RW 13 Curug Bogor : Menyulap Bantaran Kali Menjadi Lingkungan Ramah Anak

by

Halo Petualang Cantik,

Lingkungan yang aman, nyaman, asri, ramah anak, dan memiliki tetangga yang baik hati pasti keinginan kita semua. Iya kan…ya iya lah, pasti banget itu. Anak punya teman bermain yang asyik, bapak punya teman ngobrol ya enak dan ibu punya teman bercerita yang cocok. Mau cari dimana itu? Susahkan cari lingkungan seperti itu deh. Sepertinya kita harus mencontoh RW 13, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat.

Tidak salah kalau Walikota Bogor, Bima Arya mengapresiasi RW 13 ini menjadi Lingkungan Percontohan bagi semua warga Khususnya di Kota Bogor dan Seluruh Indonesia. Saya pribadi menyaksikan langsung keramahan dan hasil dari kinerja Bapak M Himawan Satyaputra sebagai ketua RW 13. Beliau telah berhasil mengupayakan ini semua buat warga RW 13.

Lingkungan RW 13 ada 5 RT, dan 4 RT berada di dalam lingkungan Komplek Bogor Raya dan 1 RT berada di luar komplek, bisa dibilang desa sebelah komplek. Namun kelima RT itu sangat kompak di bawah Pimpinan RW 13. Melihat angka 13 saya agak-agak ngeri lihatnya, banyak orang menghindari angka tersebut, tapi Pak Himawan malah berhasil membangun wilayahnya dengan bagus.

Pasti penasaran apa sih yang dilakukakan oleh Pak Himawan ini. Oke…aku list satu persatu ya , ada dua hal yang berhasil dia lakukan dilingkungan RW 13 yaitu, pengadaan Fasilitas dan Program. Untuk fasilitas, RW 13 berhasil menyulap bantaran sungai Angke yang melintasi area RW 13 menjadi Arena bermain anak-anak dengan berbagai fasilitas seperti :

  1. Lapangan Olahraga (Sport Center)
  2. Wahana Bermain Outbond ( Flying Fox, Spider Web, Two Line Bridge)
  3. Saung Bamboo, untuk kegiatan belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Sunda
  4. Sarana penunjang lainnya ada Toilet Umum yang bersih, Mushola dan Tempat Wudhu.
  5. Untuk kebutuhan air bersih di arean ini diperoleh dari mata air yang tidak pernah surut meskipun di musim kemarau.
  6. Belajar Kesenian ( belajar wayang, belajar main aklung, belajar rebana, belajar nyanyi, dll)

Selain itu warga RW 13 juga membangun area khusus. Seperti :

  1. Budidaya ikan Lele
  2. Penangkaran burung berkicau seperti love bird dan parkit
  3. Saung Hydroponik, dikembangkan oleh warga untuk berbagai sayuran yang bermanfaat
  4. Penanaman pohon seperti hutan kecil untuk udara segar warga
  5. Untuk menjaga kualitas air dilikungan, warga secara intens melakukan penanam pohon baik di jalur boulevard ataupun di area bantaran kali, untuk pembuatan sumur resapan atau disebut biopori.

Selain fasilitas fisik, warga RW 13 secara bersama-sama mengembangkan sejumlah program untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat dan kondusif antara lain adalah :

  1. Pemberlakuan jam belajar anak setiap hari mulai pukul 19.00-21.00
  2. Program Bahasa Inggris dan Life Skills
  3. Serta Program Peduli Tetangga
  4. Jam Bebas Gadget

Wah, keren banget kan. Makanya Bima Arya , Walikota Bogor langsung datang mengunjungi RW 13, untuk beramah tamah dengan warga RW 13 dan melihat semua yang dimiliki oleh RW 13 untuk dijadikan Lingkungan Percontohan pada hari kamis, tanggal 25, Mei 2017. Kedatangannya Bima Arya di sambut oleh Lurah Curug, Wiwiek Rejatsiwi, SKM, MM, dengan penyerahan tumpeng di depan warga RW 15.

Ibu Lurah Wiwiek dan Suami

Ibu Lurah Wiwiek dan Suami

Wiwiek, Ibu Lurah yang terkenal Tomboy ini juga sangat mendukung kinerja yang dilakukan oleh RW 13. Dia juga menghimbau, agar warga yang lain bisa seperti ini. Warganya sangat kompak, bahkan RT yang berada di luar komplek juga ikut berbaur dengan warga komplek. Jarang-jarang lho orang komplek mau berbaur dan bekerjasama dalam membangun lingkungan mereka. Biasanya sih masing-masing aja, yang komplek dengan yang komplek yang desa dengan desanya, tapi ini ternyata tidak begitu. Pokoknya saya salut deh dengan kekompakan mereka.

“Kami warga RW 13, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, sungguh bersyukur bahwa Walikota Bogor Bapak Bima Arya memberikan atensi dan apresiasi atas apa yang kami lakukan dalam membangun lingkungan yang kondusif dan memeperhatikan kebutuhan perkembangan anak di lingkungan kami”, ujar Ketua RW 13, M Himawan Satyaputra.

Walikota Bogor, Bima Arya dan Keluarga

Walikota Bogor, Bima Arya dan Keluarga

Rencananya Bima Arya akan memberikan bantuan berupa sumbangan buku-buku bacaan untuk anak. Kedepannya warga berencana untuk mengembangkan sarana belajar anak dengan pemenuhan berbagai fasilitas termasuk buku bacaan dan buku pelajaran. “ Dengan dukungan dari Walikota dan jajarannya, kami semakin termotivasi untuk terus konsisten mengembangkan program yang bermanfaat bagi semua warga tanpa membeda-bedakan. Kami juga berharap ini dapat menginspirasi daerah-daerah lainnya sehingga betul-betul tercipta Kota Bogor yang sehat dan Kondusif bagi seluruh warga masyarakatnya”, Kata Pak RW 13.

Saya yang sengaja datang kelokasi Komplek Bogor Raya RW 13 menjadi kagum sekali dengan RW 13. Kapan ya lingkungan kita bisa seperti ini. Kayanya emang mindset kita harus berubah deh. Menciptakan sesuatu di lingkungan urban sulit sekali, tapi tidak ada salahnya kita mencontoh RW 13 untuk bisa seperti ini. Bagaimana dengan lingkungan teman-teman semua?adakah yang seperti ini? Wah bagus dong kalau begitu, semoga lingkungan kalian bisa seperti ini ya,  aman, nyaman, asri, ramah anak, dan memiliki tetangga yang baik. Kalau bukan kita yang mulai siapa lagi? kalau bukan kita yang lakukan siapa lagi? jadi dari kita bisa untuk kita lagi nantinya.

Ceremonial Penyerahan Tumpang

Ceremonial Penyerahan Tumpang

Makan-makan sudah, lihat-lihat sudah, kenalan sama bapak RW dan warga sudah. Nah, karena hari sudah semakin siang, saya undur diri dulu ya. Siapa tahu dijalan juga menemukan lingkungan seperti RW 13 ini. Oke deh…saya pamit untuk diri dulu ya. Besok-besok kalau ketemu hal seperti ini , kabari saya ya. Bye……

4 Responses
  • Lida
    Juni 4, 2017

    Keren nih Pak RW & warganya. Semoga aja ketularan ke RW lainnya, ada ruang publik yg bisa dimanfaatkan warga. Kayak tempat wisata berbayar aja gitu.

  • Febrianty rachma
    Juni 4, 2017

    Yang ga terpikir pasti adalah pemberlakuan jam belajar 19-21 keren banget idenya. Jadi orangtua bisa support anaknya masing2 untuk mendisiplinkan belajar. Kalau ada yg minta main pasti akan dijawab “temannya semua belajar” kondusif banget dong ya. Padahal deket dengan sungai. Sama program bahasa inggrisnya tuh oke banget. Layak deh jadi percontohan good job

  • Andri
    Juni 4, 2017

    Wah keren RW 13 ada program life skill dan waktu bebas gadget. Pasti yg bingung juga orang tua nya tuh

  • Ety Budiharjo
    Juni 4, 2017

    Boleh nih tiru buat sungai Ciliwung yak. Bagusnya emang kek gini er erwe jd gampang mantau nya…

Tinggalkan Balasan ke Ety Budiharjo Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *