5, 2021

    Halodoc informasi nya memang lengkap dan beragam. Tentang covid juga selalu update

  • Mechta
    Januari 5, 2021

    Hallo Doc ini sangat menolong untuk tetap sehat meski di rumah saja ya.. Lebih mudah dan terasa makin dekat fasilitas tuk sehat..

  • Ida Tahmidah
    Januari 5, 2021

    Bagus nih aplikasinya cocok banget dengan kondisi pandemi ini jadi ga perlu banyak berinteraksi dengan banyak orang…hehe..

  • Ira Hamid
    Januari 6, 2021

    saya selalu menjadikan artikel di Halodoc kalo mencari info tentag kesehatan soalnya informasi yang diberikan itu lengkap.

    Semoga secepatnya diadakan vaksinasi covid-19 yaa agar penularan virus ini bisa ditekan 🙂

  • Afifah
    Januari 6, 2021

    Sewaktu ada kabar tentang vaksin, rasanya seperti angin segar. Virus Corona banyak berdampak di berbagai aspek. Jadi semoga segera tertangani dan hilang dari bumi.

  • Helena Magdalena
    Januari 6, 2021

    Halodoc udh sering bgt aku pake utk belanja obat. Memudahkan bgt lho

  • nyi Penengah Dewanti
    Januari 6, 2021

    Alhamdulillah sekarang hepi banget sudah ada halodoc, nggak perlu keluar rumah untuk memeriksakan kesehatan, bisa diskusi langsung dengan dokter dan nebus obatnya. Vaksin covid udah ada kan ya mba, tinggal didistribusikan semoaga baik-baik.

  • Indah Nuria
    Januari 6, 2021

    Aku juga mengikuti perkembangan vaksin dan mekanismenya nanti jika sudah mulai didistribusikan. Semoga kita bisa selalu sehat yaa

  • herva yulyanti
    Januari 6, 2021

    Andalan aku mba alikasi halodoc ini baru kemarin aku gunain buat chat dengan dokter karena sakitku kambuh lagi sebelumnya juga chat seputar tumbang pokoknya memudahkan dan murah banget

  • Winda
    Januari 6, 2021

    Halodoc ini ngebantu banget sih selama pandemi jadi nggak usah dikit2 ke dokter lagi, drpd keluar rumah ga jelas trus ngumpul sama org sakit mendingan nanya dulu di halodoc

  • lendyagasshi
    Januari 6, 2021

    Covid ini gejalanya tampak biasa yaa… Baru kalau uda parah jadi super mengerikan.
    Semoga kita semua dilindungi dari bahaya wabah ini.
    Aamiin~

    Selalu ada Halodoc yang menjadi solusi bagi kesehatan.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *