Berjalan Kaki Pagi Hari Banyak Manfaatnya Lho…

by

Halo Petualang Cantik,

Apakabar pagi ini? Pastinya sehat selalu ya. Sekarang aku senang sekali jalan pagi lho…, maunya sih lari biar lebih terasa lagi ke badan tapi emang dasar saya malas gerak makanya aku pilih jalan kaki aja di pagi hari. manfaatnya banyak kok, nanti kita akan bahas semua manfaat jalan pagi untuk kesehatan. Tapi yang penting dengan jalan di pagi hari membuat kita semangat untuk bangun pagi, melakukan ibadah sholat subuh, menyempatkan diri untuk membaca Al-quran, menyiapkan sarapan dan membersihkan rumah dan masih banyak lagi hal-hal yang bermanfaat bisa kita lakukan dipagi hari.

Ngomong-ngomong jalan pagi, ini adalah kebiasaan yang sering Alm. Mama lakukan, dan ini menularkan kepada kami anak-anaknya. Saat pagi hari mama sering mengajak kami berjalan kaki sambil bercerita tentang segala hal. Waktu bersama dengan keluarga lebih berkualitas dibanding waktu yang lain. Walau hanya berjalan kaki, ternyata banyak sekali manfaatnya buat tubuh kita.

Berikut adalah 20 manfaat jalan kaki di pagi hari :

  1. Mencegah osteoporosis– Kesehatan tulang tidak hanya membutuhkan kalsium, melainkan juga membutuhkan gerakan badan dengan berjalan kaki kurang lebih 1000 langkah setiap hari dan sinar matahari pagi setidaknya 15 menit sehari. Apabila jalan pagi ini dilakukan secara rutin, maka tulang kita akan bertahan lebih lama dari ancaman osteoporosis.
  2. Menguatkan otot – Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat otot kaki, paha termasuk bokong menjadi kuat bahkan mampu meningkatkan daya tahan otot karena badan yang bergerak, sehingga stamina tubuh akan terjaga.
  3. Menurunkan Berat badan – Berat badan yang berlebihan adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh sebagian besar orang. Selain bisa membuat penampilan menjadi tidak menarik, namun juga memiliki potensi tubuh terjangkiti dengan penyakit-penyakit kronis.
  4. Melancarkan sirkulasi darah – Berjalan kaki di pagi hari juga berfungsi sebagai latihan yang mampu mempercepat detak jantung hingga memompa darah ke seluruh tubuh .
  5. Mengontrol gula darah – Tidak hanya mengkonsumsi buah dan sayur, orang yang latihan di pagi hari termasuk jalan kaki, mampu menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.
  6. Menjaga kesehatan jantung– Serangan jantung adalah penyakit yang sering menyebabkan kematian bagi penderitanya. Terang saja, sebab jantung sendiri merupakan inti dari sistem tubuh manusia yang memiliki peran untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, siapa saja akan rela melakukan apapun untuk mengobatinya.
  7. Menyehatkan paru-paru – Berjalan kaki dengan tempo yang cepat, akan baik untuk kesehatan paru-paru. Sebab, udara yang dihirup di pagi hari adalah bersih dan belum terkontaminasi oleh polusi asap
  8. Mencegah Diabetes – Jalan kaki setiap pagi secara rutin, mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil terjaga sehingga mampu mencegah datangnya penyakit diabetes.
  9. Menurunkan Tekanan Darah – Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat tekanan darah menjadi rendah dan mampu mengurangi kelengketan antar sel darah. Hal tersebut jika terjadi, bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah.
  10. Menurunkan Kolesterol – Saat tubuh bergerak pada waktu berjalan kaki di pagi hari, maka kolesterol baik akan bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat.
  11. Mencegah Stroke– Studi terbaru menyatakan bahwa dengan berjalan kaki selama 20 jam dalam seminggu, mampu menurunkan resiko serangan stroke sebanyak 2/3 kali. Inilah yang menyebabkan orang pada zaman dulu hanya sedikit yang terkena stroke.
  12. Menjaga kebugaran dan Kekebalan Tubuh– Manfaat olahraga dengan berjalan kaki pagi, sebanyak 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernafasan. Dengan kondisi tubuh yang bugar, tentu saja hal itu akan berbanding lurus dengan peningkatan kekebalan tubuh.
  13. Meningkatkan metabolisme tubuh – Manfaat jalan kaki pagi  mampu membakar kalori pada tubuh sehingga metabolisme dapat meningkat, bahkan sekalipun saat sedang diam.
  14. Membakar lemak dalam tubuh – Dikatakan bahwa jalan kaki di pagi hari selama 20 menit tiap hari, akan membakar kurang lebih 7 pound lemak per 20 menit.
  15. Menghindari Jerawat –Bahkan jika berkeringat, kulit pori-pori akan terbuka dan dibersihkan yang hasilnya dalam beberapa hari saja akan membuat kulit tampak lebih sehat.
  16. Membantu Otak melepaskan hormon endorfin – Endorfin ini adalah hormon yang mengandung senyawa kimia yang mampu membuat seseorang merasa senang.
  17. Meningkatkan kekuatan konsentrasi Dengan berjalan kaki di pagi hari membuat kita akan lebih waspada. Hal ini mengoptimalkan kekuatan otak untuk semakin berkonsentrasi.
  18. Seperti Melakukan Meditasi – Memperbaiki kesehatan kaki di pagi hari sama halnya dengan meditasi. Angin segar mampu melepaskan energi positif dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi karena mampu mengatasi depresi inilah, maka kesehatan mental menjadi lebih baik.
  19. Mencegah Pikun– Masalah kepikunan sendiri banyak mempengaruhi orang yang memiliki usia diatas 65 tahun. Jika rutin berjalan kaki di pagi hari, maka secara fisik akan mampu melindungi fungsi otak dan mampu mengurangi resiko pikun hingga 40%.
  20. Menjaga kualitas tidur yang baik– Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menunjukkan bahwa olah raga yang dilakukan pada pagi hari membantu kenyenyakan tidur pada malam hari.

Udah jelas kan manfaat dari berjalan kaki di pagi hari. Nah, kalau urusan jalan kaki aja bikin sehat bagaimana dengan pakaian dan hijab yang kita gunakan. Pastinya kalian ga pengen ribet kan? Mencari hijab yang nyaman di pake dan praktis emang kayanya perlu deh kamu kepoin Instagramnya Aruna Creative.

Desain hijab yang Aruna punya emang nyaman banget untuk berjalan kaki di pagi hari. kainnya mudah menyerab keringat dan modelnya stylish banget. Karena aku baru saja berhijab, pengen sekali tampilan hijabku keren dan kelihatan elegan. Kalau menggunakan pasmina suka susah untuk melilitkannya tapi dengan Pasmina Instan dari Aruna bikin tampilan saya tidak kelihatan seperti baru mengenakan Hijab. Bisa dibilang hampir sempurna menggunakan menggunakan hijab model pasmina dan aku suka banget. Kalau kamu bagaimana?

(info via http://manfaat.co.id)

10 Responses
  • Ety Budiharjo
    Juli 15, 2017

    aku juga mulai membiasakan diri jalan kaki. Badan jadi lebih enteng gituuu…

    • Petualang Cantik
      Juli 17, 2017

      mba ety…kalau bisa jalan paginya tanpa alas kaki. cepet banget lho terasa sirkulasi darahnya.

  • Andri
    Juli 16, 2017

    Pantesan gue sering lupa, mungkin karena kirang jalan kaki….he…he…

  • Astri Damayanti
    Juli 16, 2017

    Masalah gue adalah susah bangun pagi

  • Intan Rastini
    Juli 17, 2017

    Berjalan kaki 1000 langkah itu berapa kilo meter ya? Atau berapa lama harus berjalan kaki?
    Kalau untuk mencegah strike disarankan berjalan kaki 20 jam per minggu itu hampir 3 jam ler hari lho!

    • Petualang Cantik
      Juli 17, 2017

      langkah orang beda2. tapi kalau aku sih siapkan waktu 30 jalan kaki dan 5 menit jalan cepat.

  • Yati Rachmat
    Juli 17, 2017

    Kalau sedang di Pamulang, bunda seringkali (gak selalu) jalan kaki muter aja tanpa maksud yang jelas. Yang pentingj jalan mulai dari Gang 13/Barat menyusuri Gang, 12, 11, 10, 9 lanjut nyebrang ke Gang bagian Timur menyusuri Gang-gang yang sama bagian timur, langsung pulang ke Gang 13. Gak terasa lelah, tapi cukup berkeringat karena sambil dibawa zikir. Tapi kalo di rumah anak-anak, terpaksa jalan ditempat aja selama 15 or 20 menitan. Memang badan terasa segar.

    • Petualang Cantik
      Juli 17, 2017

      wah, bunda keren banget. ternyata jalan sambil dzikir nikmat sekali ya bunda.

Tinggalkan Balasan ke Intan Rastini Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *