Diplomasi Indonesia Dengan Korea Selatan Di Tangan Gandi Sulistiyanto

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Apa yang terbersit oleh kalian ketika mendengar Negara Korea Selatan? Drakor, Kpop, Negeri Ginseng, warganegara berkulit putih, bermata sipit, cowonya ganteng-ganteng, cewenya cantik-cantik, tempat oplas terbaik di dunia, gudangnya skincare…ayo apalagi dong…!

Yup, semuanya itu benar sekali. Gara-gara Drakor dan Kpop, banyak warga Indonesia kesemsem sama artis Korea Selatan, mengenal wilayah negaranya, mengenal budayanya bahkan makanan khasnya. Korea Selatan berhasil menebarkan pesona semua bidang kekayaannya, seperti SDA dan SDMnya.
Aku juga kenal Korea Selatan lewat Drama, film dan boyband and grilband.

Apapun yang mereka buat sepertinya laris di pasaran dunia. Makanya ngga heran deh kalau Korea Selatan menjadi salah satu Negara yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Gara-gara sering nonton drakor, aku ingin sekali melancong ke negeri ginseng tersebut.

Ada 5 hal membuat aku termotivasi yaitu :

1. Budaya

Korea Selatan kaya akan warisan budaya yang tidak kalah dengan Negara tetangganya yaitu Japang dan Cina. Di drakor banyak sekali yang menayangkan drama pada masa dinasti Joseon yang berkuasa selama ratusan tahun. Di drama tersebut aku jadi tahu pakaian kerjaaan dan pakaian adat mereka yang hingga sekarang hanbok masih sering dipakai untuk acara tertentu.

2. Wisata alam yang indah

Haduh, aku tuh sering banget dengar nama pulau Jeju, pegunungan Ansan, Seoul Forest dll. Kalau aku kesana, pasti bingung mau pilih kemana. Tapi asal udah sampe aja ke seoul pasti hati berbunga-bunga.

3. Wisata Kuliner

Kata orang, makanan di Korea Selatan tuh bikin ngiler banget. Nama makanan yang sering kita dengar di drakor pasti ada semua.hahahaha…., jelas ada dong. Wajib nih kalau kesana cobain kulinernya.

4. Shopping

Bagi shopaholic pasti dong banyak barang yang di incer, tapi kalau aku paling belanja yang harga terjangkau aja deh, salah satunya skincare yang ga ada di Indonesia. Skincare Korea Selatan terbaik lho di dunia.

5. Tranportasinya

Naik kereta atau bus di Korea Selatan pasti beda dengan di Indonesia. Pengen banget deh keliling kota seoul dengan tranportasi umum atau massal. Katanya sih Subway adalah sistem tranportasi massal terbaik di dunia dengan berbagai macam jalu bawah tanah yang relatif menjangkau semua tempat di Seoul.

Wah, kalau ini terjadi nyata aku bakalan bersorak sorai dengan gembira. Maaf ya, walau baru rencana doain aja ini bisa jadi nyata. Yang udah pernah ke Korea Selatan jangan ketawain aku ya ( . udah ah ngehalunya, kita kembali ke tanah air aja yuk.

***

Hubungan diplomatik dan bilateral Indonesa dan Korea Selatan ternyata sudah berjalan dengan baik sejak 1966, artinya sudah lima puluh tahun Indonesia menjalin hubungan dengan Korea Selatan dengan baik. Kerjasama ekonomi dan perdagangan juga berjalan baik sejak awal pemerintahan Orde Baru dan terus meningkat hingga saat ini.

Keberlanjutan hubungan bilateral dan kerjasama ekonomi yang sangat baik hingga kini membuat Korea Selatan menjadi salah satu investor besar, penting dan berpengaruh diIndonesia. Apalagi Korea Selatan sudah lama membantu pembangunan ekonomi Indonesia, terutama di bidang industri dan infrastruktur.

Korea Selatan merupakan Negara yang berhasil dalam pelaksanaan publik melalui budaya pop, yaitu fenomena Korean Wave. Korea Selatan adalah salah satu Negara di kawasan Asia Timur yang sudah maju sekali. Kayanya Indonesia perlu belajar deh sama Korea Selatan. Belajar tentang Korea bukan hanya untuk memahami cara mereka berfikir tetapi juga untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, agar bisa menempatkan posisi strategis Indonesia di kawasan Asia.

Kemarin lalu, Rabu (17/11/2021) Presiden RI, Joko Widodo melantik Dube RI untuk Negara-negara sahabat, salah satunya Duta Besar RI untuk Republik Korea (Korea Selatan). Nah, dalam pelantikan Dubes RI yang baru untuk Republik Korea ini ada yang menarik nih. Yuk kita kepoin dia.

Namanya His Excellency (H.E) Gandi Sulistiyanto atau akrab dipanggil Pak Sulis. Beliau adalah seorang profesional bisnis yang telah menjalani karir selama 39 tahun di beberapa grup bisnis terkemuka nasional.

Pak Sulis merintis karirnya dari nol. Awal dia bekerja, bergabung di Astra. Segala jenis pekerjaan ia lakoni, mulai dari mengangkut sparepart otomotif hingga berhasil menjadi Marketing Manager. Setelah 40 tahun berdiplomasi untuk perusahaan, kini Pak Sulis akan melanjutkan baktinya kepada negara untuk membawa berbagai misi penting. Pak Sulis terkenal ramah dan humoris, diajak tiktokan mau aja. Hahaha….

Dubes RI untuk Korea sebelumnya adalah seorang diplomat karir, namanya H.E Umar Hadi. Beliau adalah panutan bagi Pak Sulis. Kebijakan-kebijakan yang sudah dirintis, tinggal dilanjutkan dengan menambahkan inovasi terbaru.

Kayanya banyak nih tantangan yang harus dihadapi oleh Pak Sulis sebagai Dubes RI untuk Korea yang baru. Semoga kemajuan Korea bisa ditularkan ke Indonesia sebagai sesama negara G20.

Selamat bertugas His Excellency Gandi Sulistiyanto. Kita semua menunggu kinerja terbaik buat Indonesia lho pak!Sobat, semoga kalau aku ke Korea Selatan bisa ketemu Pak Sulis ya.

 

Salam,

Lita Chan Lai

14 Responses
  • Dessy Achieriny
    November 26, 2021

    Wisata alam korea bagus bgt memang mbak, aku juga planning pengen banget ke sana. Ke jeju island warga negara Indonesia gak perlu visa setau aku.

  • Farida Pane
    November 27, 2021

    Kebudayaan dan destinasi wisata korea memang sangat menarik. Semoga Pak Gandi bisa sama gencarnya mempromosikan keunggulan Indonesia ke Korea

  • Sri+Widiyastuti
    November 27, 2021

    wah sama mbak, saya juga pengen deh jalan-jalan ke korea nih, kayaknya alamnya sama dengan Jepang yaa. banyak tempat wisata yang bisa didatangi seperti pulau Jeju dan kulinernya yang dah terkenal. Moga ada kuliner halal jadi nyaman travelingnya. btw selamat untuk dubes RI baru untuk korea selatan. semoga tercapai apa yang dicanangkan.

  • Rach Alida
    November 27, 2021

    Jadi ingin ke Korea Selatan. Selama ini hanya lihat tayangannya di layar televisi dan layar handphone dan berharap bikin kesana. Apalagi banyak banget pilihan wisata kuliner yang bisa dipilih

  • Hidayah Sulistyowati
    November 27, 2021

    BAnyak juga rencana menyeimbangkan neraca perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan, dari budaya, ekonomi kreatif dan green economy. Semoga sukses misinya, proses penempatan sebagai dubes juga lancar. SElamat bertugas Pak Gandi, sehat selaluu

  • Uniek Kaswarganti
    November 28, 2021

    Selamat bertugas, Pak Sulis. Pengalaman Pak Sulis luar biasa nih, tentu saja bakalan menjadi pendukung bagi beliau ketika mengemban amanah sebagai duta besar. Kalik aja strategi korean wave bisa diadaptasikan ke Indonesia hingga bisa se-hype itu di dunia. 😉

  • Ida Tahmidah
    November 28, 2021

    Aku suka nonton drakor karena terlalu rame hahaha….suka keasyikan jadinya, Pengen ke Korea dari dulu liat foto2 suami pas ke sana selalu termotivasi tapi belum ada takdir buat ke sana….huhu…. Semoga next aku bisa ke sana Aamiin Allohumma Aamiin….

  • Shyntako
    November 28, 2021

    Wah asik nih diplomasi RI sm Korsel apakah nantinya dampaknya jadi banyak konser boyband/girlband Kpop dengan harga yang lebih terjangkau yaaa? Heehhehehe… mantap sih nih hubungan RI-Korsel bakal makin dekat dan akrab lagi ke depannya

  • Dw
    November 28, 2021

    Korea = DRAKOR + BTS ga ada obat wkwk wishlist trip aku dan keluarga udah pasti ke korea ;*

  • Bunsal
    November 28, 2021

    Destinasi yang sudah antri cantik ni, negeri Ginseng, berkat keindahan kompleks seperti di paragraf-paragraf awal ulasan mbak Lita di atas.

    Sisanya, tinggal nyontek jurus diplomasi pak Gandi, gimana cara biar bisa dapet trip gratisan ke sana. Cuzzz…

  • Idah Ceris
    November 28, 2021

    Sepakat. Apa2 yang baik di sana bisa diadopsi untuk Indonesia ya, Mbak.

  • lendyagassi
    November 28, 2021

    Melihat dan membaca track record Bapak Gandi Sulistiyanto, salut banget dengan bidang ilmu yang dimiliki di bidang bisnis.
    Semoga Bapak Sulis bisa menyatukan bisnis dengan komunikasi yang lancar antar kedua belah pihak negara.

  • Dian Radiata
    November 28, 2021

    Aku suka wisata alam dan kulinernya, mba.. Kulinernya rata-rata cocok sih di lidahku yang emang penyuka segaja makanan, hehehe.. Kalo drakor, so far aku belum pernah nonton

  • cicifera
    November 28, 2021

    semoga diplomasi Indonesia dan KorSel ini bisa banyak memberi manfaat untuk kemajuan negara kita yaa.. apalagi di bidang pariwisata, sama2 punya daerah wisata yang bagus, kuliner yang enak2 dan juga hiburan (musik, film, dll.) yang menarik ^^

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *