Investasi Sekaligus Mendulang Pahala di Amartha

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata “Investasi”? iya, benar sekali. Investasi adalah penanaman modal. Jika kita memiliki rejeki berlebih atau simpanan yang nganggur kira-kira uangnya mau diapain ya, supaya bisa makin berkembang dan aman. 

Ada berbagai macam bentuk Investasi yang dikenal di Indonesia :

  1. Deposito
  2. Saham
  3. Obligasi
  4. Reksa Dana 
  5. Emas 

Nah, bagi emak-emak yang biasa bergelut dengan aktifitas dapur dan dirumah saja, biasanya investasi emas adalah pilihan favorit. Bagi sebagian orang, memiliki emas adalah hal yang sangat penting. Emas juga bisa dijadikan sebagai level identitas kehidupan. Itu bagi sebagian orang lho! Ataupun karena gaya hidup, lingkungan pergaulan atau adat dari suatu suku bangsa.  

Namun zaman digital seperti ini, sepertinya emak-emak harus melek internet juga nih. Kenapa harus melek internet? Karena ada investasi yang lebih menarik dari sekedar emas yang dapat memberikan kehidupan terhadap orang lain. Jadi selain berinvestasi kita juga mendapatkan pahala, Insha Allah berkah untuk kita semua.  Penasaran dengan investasi yang akan aku sebutkan ini? Oke, simak terus penjelasan di artikel ini ya.   

2 hari lalu aku dikenalkan dengan Aplikasi Amartha, sebuah aplikasi yang menjembatani investor dan pengguna dana. Rata-rata yang ada didanai oleh Amartha ini adalah pelaku UMKM dan UKM. Investasi ini dinamakan Microfinance Marketplace

Wah, pasti kalian masih belum paham dengan investasi seperti ini ya? Baiklah, disini ada penjelaskan dari Anisa Aprilia (Ica) – CFD (Certified Financial Planner) mengenai  investasi Microfinance Marketplace di Amartha.

Anisa Aprilia memberikan tips bagaimana cara memilih Microfinance Marketplace bagi pendana maupun bagi peminjam

  • Bagi Pendana
  • Terdaftar  dan memiliki izin usaha OJK 
  • TKB90 min 90%
  • Transparansi mengenai sistem credit scoring, informasi peminjam, latar belakang peminjam, tujuan pinjaman dll
  • Sesuaikan nominal investasi dengan jangka waktu dan profil risiko
  • Memilih marketplace yang memiliki mitigasi risiko. 
  • Bagi Peminjam
  • Terdaftar  dan memiliki izin usaha OJK 
  • Proses pinjaman, bunga, tengat waktu, denda, dan informasi lainnya disampaikan dengan jelas
  • Memiliki kontrak perjanjian 
  • Memiliki CS dan sistem yang transparan 
  • Tidak membebani dengan bunga tinggi (max 0.4% perhari. /oktober 2021)
  • Terdapat program pendukung lainnya

Selain itu, kita juga perlu mengetahui profil risiko sebelum berinvestasi. Ada 3 tipe yang perlu kita ketahui, yaitu :

  1. Tipe Konservatif 

Khawatir dan panik jika modal investasi berkurang. Lebih menyukai investasi yang resiko rendah

  1. Tipe Moderat

Dapat menerima risiko asal memperoleh keuntungan yang seimbang dengan risiko

  1. Tipe Agresif

Menyukai risiko, dapat menerima fluktuasi harga pasar, biasanya sudah berpengalaman dalam investasi

Ada juga Tips memilih peminjam untuk didanai melalui lending marketplace yaitu :

  • Pahami mekanisme credit scoring. Pilih sesuai dengan profil risiko dari tujuan keuangan
  • Pelajari informasi peminjam dan profit bisnis. Buat SWOT analisis termasuk risiko pendanaan, bandingkan risiko dan imbal hasil atas peminjam dengan grade yang sama
  • Pelajari track record pinjaman, apakah lancar atau tidak
  • Bagi pemula, dapat memilih peminjam yang bisnisnya sudah lebih daripada 1 tahun
  • Pilih manfaat pinjaman yang sesuai dengan preferensi bisnis
  • Jika laporan keuangan tersedia, pelajari sales, laba, total utang dll. Lalu bandingkan risiko keuangan antara peminjam dengan grade yang sama. 

Hampir semua investasi memiliki risiko, tapi bisa kita antisipasi risiko tersebut dengan memperkaya pemahaman kita dengan investasi yang akan kita ambil. Dari penjelasan diatas, dapat memperkecil risiko investasi pada Amartha. 

Dalam pemilihan jangka waktu juga bisa kita atur sendiri, misalkan kita ada dana untuk pergi travelling ke LN 2 tahun ke depan, kita dapat pilih investasi jangka pendek sesuai waktu yang kita inginkan, atau jika ada dana untuk menikah kita gunakan untuk berinvestasi, makanya jangka waktunya bisa kita pilih sesuai waktu dana tersebut dibutuhkan.

Amartha ini adalah marketplace P2P yang menjembatani pendanaan di perkotaan dengan perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Amartha melayani segmen mikro di piramida terbawah di Indonesia, yang belum terlayani oleh jasa keuangan formal. Masih ada hampir 200 juta orang yang hidup dibawah atau disebut prasejahtera. Income mereka kurang 60ribu/ hari. 

Amartha yakin dengan memberdayakan mereka, bisa meningkatkan kesejahteraan secara merata. Amartha sebagai marketplace P2P yang mempertemukan pendana dengan peminjam. Bagi pendana akan mendapatkan imbal hasil. Yang dapat diakses tiap minggu pertumbuhannya.

Amartha sendiri memberikan pinjaman 100% buat pengusaha perempuan mikro dipedesaan dengan bermacam-macam jenis usaha. Dalam pemberian dana tersebut, peminjam harus memiliki kelompok peminjam sebanyak 10-20 orang. Nantinya mereka akan diberikan pelatihan dan pendampingan. Kenapa harus berkelompok? Karena Amartha membuat mitigasi risiko dengan pola tanggung renteng. Amartha sendiri menyebut kelompok tersebut dengan nama Majelis. 

Apa yang membuat Amartha beda dengan pinjaman online lainnya?

  1. Akses permodalan khusus perempuan
  2. Ada mentoring dan training
  3. Ada literasi keuangan dan digital

Untuk yang nomor 3 banyak sekali manfaatnya bagi kita semua. Amartha memberikan ilmu untuk akses keuangan, sehingga kita paham modal, cara penanganan dan pengolahan modal, proses finansial kita seperti apa. 

 

Amartha juga menerapkan etika lending, atau penagihan yang sangat beretika. Yah, ini beda deh dengan pinjol-pinjol lainnya. Untungnya berkelompok ini adalah ketika satu orang sedang alami kesulitan untuk membayar, maka tanggungjawab kelompok untuk memenuhi pembayaran orang tersebut. Ini tentu saja satu orang ini akan kembalikan pada kelompok mereka. Jadi satu kelompok ini tentu saja termotivasi untuk sukses bersama. 

Oia, di Amartha juga ada blognya juga lho dengan berbagai pembahasan Keuangan, lifestyle, tips-tips seputar perkembangan sosial bagi generasi milenial, teknologi, berita-berita start up, karir, tips wirausaha dan juga cerita prempuan inspiratif. 

Ada juga fitur Money+ Quiz. Nah, buat para blogger diberi lapak juga lho untuk menulis disana. Blog Money+ milik Amartha ini memberikan keuntungan bagi yang mengirimkan tulisan seperti :

  • Komisi hingga 300ribu per- artikel
  • Menjadi wadah publikasi ide kita di website blog yang sudah kredibel
  • Berkesempatan untuk mengikuti field trip gratis, kunjungan ke desa Amartha.

Wah menarik sekali nih. Para blogger langsung cuss, kalau mau dapatkan 3 keuntungan ini. Oia, sebagai informasi, bahwa Money+ adalah majalah daring yang dikelola oleh tim Amartha yang menyajikan banyak informasi terupdate dan terlengkap. 

Bagaimana menurut kalian? Apakah investasi Amartha cocok dengan kalian? Semoga saja uang yang nganggur di tabung kalian bisa berkembang dan menjadi pahala yang berkah buat banyak orang. Kapan lagi bisa mendulang pahala dalam berinvestasi. Apalagi yang dipercaya untuk mendapatkan pinjaman oleh Amartha adalah kaum perempuan. 

Jujur, aku sangat respek sekali dengan investasi microfinance Amartha. Apalagi ada kawan yang sudah mencoba dan menjalani investasi ini bertahun-tahun. Semoga penjelasan ini dapat memotivasi kalian juga untuk berinvestasi di Amartha ya. Terima kasih

 

Salam cantik,

 

Lita Chan Lai

 

No Comments Yet.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *