Perawatan Motor Di Planet Ban

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Setiap orang yang memiliki sepeda motor wajib sebulan sekali ke bengkel, apalagi jenis kendaraan tersebut tiap hari digunakan sebagai penunjang aktifitas dan mobilisasi kegiatan sehari hari. 

Pastinya ada saja yang harus dilakukan dibengkel tersebut agar sepeda motor kita punya performa bagus dan bisa berumur panjang. Seperti mengganti secara rutin, membersihkan atau mengganti filter udara, cek sistem bahan bakar dan lain sebagainya. 

Terkadang kaum hawa seperti kita ini berat untuk melakukan perawatan sepeda motor. Selain tahunya hanya menggunakan sepeda motor tanpa peduli dengan mesin motor, sparepart, ban, bensin dan semua yang berkaitan dengan motor ada masalah lainnya, yaitu sering dibohongin masalah harga perawatan bengkel. 

Perempuan jarang tahu harga sparepart motor. Tidak jarang banyak dibohongi oleh oknum bengkel. Mekanik bengkel juga sering kasih harga yang tinggi. Mungkin karena pengetahuan tentang hal tersebut kurang kali ya! Maka itu walau kita perempuan wajib mengetahui keadaan sepeda motor kita. Jangan sampai kita menyesal dan takut kembali ke bengkel untuk merawat sepeda motor. 

Beberapa hal yang perlu diketahui untuk merawat sepeda motor di bengkel, yaitu :

  • Ganti Oli Rutin: Lakukan penggantian oli sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh produsen untuk melumasi dan melindungi mesin.
  • Perawatan Filter Udara: Bersihkan atau ganti filter udara secara teratur untuk memastikan aliran udara yang baik ke mesin.
  • Cek Sistem Bahan Bakar: Pastikan sistem bahan bakar bersih dan bebas dari kotoran, dan gunakan bahan bakar berkualitas tinggi.
  • Pengecekan Sistem Rem: Periksa dan servis sistem rem secara berkala untuk keamanan dan kinerja yang optimal.
  • Pemeriksaan Ban: Pastikan tekanan udara ban sesuai dengan rekomendasi produsen dan ganti ban yang aus.
  • Penyetelan Karburator (jika diperlukan): Sesuaikan karburator jika mesin terasa tidak stabil atau ada masalah performa.

Nah, kalau motornya sudah beres jangan lupa simpan di tempat yang tepat. Pokoknya hindari penyimpanan di tempat yang lembab atau terkena elemen cuaca ekstrem untuk mencegah korosi. Jika sepeda motor kamu adalah listrik coba deh, periksa sistem listriknya. Pastikan sistem listrik, seperti sistem pengapian dan lampu, berfungsi dengan baik.

Dengan merawat motor secara berkala sesuai panduan produsen, Anda dapat meningkatkan umur pakai dan memastikan performa yang optimal.

Agar tidak salah datang ke Bengkel, pastikan kamu mengikuti tips memilih bengkel motor terbaik, tanpa takut untuk dicurangi.

1. Harga Jujur dan Transparan

Tidak semua bengkel yang memberikan harga secara terang-terangan kepada calon konsumen. Kita harus aktif bertanya secara langsung kepada staf atau mekanik bengkel tentang harga produk serta layanan yang ingin dibelanjakan. Kebanyakan pihak bengkel tidak jujur dalam memberikan harga suku cadang.

Sebelum ke Bengkel, pastikan sudah melakukan riset mengenai harga suku cadang dan layanan servis yang ingin dilakukan. Sehingga ketika harga suku cadang di luar ekspektasi, kita bisa menolak atau membandingkan dengan harga yang sudah diketahui sebelumnya.

2. Mekanik Profesional dan Handal

Perlu diketahui dalam memilih bengkel motor adalah mekanik yang handal dalam memperbaiki sepeda motor. Mekanik yang mengerti seluk beluk sepeda motor secara menyeluruh, akan membuat lebih percaya untuk memperbaiki motor di bengkel tersebut. Sehingga bisa mendapatkan jawaban yang puas atas segala pertanyaan maupun keluhan yang dialami.

Jika ingin tahu apakah bengkel tersebut memiliki mekanik profesional dan handal, bisa berikan beberapa pertanyaan mengenai masalah motor, tetapi kita sudah mengetahui jawabannya dan apa yang perlu dilakukan pada sepeda motor milik kita

Bisa mencocokan dengan apa yang menjadi jawaban dari Mekanik tersebut dengan pengetahuan yang kita tahu mengenai kerusakan pada motor. Pastinya, jawaban mekanik yang meyakinkan membuat kita akan balik lagi ke bengkel tersebut.

3. Peralatan Modern

Tips memilih bengkel motor terbaik berikutnya, bisa dilihat dari perlengkapan yang tersedia. Bengkel dengan peralatan modern tentu menjamin bahwa pekerjaan perbaikan sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif.

Selain itu, bengkel yang memiliki perlengkapan modern membuat suku cadang sepeda motor lebih aman saat dilakukan perbaikan.

Contohnya jika ingin mengganti ban motor, penggunaan Tyre Changer (Alat, melepas dan memasang ban) di Bengkel akan membuat kondisi velg motor lebih aman, karena tidak baret atau lecet oleh alat congkel untuk melepas ban.

Bahkan alat congkel ban, bisa membuat velg menjadi cacat menyebabkan kondisi ban akan selalu bocor setelah di pasang.

Pastikan bengkel yang dikunjungi memiliki perlengkapan modern, membantu mekanik dalam melepas maupun memasang berbagai baut atau mur dan suku cadang lain secara aman tanpa merusak atau membuatnya tergores.

4. Kelengkapan Suku Cadang

Menemukan bengkel terpercaya dapat dilihat dari kelengkapan suku cadang yang tersedia di bengkel. Bengkel yang lengkap tentu memudahkan kamu dalam mendapatkan suku cadang dan layanan secara lengkap dan menyeluruh.

Kelengkapan suku cadang memberikan kenyamanan dan kemudahan, karena tidak perlu beralih ke bengkel lain untuk mendapatkan suku cadang yang mungkin perlu diganti saat melakukan perbaikan di bengkel tersebut.

5. Jaminan Garansi

Memang tidak mudah mendapatkan bengkel yang memiliki garansi dari layanan maupun suku cadang-nya. Bengkel terpercaya berani memberikan jaminan garansi atas apa yang mereka kerjakan terhadap motor kita.

Bengkel yang baik dan terpercaya, mereka akan memberikan jaminan kepada para pelanggan atas apa yang mereka kerjakan. Dengan adanya garansi, kamu bisa kembali ke bengkel tersebut untuk memperbaiki keluhan dan masalah pada motor jika sewaktu-waktu motor mengalami kendala setelah melakukan perbaikan. Atau adanya kerusakan suku cadang padahal belum sampai 7 hari digunakan.

6. Jam Operasional Panjang

Mencari bengkel yang buka sampai malam tidak mudah. Padahal, kita tidak pernah tahu kapan motor kamu bermasalah. Belum lagi, jika baru bisa pergi ke Bengkel di jam pulang kantor. Pastinya, sangat jarang bengkel yang buka sampai malam. Karena di pagi dan siang hari, dimana orang masih sibuk mengurusi pekerjaan.

Jam operasional bengkel yang panjang, menjadi penting untuk kemudahan saat perlu memperbaiki motor secara mendadak di malam hari. Bengkel dengan jam operasional panjang menjadi solusi bagi yang mengalami kendala sepeda motor atau baru sempat ke bengkel selepas pulang kantor.

7. Berbagai Metode Pembayaran

Saat ini jarang sekali pergi kemana-mana bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Begitupun, ketika pergi ke bengkel untuk memperbaiki motor. Sudah bawa uang tunai, sampai bengkel ternyata jumlah pembayaran melebihi jumlah uang tunai yang sudah di tarik dari ATM.

Daripada membawa uang tunai, sebaiknya kamu membayar transaksi di bengkel dengan metode pembayaran lainnya atau metode non tunai. Memang masih cukup jarang menemukan bengkel-bengkel yang bisa pembayaran selain tunai.

Saat ini bengkel-bengkel modern, sudah memiliki metode pembayaran non tunai (debit dan e-wallet). Sehingga memudahkan kita dalam proses pembayaran tanpa harus membayar tunai. Kita bisa merasa lebih nyaman saat ke Bengkel.

Perawatan Motor Di Planet Ban

Tidak semua bengkel yang ditemui bisa sesuai dengan tips-tips di atas. Tidak perlu takut karena di Planet Ban tersedia dengan baik dan jelas.

“Servis Motor Rasa Mesin Baru”. Slogan dari Planet Ban ini membuat banyak orang yang ingin merasakan sepeda motornya di service seperti itu. Termasuk aku yang emang malas ke bengkel karena kurang pemahaman mengenai dunia permotoran. 

Tetapi adikku yang sering menggunakan jasa Planet Ban justru merekomendasikan untuk pergi ke bengkel Planet Ban. Mungkin karena pelayanan dan hasil kinerja mekanik yang dirasa bagus membuat tidak ragu untuk menyarankan ke Planet Ban. 

Apalagi semua tips yang ada diatas telah dimiliki oleh Planet Ban, sehingga bagi yang awam mengenai segala hal yang berkaitan dengan sepeda motor tidak ragu lagi untuk melakukan perawatan sepeda motor di Planet Ban.

Saat melakukan proses servis, Mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor kita. Melainkan menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban dan harganya sudah termasuk dalam biaya jasa servis di Planet Ban.

Adapun beberapa bagian yang di servis, terdiri dari:

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT / Rantai
  • Servis Injeksi

Planet Ban kini tidak hanya menjual ban motor saja lho..!Planet Ban merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya tersedia lengkap di Planet Ban.

Harganya juga transparan, karena bisa di cek di website resmi Planet Ban, planetban.com. Kita juga bisa lihat langsung di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban.

Pokoknya Planet Ban bisa menjadi Bengkel pilihan untuk bagi yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari Bengkel Motor. Mekanik profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. Ke Planet Ban aja, untuk seluruh kebutuhan sepeda motor.

Di Planet Ban ada berbagai benefit lain yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di Bengkel Motor lain, seperti :

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Kamu juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selama-nya

Segala keluhan sepeda motor serahkan saja ke Planet Ban. Segera kunjungi Planet Ban terdekat. Kita juga bisa dapat Voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban lho!

Semoga ulasan ini bermanfaat ya! Terima kasih. 

 

Salam Cantik

 

Lita Chan Lai

 

7 Responses
  • Yanti
    Februari 6, 2024

    Pas banget aku tuh belum service motor tris dapat rekomen bengkel bagus harus secepatnya bawa motorku ke bengkel nih biar mesin motorku langsung terasa baru lagi

  • Tati Hidayat
    Februari 6, 2024

    Kalau ada bengkel resmi kaya gini kan kita aman yang kalau mau servis kendaraan

  • Faradillah
    Februari 6, 2024

    Kalo ada bengkel resmi Gini lebih aman yah mau servis apapun

  • Ninin
    Februari 6, 2024

    Kalau untuk urusan cek motor aku juga selalu ke Planet Ban, soalnya selain pelayanannya lengkap dan terpercaya, lokasinya juga ada dimana-mana dekat dari rumah

  • Rodhiyatum Mardhiyah
    Februari 6, 2024

    Banyak benefit yang didapatkan ya kak klo servis sepeda motor di Planet Ban..

  • Samleinad
    Februari 6, 2024

    Servis motor di planet ban memang bikin puas sih. Kualitasnya bagus, apalagi skrng ada voucher potongan harga hingga Rp 150.000 ya

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *