Sinar Mas dan Pandemi Covid19

by

Halo Sobat Petualang Cantik, Tahukah kalian, bagaimana bangsa Indonesia dalam mengatasi pandemi yang sekarang ini menyerang Negara kita? Mumpung masih dalam rangka hari kemerdekaan RI ke -76, yuk kita cari tahu informasinya bersama Sinar Mas.  Kita tahu bahwa tingkat kematian akibat Virus Covid19 di Indonesia akhir-akhir ini semakin tinggi, meskipun yang berhasil sembuh juga banyak. Namun Indonesia tidak bisa berdiam saja melihat hal ini. Kita perlu berjuang melawan serangan yang tidak kasat mata ini.  Sinar Mas yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI telah membantu pemerintah dalam menangani Pandemi Covid19. Kita semua senang mendapatkan kabar seperti ini, semoga pihak-pihak lain juga bersatu dalam mengatasi wabah Covid19, bukankah di Indonesia banyak perusahaan besar yang mapan dalam melakukan hal ini. Karena tidak semua perusahaan yang terpuruk dengan adanya pandemi ini.  Sejak awal pandemi merebak di Indonesia, Sinar Mas langsung bergerak cepat terjun ke masyarakat dengan mengusung berbagai program dan bantuan yang disalurkan oleh Sinar Mas melalui pilar-pilar usahanya.  Dalam mengatasi dan menekan penyebaran Covid19, pemerintah melakukan berbagai upaya seperti PPKM dan yang melakukan vaksinasi kepada warga negaranya. Hal yang dilakukan pemerintah lumayan membantu dalam penurunan Covid19. Dan baru-baru ini, Sinar Mas melalui organisasi nirlaba Eka Tjipta Foundation (ETF) bekerjasam dengan alumni Kolese Kanisius menyelenggarakan vaksinansi missal bertajuk Vaksinasi Kanisius.  Sebelumnya, Sinar Mas juga turut bekerjasama dengan pemerintah menghadirkan program Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawan. Pilar usaha Sinar Mas yang turut bergabung dalam program vaksinasi gotong royong adalah Sinar Mas Agribusiness and Food dan Asia Pulp & Paper Sinar Mas. Ada 3.000 karyawan yang disuntikkan secara bertahap oleh Sinar Mas Agribusiness and Food sementara PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk secara bergelombang akan memvaksin 4.000 karyawan. Selain ikut andil dalam berbagai program vaksinasi, Sinar Mas juga turut memberikan donasi peralatan medis berupa ribuan ton liquid oxygen dan puluhan ribu oxygen concentrators (OC). Pengadaan stok oksigen sebanyak 1.200 ton per bulan bukanlah main-main. Bantuan OC tersebut ditujukan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kemudian bantuan tersebut akan disalurkan ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Tanah Air.   Wah, ini benar-benar membantu masyarakat dalam mengatasi kelangkaan oxygen di Indonesia. Semua orang tahu bagaimana sulitnya mencari oksigen, kita bisa lihat di televisi dan sosmed betapa banyak keluarga penderita covid19 dan non covid19 antri demi mendapatkan oksigen. Bahkan keluarga, teman-teman dan tetangga di lingkungan juga merasakan kelangkaan oksigen. Sedih sekali rasanya melihat orang-orang terdekat tumbang melawan ganasnya virus covid19. Kita doakan mereka pergi dalam keadaan husnul khotimah.   Kita semua tidak rela pandemi ini terus menyerang. Ekonomi kita terpuruk, banyak karyawan yang di PHK akibat perusahaan merosot tajam. Untuk mencari makan juga kita semua sangat kesulitan. Beruntunglah para ASN dan karyawan yang masih bisa mendapatkan gaji bulanan.  Bagaimana dengan para pengusaha kecil, UMKM, dan pedagang kecil. Mereka inilah yang sangat berdampak dengan kehidupannya sehari-hari. mereka tidak bebas berdagang karena ada pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah dalam menekan laju penularan covid19.  Untuk itu Sinar Mas mempelopori gerakan donasi lintas sektor Industri yang berada dibawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang disalurkan melalui Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia. Gerakan tersebut dinamakan Pengusaha Peduli NKRI.  Ketua Umum KADIN Indonesia, yaitu Arjad Rasjid mengapresiasikan aksi bersama yang telah berlangsung secara resmi. “ Di mana solidaritas berikut kepedulian terhadap sesama tetap terpelihara meskipun sector usaha juga tengah bertahan dari imbas pandemi,” ujarnya yang berharap bantuan ini selain dapat memperkuat daya tahan masyarakat menghadapi pandemi juga turut menggugah perusahaan lain untuk ikut bergabung.  Sampai saat ini perusahaan yang bergabung dalam donasi ini adalah Sinar Mas, Agung Sedayu Group, Astra International, Djarum Foundation , PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Intisumber Bajasakti. First Resources Ltd, Putera Sampoerna Foundation, PT Sampoerna Argo Tbk, Panin Group, Triputra Group, KPN Corp, GAN Konsulindo, PT Garudafood Putri Jaya Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Permata Hijau Group, PT Samudra Marine Indonesia serta PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.  Total donasi yang telah terkumpul dari Pengusaha Peduli NKRI telah mencapai lebih dari Rp. 650 miliar. Jumlah tersebut melampaui target yang dicanangkan , yaitu sebesar Rp. 500 miliar. Bantuan tersebar ke 358 institusi dan 1.080 rumah sakit serta puskesmas di Jabodetabek dan 26 provinsi lain di Indonesia.  Kali ini Pengusaha Peduli NKRI dan Kadin Indonesia bersama Yayasan Budha Tzu Chi kembali menggalang dana untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid19. Mereka sacara bertahap mendonasikan 35.000 ton beras , ribuan OC dan sejumlah obat-obatan seperti Gammaraas, Ramdesivir serta Actemra untuk pasien Covid19.  Penyaluran bantuan, menurut Pembina Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Sinar Mas yang juga wakil Ketua Umum Eka Tjipta Foundation, Hong Tjhin, akan melibatkan para relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di berbagai wilayah dengan dukungan aparat TNI-Polri. “ Bantuan beras adalah kelanjutan dari yang berlangsung sejak perayaan Imlek Nasional bulan Februari silam hingga kini. Karena pandemi harus dihadapi dengan kesatuan hati dan kebersamaan semua pihak , “ ujarnya saat terbatas- karena pertimbangan protokol kesehatan yang dihadiri juga oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.  Keseluruhan bantuan yang telah diberikan oleh Sinar Mas merupakan langkah baik yang perlu dilakukan oleh pihak lain.. Mumpung momen hari kemerdekaan RI yang ke-76, sepatutnya kita bersama-sama berjuang bersama semua elemen masyarakat, pihak swasta dan pemerintah dan harus saling bergandengan tangan untuk menyelesaikan masalah pandemi di dalam negeri Semoga kepedulian yang telah dilakukan tersebut bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dalam merebut kembali kemerdekaan yang kita miliki sebelumnya.  Salam Merdeka…!

 

 

17 Responses
  • Dina Amalia
    September 4, 2021

    Kepedulian yang keren banget. Berjuang bersama sama demi Bangsa Tercinta ini. Tetep semangat.

  • Nurul Rahma
    September 4, 2021

    Luar biasa ya Mba, kepedulian Sinarmas
    dan semoga korporasi lain juga memiliki concern serupa.
    pandemi ini emang memukul banyak pihak.

  • Mechta
    September 4, 2021

    Salut utk Sinar Mas ya..programnya keren. Semoga semua bantuan tepat sasaran dan tepat manfaat..

  • Maria Soemitro
    September 4, 2021

    hebat ya Sinar Mas?

    selalu yang terdepan membantu saat Indonesia mengalami bencana

    termasuk sekarang, saat pandemi Covid 19

    tanpaa bantuan, pemerintah gak bisa kerja sendirian

  • Santi Dewi
    September 4, 2021

    Dalam mengatasi pandemi covid ini, pemerintah tdk bisa berjalan sendiri, butuh bantuan dari swasta. Alhamdulillah sinar mas ikut membantu ya mba…

  • Diah Alsa
    September 5, 2021

    salut ya buat aksi cepat tanggapnya Sinar Mas ini
    Pemerintah memang butuh dukungan swasta juga agar bisa bekerja dengan lebih baik lagi untuk mengatasi masalah besar ini.

  • Moch. Ferry
    September 5, 2021

    Sinar Mas dengan berbagai aktifitas penanganan pandeminya cukup diapresiasi positif sehingga mendukung upaya penanganan covid

  • Dian Restu Agustina
    September 5, 2021

    Senang sekali atas inisiatif Sinar Mas akan dampak pandemi Covid ini. Sebuah kepedulian yang patut diapresiasi dan semoga diikuti perusahaan dan pihak lainnya. Sehingga akan lebih banyak yang terbantu nantinya

  • Wahid Priyono
    September 5, 2021

    Ikut bahagia, keluarga sinar mas ternyata masih bersemangat sama-sama gotong royong untuk donor plasma covalensi. Keren deh, semua gotong royong, semua tertolong.

  • YSalma
    September 5, 2021

    Keren sekali program yang dilakukan Sinar Mas dalam membantu menanggulangi C-19.
    Karyawan sehat, lingkungan kerja jadi kondusif, maka perusahaan juga tetap sehat.
    Semoga perusahaan-perusahaan lain juga melakukan hal yang sama, dan kita masyarakat taat dengan prokes.

  • Inda Chakim
    September 6, 2021

    Terima kasih banyak Sinarmas, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, dan lainnya, telah memberikan bantuan ke masyarkat yang membutuhkan. Semoga ini menjadi inspirasi bagi lainnya

  • Sovi Nur Wakhidah
    September 6, 2021

    Masya Allah total donasinya mencapai 650 milyar, ya. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan. Keren nih Sinar Mas dan perusahaan-perusahaan lain yang terlibat dalam kolaborasi ini.

  • lendyagassi
    September 6, 2021

    Di saat semua keadaan sedang tidak baik karena pandemi, masih ada perusahaan yang mau membantu dengan segenap hati seperti Sinarmas dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.
    Semoga semakin banyak yang tertolong karena pemerataan bantuan sesuai kebutuhan.

  • Sri Widiyastuti
    September 6, 2021

    Alhamdulillah ya mbak, di masa pandemi ini memang harus ada kerjasama antar semua elemen bangsa ini ya, salah satunya adalah bantuan donasi yang diinisiasi oleh Sinar Mas. MasyaAllah dana bantuannya juga sudah disalurkan ke 26 provinsi di Indonesia. Moga dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat terdampak pandemi

  • Idah Ceris
    September 6, 2021

    Alhamdulillaah…Sinar mas geraknya cepat. Aku suka banget dengan sinergitas semacam ini. Untuk menurunkan angka kasus ini bukan hanya hanya tugas pemerintah saja ya, mbak. Tapi kita semuaaa

  • Aisyah Dian
    September 6, 2021

    Keren ya mbak sinar mas ini perduli banget dengan Masyarakat. Semoga Makin besar ya Sinar mas Ini biar terus bisa berbagi kebaikan terus

  • cindyvania
    September 9, 2021

    Luar biasa donasinya nggak tanggung2 ya Sinar Mas. banyak banget bantuan yg diberikan untuk yg membutuhkan. Semoga bisa terus membantu banyak org lagi 🙂

Tinggalkan Balasan ke Inda Chakim Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *