Investasiku Cara Mudah Berinvestasi

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Orang bilang pengen sukses harus pintar! Siapa bilang? Ga juga sih, karena orang sukses itu adalah orang yang ulet alias konsisten untuk mencapai tujuan hidupnya. Ada juga karena kegigihannya atau keteladanannya dalam melakukan usahanya. Ada banyak faktor deh pokoknya yang bisa diraih diluar dari kepintaran. 

Pintar saja bukan ukuran seseorang untuk menjadi sukses, tapi kepandaianlah yang dapat membawa kita meraih kesuksesan tersebut. Berikut ada beberapa hal kenapa kepandaian dapat membuat orang sukses.

  1. Pandai Memutuskan Tujuan Hidup
  2. Pandai menciptakan Banyak Ide
  3. Pandai Mengelola Keuangan
  4. Pandai Membangun Relasi
  5. Orang Pandai Tidak Pernah Berhenti Belajar

Penjelasan diatas sudah pasti cara menuju kesuksesan, meskipun kita tahu bahwa campur tangan Tuhan ada juga didalammya. Percaya ga? Kalau aku sih sebagai orang beragama percaya dengan ketentuan Tuhan, namun jelasnya harus ada usaha yang mengiringi doa-doa kita. Dari 5 hal tersebut yang membuat aku tertarik untuk berinvestasi. 

Kehidupan kita diawali dengan sekolah, setelah lulus pasti ada keinginan bekerja mengumpulkan pundi-pundi. Lalu mulailah dengan berinvestasi yaitu memiliki 1 unit rumah. Jika sudah mapan dan siap berbagi kehidupan dengan pasangan, menikahlah. Dari ritme kehidupan ini yang membuat awal seseorang untuk melakukan investasi lainnya, seperti beli mobil, sisihkan dana pendidikan anak dan dana pension kita. 

Dari ritme kehidupan tersebut tentu saja bukan jalan kehidupan aku. Karena ketika bekerja sebagai pegawai selama 11 tahun, aku memutuskan untuk berhenti bekerja dan memilih bekerja freelance. kehidupan yang didambakan para wanita umumnya juga bukan ada padaku. Untuk saat ini aku memilih untuk hidup mandiri dengan penghasilan cukup buat menata masa depan. 

Dengan kehidupan aku ini, tentu saja aku tertarik berinvestasi, meskipun banyak pertanyaan yang muncul dalam kepalaku seperti hal dibawah ini yang membuat aku sulit memutuskan untuk berinvestasi :

  1. Bagaimana memilih investasi yang tepat
  2. Bagaimana jika aku membutuhkan uang sebelum tanggal yang ditargetkan
  3. Seberapa sering aku memonitor investasi ini
  4. Bagaimana cara memastikan risiko
  5. Siapa yang akan memonitor tentang pergerakan investasi aku
  6. Bagaimana dengan pajak?

Pasti pertanyaan-pertanyaan diatas sering muncul dibenak dan kepala kalian juga toh! Samalah dengan aku. Tapi sejak kenal Investasiku, ada pikiran-pikiran terbuka dalam diri. Mulai banyak mengenal investasi dengan berbagai pilihan seperti :

  • Deposito
  • Obligasi
  • Reksa Dana
  • Saham 

Sepertinya aku memilih Saham untuk Investasiku saat ini. Karena di investasiku saham ga pake ribet. Beli dan Jual Saham sangat mudah. Kenapa harus mulai berinvestasi di Saham? Kalian tahu dong, berinvestasi pada saham menjadi popular karena memiliki potensi yang bertumbuh sebagai kelas asset utama. Buka rekening di Investasku juga mudah. Setiap hari kita dapat info lewat Trading Idea yang live di IG Investasi setiap jam 08.30 wib. Ada bonus poin yang bisa kita dapat. Ditambah lagi ada komunitas Investasiku yang bisa dijadikan tempat berbagi pikiran dengan sesame pemegang saham. 

Kenapa freelance sepertiku berani untuk berinvestasi?

Mungkin sebagian orang sepertiku takut untuk berinvestasi, tapi aku harap ketakutan-ketakutan seperti itu harus dihilangkan dengan :

1. Sadari Posisi Saat Ini
Saat terbaik memulai tabungan hari tua atau dana pensiun adalah ketika kita masih muda atau semenjak memiliki penghasil sendiri. Bahkan meski saat ini kita terbilang pemula dalam karir, sebaiknya segera memulai persiapan keuangan kita.

2. Susun Rencana Keuangan yang Jelas
Langkah berikutnya adalah menyusun rencana keuangan untuk investasi saham kita.

3. Pilih Instrumen Investasi Saham yang Tepat

4. Jaga Kesehatan Keuangan
Mengumpulkan dana dengan rajin berinvestasi secara berkala, membutuhkan komitmen jangka panjang. Supaya tetap bisa berinvestasi sesuai rencana yang telah disusun, pastikan senantiasa menjaga kesehatan keuangan.

Cara menjaga keuangan tetap sehat yaitu :
– Hindari utang konsumtif dan menjaga rasio utang sehat. Kurangi beban cicilan, maksimal 30%, jangan lebih dari itu.
– Perkuat dana darurat. Amankan dana darurat minimal sebesar 6x nilai pengeluaran rutin bulanan. Kita dapat menabung dana darurat dengan cara menyisihkan minimal 10% dari pendapatan rutin sampai nilai dana darurat memadai.
– Biasakan mencatat pengeluaran dan melakukan budgeting. Dengan mengetahui kemana saja uang dipergunakan, kita bisa melihat alokasi pos mana yang paling banyak menyedot pendapatan.

6. Naikkan Target Pemasukan
Menyiapkan tabungan hari tua untuk keperluan masa

Nah, kalau persiapan kita seperti ini pastinya sebagai freelancer ga akan takut lagi untuk bermain saham. Apalagi Investasiku udah di lindungi oleh OJK. Berani berinvestasi, ciptakan kehidupan bahagia. Semoga tercerahkan ya…

 

Salam Cantik,

 

Lita Chan Lai

 

 

 

15 Responses
  • Joe Candra P
    April 12, 2022

    Setujuuuu, utang konsumtif itu memang perlu banget dihindari yess kak

  • Dian Restu Agustina
    April 13, 2022

    Senangnya , Investasiku sudah di lindungi oleh OJK, jadi tenang berinvestasi kita. Caranya pun mudah dan praktis ya

  • nurulrahma
    April 16, 2022

    Apapun profesi kita, financial planning yg bijak mutlak diperlukan.
    karena seberapapun besarnya income, klo ngga dikelola dgn baik ya bakal acakadut.
    wah, asyik bgt ada Investasiku… memudahkan siapa aja utk mulai invest yaaakkk

  • Farida Pane
    April 16, 2022

    Banyak skill yang diperlukan untuk sukses, ya. Salah satunya pandai mengatur keuangan

  • Diah Woro Susanti
    April 16, 2022

    Lebih baik terlambat memulai daripada ngga sama sekali. Yg terpenting istiqomah ya semoga rencana masa depan dapat terealisasi aamiin

  • Reyne Raea
    April 16, 2022

    Iya ya, sebenarnya kalau cicilan atau hutang tidak lebih besar dari 30% penghasilan yang tetap itu, hidup nggak terlalu berat.
    Dan kalau bisa, hindari hutang, apalagi yang konsumtif, apapun alasannya

  • Julia pasca
    April 16, 2022

    Nah ini ni Mbak, aku sekarang sudah gak lagi menulis pengeluaranku…padahal dulu rajin banget, sekecil apapun ditulis pokoknya. Huhuhu. Masih banyak PR yang belum selesai untuk menjadi Menteri Keuangan tingkat keluarga

  • Maria G
    April 16, 2022

    setuju, kita harus berinvestasi karena nabung gak cukup untuk kebutuhan finansial di masa yang akan datang

    tapi harus cerdas berinvestasi, jangan sampai tertipu investasi bodong

  • Wahid Priyono
    April 16, 2022

    Investasi online seperti di InvestasiKu semoga aman ya kak, gak seperti trading binomo yg kemaren banyak nasabah rugi miliyaran rupiah karena terindikasi adanya penipuan.

  • Annie Nugraha
    April 17, 2022

    Mumpung masih di usia produktif, bekerjalah dengan baik, hidup yang teratur dan sehat, serta menyusun rencana terutama untuk urusan finansial. Berinvestasi adalah salah satu diantaranya. Dengan berinvestasi bijak dan bermanfaat, inshaAllah kita mendapatkan rasa aman baik secara fisik maupun finansial dimasa yang akan datang.

  • Okti
    April 17, 2022

    Siapa saja bisa berinvestasi apalagi generasi milenial yang melek literasi keuangan selangkah lebih maju dari generasi sebelumnya. Investasi di InvestasiKu bisa jadi sebuah pembelajaran untuk pemula sebelum mengambil investasi dengan return dan resiko yang lebih besar

  • Fenni Bungsu
    April 17, 2022

    Ah iya nih target pemasukan belum terpikirkan oleh daku.
    Ini memang harus ada sih ya, karena buat kebutuhan jangka panjang, biar lebih tenang

  • eureka-pedia
    April 17, 2022

    Berinvestasi membutuhkan pengetahuan cukup, membaca artikel investasiku akan menambah khasanah investasi tepat

  • Desi
    April 17, 2022

    setuju, naikkan pemasukan, untuk bisa juga ikut berinvestasi, dan tentunya setelah dapat pemasukan yang baik, jangan salah taruh investasinya ya mba

  • BayuFitri
    April 20, 2022

    Wah nambah pengetahuan ya investasiku ini ..bagus nih jadi kepo saya mau berinvestasi juga lewat investasiku

Tinggalkan Balasan ke Annie Nugraha Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *