Program Ramadan Dompet Dhuafa Borong Dagangan

by

Halo Sobat Petualang Cantik, 

 

Tidak terasa kita sudah sampai pertengahan Ramadan. Apakah ibadah yang kita lakukan sudah maksimal (sholat, puasa, mengaji, zakat, sedekah dll) dan apakah kita sudah banyak berbuat amal kebaikan? Lakukan terus, jangan pernah lelah. Karena di bulan Ramadan ini segala perbuatan baik dan ibadah kita Allah ganjar dengan berlipat ganda pahalanya. Di bulan Ramadan, membayar zakat dan bersedekah juga menjadi keutamaan bagi setiap muslim.

 

Adapun berbagai jenis sedekah, antara lain:

1. Zakat : 

Zakat adalah kewajiban untuk memberikan sebagian dari harta yang dimiliki kepada yang membutuhkan. Zakat biasanya diberikan pada harta yang mencapai nisab (ambang batas tertentu) dan telah dimiliki selama satu tahun.

2. Sadaqah: 

Sadaqah adalah sedekah yang diberikan secara sukarela, tanpa adanya kewajiban atau persyaratan tertentu. Sedekah bisa berupa harta, waktu, atau keterampilan yang diberikan untuk kebaikan.

3. Fidyah: 

Fidyah adalah pembayaran pengganti bagi mereka yang tidak dapat berpuasa selama Ramadhan karena alasan tertentu, seperti sakit atau kelemahan fisik.

4. Kafarat: 

Kafarat adalah pembayaran pengganti bagi pelanggaran tertentu dalam ibadah, seperti melanggar niat puasa tanpa alasan yang sah. Kafarat bertujuan untuk membersihkan dosa dan memperbaiki kesalahan.

5. Infaq: 

Infaq adalah pengeluaran harta untuk kepentingan umum atau kebaikan sosial, seperti membangun masjid, mendukung pendidikan, atau membantu fakir miskin.

6. Qurban: 

Qurban adalah sedekah yang diberikan dalam bentuk hewan ternak pada hari raya Idul Adha. Hewan qurban tersebut disembelih dan dagingnya dibagikan kepada yang membutuhkan.

7. Zakat Fitrah: 

Zakat fitrah adalah zakat yang diberikan pada akhir bulan Ramadhan sebelum shalat Idul Fitri. Zakat fitrah biasanya diberikan dalam bentuk makanan pokok untuk membantu yang membutuhkan merayakan Idul Fitri dengan layak.

8. Wakaf :

Wakaf adalah sumbangan atau mengalihkan kepemilikan suatu properti atau aset kepada tujuan amal atau kebaikan umum, digunakan untuk kepentingan umat. Barang yang disumbangkan dalam wakaf bisa berupa tanah, bangunan, uang tunai, atau aset lainnya. Tujuan wakaf bisa beragam, seperti membangun masjid, madrasah, rumah sakit, tempat penampungan bagi fakir miskin, atau proyek-proyek kemanusiaan lainnya. Wakaf bersifat abadi dan manfaatnya dijamin berkelanjutan dari generasi ke generasi, sehingga dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat. Praktik wakaf merupakan salah satu bentuk sedekah yang sangat dihargai dalam Islam karena berdampak jangka panjang dan berkelanjutan.

9. Zakat Mal (Harta) :

Zakat yang memenuhi kriteria tertentu mengenai kekayaan dan aset mereka. Ini adalah salah satu dari Lima Rukun Islam dan biasanya dihitung sebagai 2,5% dari kekayaan seseorang setelah dikurangi biaya-biaya yang diperlukan. Amal ini dimaksudkan untuk memurnikan kekayaan dan membantu mereka yang membutuhkan. 

Setiap bentuk sedekah tersebut memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda, namun semuanya bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah, membersihkan hati dan mensucikan diri kita. 

Program Ramadan Dompet Dhuafa

Beruntung sekali bisa mengenal Dompet Dhuafa sebuah lembaga filantropi dan kemanusiaan yang bergerak untuk pemberdayaan umat (Empowering People) dan kemanusiaan. Pemberdayaannya bergulir melalui pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf), serta dana sosial lainnya yang terkelola secara modern dan amanah. Dalam pengelolaannya mengedepankan konsep welas asih atau kasih sayang sebagai akar gerakan filantropis yang mengedepankan lima pilar program yaitu Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Sosial, serta Dakwah dan Budaya.

Di bulan Ramadan ini, Dompet Dhuafa memiliki program khusus yaitu Kebaikanmu #SelaluTersampaikan Dari Pelosok Negeri Hingga Ke Luar Negeri. Adapun pragramnya terdiri dari :

  1. Berbagi Paket Sahur dan Berbuka Puasa
  2. Muliakan Anak Yatim
  3. Parsel Ramadan
  4. Sedekah Qur’an
  5. THR Pejuang Keluarga
  6. Buka Puasa dan Parsel Ramadan Palestina
  7. Sedekah Qur’an Braille
  8. Borong Takjil
  9. Sedekah Alat Ibadah

Borong Takjil Ibu Hj. Rusmi

Beberapa hari yg lalu tepatnya Senin,(25/03/2024) saya dan beberapa teman berkesempatan untuk mengikut salah satu program ramadan Dompet Dhuafa yaitu borong takjil dan membagikan kepada orang-orang sekitar secara gratis untuk berbuka puasa. 

Dagangan yang diborong adalah milik ibu Hj. Rusmi. Seorang ibu berumur 63 tahun ini berdagang dibantu oleh beberapa kerabatnya seperti adik ipar dan menantunya. Selama bulan ramadan ini beliau berdagang di depan Darul Atam, Pondok Pinang, Jakarta. Namun hari-hari biasa Ibu Hj. Rusmi berdagang di salah satu kantin sekolah. 

Pekerjaan menjual makanan ini dia tekuni sejak 30 tahun lalu. Dengan berdagang gorengan dan makanan ringan beliau berhasil menghidupi dan menyekolahkan anak-anaknya. Beliau berharap usahanya ini bisa diteruskan karena beliau ingin berhenti berdagang agar bisa lebih fokus beribadah dan menikmati  sisa hidupnya dengan mendekatkan diri pada Allah swt.  

Ketika dagangannya di borong Dompet Dhuafa, Ibu Hj. Rusmi merasa senang, karena dagangannya cepat laris dan bisa sambil berbagi kepada sesama, khususnya para umat muslim yang berpuasa. Kebaikan seperti ini akan menambah pahala yang berlipat ganda dari Allah swt. Semoga para donatur yang mempercayakan sedekah, infak dan zakatnya ke Dompet Dhuafa akan lebih banyak lagi, agar yang menerima manfaat juga bisa lebih banyak lagi. 

Saya dan teman-teman yang mengikuti kegiatan dan menyaksikan sendiri bagaimana Dompet Dhuafa menyalurkan dana yang telah dipercayakan oleh muzaki ikut merasa senang dan bahagia. Tampak sekali wajah-wajah bahagia terpancar dari Ibu Hj. Rusmi dan juga para penerima takjil untuk berbuka puasa. 

Semoga kegiatan dan program Borong Takjil yang dilakukan Dompet Dhuafa ini tidak hanya terjadi di tahun ini saja. Kalau bisa setiap bulan ramadan di tahun-tahun berikutnya program dan kegiatan borong takjil ini terus ada. Agar pahala yang kita dapatkan berlipat ganda sesuai yang dijanjikan Allah SWT dalam QS Al Baqoroh : 271. 

Demikian ulasan yang saya rangkum dalam kegiatan Borong Takjil dan berbagi Takjil bersama Dompet Dhuafa. Saya pribadi sangat senang melakukan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Insya Allah, saya juga kecipratan pahalanya. Amiin ya robbal alamin. 

 

Salam cantik,

 

Lita Chan Lai

 

 

8 Responses
  • Tati Hidayat
    April 1, 2024

    Alhamdulillah ramadan tahun ini bisa ikutan berbagi berkah borong takjil dan berbagi takjil ya mba semoga para donatur diberikan rezeki berlimpah. Aamiin

  • Yanti
    April 1, 2024

    Alhamdulilah ya Ramadan tahun ini bisa berbagi borong takjil semoga ibadahnya lancar penuh kenerkahan

  • Agil
    April 1, 2024

    Senannya selalu bisa berbagi

  • Rahma Ahmad
    April 1, 2024

    Seru banget bagi-bagi takjil gitu.

  • Andini
    April 1, 2024

    Alhamdulillah seneng deh bacanya Mba. Bulan Ramadan berbagi dan menebar kebaikan, InsyaAllah berkah yaa Mba. Semoga bisa menjadi amalan hingga ke akhirat nanti. Aamiin

  • Faradillah
    April 1, 2024

    Bulan ramadhan berbagi rezeki insyallah berkah banget yah kak, semakin berbagi insyallah keberkahan bertambah

  • Meilia Wuryantati
    April 1, 2024

    Alhamdulillah , bulan ramadhan semakin menebar kebaikan Insyaallah berkah aamiin

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *