5 Langkah Mudah Mendapatkan Apartemen Terbaik Untuk Keluarga

by

Halo Petualang Cantik,

Kalian tahukan kalau sekarang di Jakarta sulit sekali mencari tempat tinggal, dan kini apartemen menjadi pilihan alternatif terbaik sebagai hunian. Kalau dihitung-hitung, harganya lebih terjangkau daripada membeli rumah. Apartemen biasanya terletak di pusat kota sehingga bisa menghemat biaya transportasi bagi kalian yang bekerjanya di Jakarta juga. Selain nyaman untuk ditinggali, apartemen juga menjadi pilihan investasi yang bagus karena nilainya semakin tinggi. Jika kalian berencana tinggal di apartemen, pilihlah apartemen dengan fasilitas lengkap dan terbaik, sehingga kalian dan keluarga akan merasa aman dan nyaman tinggal di sana.

Cara Mendapatkan Apartemen Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah apartemen untuk tempat tinggal Kalian dan keluarga, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini :

1. Cari referensi
Sebelum menentukan pilihan mengenai apartemen yang akan dibeli, sebaiknya Kalian mencari referensi terlebih dahulu. Kalian bisa mencarinya di media elektronik, cetak ataupun internet. Banyak iklan apartemen lho yang ditawarkan. Kalian bisa melakukan perbandingan mengenai beberapa jenis apartemen yang masuk kriteria. Jangan lupa untuk minta pendapat pasangan atau Keluarga dalam hal ini.

2. Pilih apartemen yang lokasinya strategis
Pastinya hampir semua orang menginginkan tinggal di lokasi yang strategis. Sebaiknya pilih apartemen yang lokasinya dekat dengan tempat kerja sehingga memberikan kemudahan. Jika dekat dengan tempat kerja, Kalian bisa hemat biaya transportasi. Selain itu, pertimbangkan apakah ada fasilitas kendaraan umum yang bisa digunakan dengan mudah. Hal ini untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Kalian tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi, maka transportasi umum bisa menjadi solusi.

3. Lakukan survey harga dan fasilitas apartemen
Penting bagi Kalian untukmelakukan survey harga dan mengetahui apa saja fasilitas yang didapatkan. Cari informasi terkait hal ini sebanyak-banyaknya, Kalian bisa memulainya di halaman apartemen dijual lengkap disini. Setelah itu, Kalian bisa memutuskan untuk membeli apartemen tersebut atau tidak. Jangan sampai Kalian menyesal di kemudian hari karena kurangnya informasi mengenai apartemen yang akan dijual.

4. Jangan pilih apartemen berdasarkan persepsi
Jika ada apartemen yang dijual dengan harga murah, sebaiknya cek beberapa hal sebelum memutuskan untuk membelinya. Ada beberapa apartemen yang memiliki harga murah padahal fasilitas kamar mandi dan dapur ukurannya luas.Setelah diteliti, ternyata lingkungannya kurang nyaman. Sebaiknya pertimbangkan juga membeli apartemen yang dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, pusat layanan kesehatan, sekolah, dan lain sebagainya.

5. Pilih sesuai dengan kebutuhan
Masing-masing keluarga tentunya membutuhkan apartemen dengan kebutuhan ruang yang berbeda.Untuk pasangan muda, apartemen dengan 1 kamar tidur sudah cukup. Namun, jika Kalian memiliki anak tentunya harus memilih apartemen yang menyediakan jumlah kamar sesuai dengan jumlah yang kita butuhkan.

Dengan menerapkan hal-hal di atas, kalian akan menemukan apartemen yang terbaik untuk keluarga. Dari beberapa poin tersebut, hal yang paling penting adalah lokasi apartemen. Secara umum, lokasi yang strategis ialah yang dekat dengan tempat kerja.Tapi tidak itu saja, ada beberapa kriteria mengenai lokasi strategis.

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Lokasi Apartemen

Selain lokasinya dekat dengan tempat kerja, berikut ini faktor lain yang perlu Kalian pertimbangkan dalam menentukan lokasi apartemen :

1. Tingkat keamanan lingkungan
Carilah apartemen yang lokasinya aman jauh dari tingkat kejahatan. Kalian tentu akan merasa nyaman bila tinggal di lingkungan yang terjamin keamanannya. Jika ternyata banyak tindak kejahatan di lokasi dekat apartemen tersebut, sebaiknya urungkan untuk memilihnya. Anda bisa mencari apartemen lainnya.

2. Fasilitas keamanan gedung
Pilihlah apartemen yang memiliki sistem keamanan yang tinggi. Periksa fasilitas keamanan apa saja yang diberikan. Biasanya ada satpam yang bertugas menjaga keamanan di pintu depan. Kemudian, fasilitas tambahannya adalah kunci pintu masuk ke ruang apartemen berupa kartu, ada kamera CCTV dan lain sebagainya. Apartemen yang memiliki fasilitas keamanan semakin banyak dan lengkap, semakin layak Kalian pilih.

3. Tingkat kebisingan
Tinggal di lingkungan yang bising tentu tidak nyaman. Lingkungan yang tenang akan membuat Kalian bisa beristirahat dengan nyaman. Sebaliknya, jika lingkungan bising, waktu istirahat Kalian tentu saja terganggu. Apalagi jika kebisingan tersebut terjadi sampai malam hari. Akibatnya, Kalian akan sulit tidur sehingga kualitas tidur tidak optimal. Padahal tidur nyenyak dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan. Kalian akan lebih segar dan fit menjalankan kegiatan di esok hari.

4. Jarak ke pusat perbelanjaan dan layanan lainnya
Apartemen sebaiknya dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, restoran, bank, dan lain sebagainya. Jika dekat dengan berbagai layanan penting tersebut, Kalian akan semakin mudah menjangkaunya sehingga hemat tenaga, waktu dan biaya.

5. Perhatikan fasilitas keluarga
Adanya fasilitas keluarga penting untuk diperhatikan. Jika ada fasilitas kolam renang, bermain anak dan fasilitas lainnya, tentu keluarga akan semakin betah tinggal di apartemen. Kalian pun akan lebih hemat mengeluarkan untuk biaya refreshing.

6. Pilih apartemen lantai bawah
Banyak orang yang lebih senang tinggal di apartemen lantai 8 ke atas karena memiliki pemandangan yang bagus.Tapi, bagi Anda yang memiliki anak kecil, sebaiknya pilih apartemen yang berada di lantai bawah. Pilihlah lokasi yang dekat dengan taman atau kolam renang sehingga pemandangannya bagus. Lalu, jangan pilih yang dekat dengan akses pintu masuk karena kalian akan merasa bising. Selain bagus untuk keamanan, tinggal di apartemen lantai bawah aksesnya lebih mudah.

Tips Menjaga Keselamatan Anak di Apartemen

Setelah Kalian menemukan apartemen terbaik untuk keluarga, Kalian juga perlu memperhatikan faktor keamanan untuk sang buah hati.

1. Kabel dan kontak listrik
Kalian harus memperhatikan adanya kabel dan kontak listrik yang ada di rumah. Pastikan bahwa anak tidak akan menyentuk listrik. Sebaiknya, atur kabel listrik supaya tersembunyi dan anak tidak melihatnya. Lalu, tutupi kontak listrik supaya tidak dijangkau oleh anak. Jika anak sudah bisa diberikan pengertian, beri tahu anak bahwa dia tidak boleh menyentuh kontak listrik karena berbahaya.

2. Area berbahaya
Pastikan jendela apartemen selalu dalam keadaan terkunci sehingga aman. Agar lebih aman, Kalian bisa menambahkan gerbang atau jeruji di sekitar pintu dan jendela. Lalu, jika apartemen dilengkapi dengan fasilitas balkon, yang perlu memperhatikan tingkat keamanannya. Berikan jaring, atau gerbang kayu pada semua bukaan balkon. Selain itu, perhatikan posisi penempatan furniture. Sebaiknya, letakkan furniture yang jauh dari pinggiran balkon. Biasanya anak senang memanjat furniture tersebut. Kalian juga harus selalu mengawasi anak ketika berada di balkon.

3. Orang asing
Kebanyakan orang tua mengajarkan anak untuk tidak berbicara dengan orang yang tak dikenal. Akan tetapi, larangan ini seringkali membuat anak merasa bingung dan dilema. Daripada melakukan larangan tersebut , sebaiknya Kalian memperkenalkan anak ke semua tetangga di apartemen. Hal ini perlu dilakukan agar si kecil bisa membedakan mana yang menjadi tetangganya dan mana yang bukan. Bahaya orang yang tak dikenal perlu diwaspadai karena saat ini banyak kasus penculikan. Lebih baik melakukan pencegahan sebelum hal buruk terjadi. Kalian juga harus selalu melakukan pengawasan ketika anak bermain di taman bermain. Jangan biarkan anak bermain sendiri.

Tinggal di apartemen bersama keluarga bisa menjadi solusi terbaik. Kalian dan keluarga tetap akan mendapatkan kenyamanan asalkan tahu bagaimana cara mencari apartemen terbaik. Perhatikan fasilitas yang dimiliki oleh apartemen tersebut. Jangan mudah tergoda dengan rayuan marketing apartemen. Pilihlah apartemen yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah, bagaimana menurut kalian? Apakah masih berminat membeli Apartemen. Semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat buat kalian yang sedang mencari Apartemen terbaik untuk dijadikan tempat tinggal ya.

Salam Cantik,

Lita Chan Lai

24 Responses
  • Desi Namora
    Januari 4, 2019

    Sampe skrg belum kepikiran utk tinggal di apartemen. tp setelah bc artikelnya, tinggal di apartemen jd lumayan berkurang takutnya. bebannya ketemu org asing di gedung yang gedeee itu. apalagi aq biasa sendirian hehehe

  • Mechta
    April 7, 2019

    Wah ..jadi pengen ngerasain tinggal di apartemen juga nih.. trims utk tips memilih apartemen ini ya .. ikutan nyatet deh..

  • HM Zwan
    April 7, 2019

    Pilih apartemen ini seperti pilih rumah ya, cari lo asi yang strategis plus fasilitas yang sesuai dengan apa yang kita mau.

  • Reyne Raea (Rey)
    April 8, 2019

    Wah iya juga yaaa…
    Sebenarnya paling enak di lantai tinggi, tapi juga beneran bikin deg-degan kalau ada anak ya.
    Memang lebih aman kalau di lantai paling bawah, asal dekat taman gitu ya.

    Btw intip website rumahdijual.com, jadi mupeng juga deh 😀

  • Lidya
    April 8, 2019

    Cari referensi yang oke y aLit, jadi gak terjebak saat piih apartemen. Kalau aku sukanya yang punay fasilitas olahraga lengkap, keamanan pastinya ya, yang paling penting lokasinya strategis. Buat aku yg orang rumahan (kalau gak ada aktivitas) aku mau banget tinggal di apartemen

  • Helena Magdalena
    April 8, 2019

    Apartemen bisa dijadikan investasi juga nih buat disewakan. ikut nyatet tipsnya 🙂

  • indah nuria
    April 8, 2019

    aku masih cinta rumah Mba, but why not having apartment if you have extra, right? The good thing about apartment is it is compact and usually it has strategic location.

  • susie ncuss
    April 8, 2019

    Jangan lupa dicek legalitas apartemennya ya mbak…
    dan liat juga track record developernya,
    banyak banget apartemen yang ternyata lahannya masih sengketa 😀

  • Dewi Sulistiawaty
    April 8, 2019

    Wah, apartment lagi happening sekarang ya. Kalo dulu anak muda suka nyari kos kosan, kalo anak zaman now carinya apartment.
    Soalnya udah banyak juga sih ya, apartment nya juga ada yang murah dengan fasilitas yang lengkap 🙂

  • Nurul Fitri Fatkhani
    April 8, 2019

    Sekarang semakin banyak apartemen dibangun, demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin punya tempat tinggal yang strategis ya…
    Kalau saya sendiri, untuk saat ini masih belum kepikiran tinggal di apartemen. Lebih memilih di rumah biasa aja, meskipun minimalis hehehe

  • Keke Naima
    April 8, 2019

    Kayaknya memang boleh juga mempertimbangkan untuk memiliki apartemen. Apalagi sekarang lahan untuk rumah semakin terbatas

  • Sekar
    April 8, 2019

    Saya sebetulnya pengin banget punya satu apartemen pribadi yang khusus buat tempat tinggal tambahan kalau lagi liburan sama keluarga. Cuma, saya masih suka parno dgn gempa. Kayak kekhawatiran berlebihan dan bayangan yang enggak-enggak tentang gedung tinggi yang tiba-tiba berguncang terus roboh. Na’udzubillaaaaah. Padahal ya nggak gitu juga kan. Mudah-mudahan Allah kasih rezeki punya apartemen baru buat investasi. Aamiin.

  • Hidayah Sulistyowati
    April 8, 2019

    Sekarang makin banyak orang yang memilih tinggal di apartemen ya mbak. Di samping lebih praktis, keamanan pun terjaga. Nah yang penting memang kudu cari referensi orang yang pernah tinggal di apartemen.

  • Kurnia amelia
    April 8, 2019

    Kalau banyak duit aku pengen juga punya apartemen selain rumah soale fasilitas apartemen pasti lebih lengkap yes, cuma ya gitu biaya tambahan perbulannya suka mahal huhu.

  • Elly Nurul
    April 9, 2019

    Apartmen sekarang lebih nyaman dan aman ya mba, fasilitasnya sudah cukup baik juga.. tapi ya memang harus disesuikan dengan kebutuhan, untuk tempat tinggal saya masih belum.. tapi untuk investasi boleh banget nih mba

  • Astin Astanti
    April 9, 2019

    Kebutuhan dan gaya hidup kian membuat pertimbuhan tempat tinggal makin pesat ya. Selain perumahan, apartemen menjadi pilihan tempat tinggal. Ada banyak pilihan apartment yang berlomba memberikan fasikitas menarik. Kalau saya juga lebih memperhatikan faktor keamanan, kalau mau tinggal di apartemen. Terutama jendelanya, apakah menggunakan pengaman berlapis atau kita musti mengeluarkan dana lagi untuk memberikan perlindungan. Soalnya anak anak masih kecil, harus ekstra pengawasan

  • lendyagasshi
    April 9, 2019

    Menarik sekali tinggal di apartemen…
    Tapi asa ada yang kurang yaa…hehhehe…belum terbiasa dengan lingkungan sosialisasi yang seperti itu.
    Menjamurnya apartemen di kota-kota besar memang bisa menjadi salah satu alternatif untuk tetap dekat dengan pusat kota.

  • Nunung Nurlaela
    April 9, 2019

    Memang kalau di kota besar paling enak do apartemen ya. Apalagi lengkap fasilitas dan tempat umum. Btw, saya baru tau mbak kalau pilih apartemen sebaiknya di lantai bawah. Lebih aman pastinya ya apalagi ada anak-anak. Makasih tipsnya, ya

  • Siti hairul
    April 9, 2019

    Pengen punya apartemen buat investasi. Apalagi setelah ngeliat tayangan apartemen mewahnya suaminya Syahrini, auto mupeng hahahaha

  • Rosanna Simanjuntak
    April 9, 2019

    Tinggal di apartemen memang punya plus minus ya, mba

    Tapi biasanya daya tarik lokasi apartemen yang strategis itulah sering jadi pertimbangan agar orang membeli atau menyewanya

    Mahal sedikit tak mengapa, orang-orang rela, demi kenyamanan dan lokasi strategis

  • Zia
    April 9, 2019

    Untuk yang cari hunian di tengah kota memang apartrment ini jadi incara yang pas. Buat boyong keluarga harus ada beberapa hal yang diperhatikan. Makasih ya udah diulas, kan jadi bisa lebih kepikiran apa aja yang harus dipertimbangkan.

  • Anne Adzkia
    April 9, 2019

    Saya punya pengalaman buruk dengan jual beli apartemen ini. Jadi apartemen yg kubeli sampai sekarang bermasalah. Semoga di apartemen lain, proses jual belinya lancar.

  • April
    April 9, 2019

    Aku tu pengen banget YaAllah punya apartemen biat bisa inves, terutama yg deket kantor atau kampus. Emang harus pikir masak2 sblm beli ya soalnya krn kepemilikan apartemen kan gk kyk rumah tapak. Makanya msh mikir2 hehe.

  • Diyanika
    April 9, 2019

    Sebenarnya kita mau tinggal di mana saja itu masing-masing punya resiko ya, Mbak. Kalaupun aku punya kesempatan untuk tinggal di apartemen, poin-poin yang Mbak sebutlan di atas betul semua. Aku pasti akan memilih apartrmen yang ada taman bermain, dekat pusat perbelanjaan, di lantai bawah, terus memastikan juga tetangganya seperti apa. Tapi, kalau di apartemen pintunya ketutup terus kok ya.

    Oiya, aku jaid ingt cerita saudaraku yang jadi TKW di Hongkong kan tinggal di apartemen bosnya, hiiiii, waktu ada badai, apartemennya berasa goyang-goyang. Ikutan ngeri-nheri sedap. Tapi, alhamdulillh semua aman jaya

Tinggalkan Balasan ke Rosanna Simanjuntak Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *