Muhammadiyah Luncurkan MUVON, Media Dakwah Konvergensi Pertama di Indonesia

by

Halo Petulang Cantik,

Assalamu alaikum, Apakabar hari ini? pastinya sehat selalu ya. Saya dapat kabar terbaru dari Muhammadiyah. Bukan tentang penetapan 1 Ramadhan atau 1 Syawal ya , karena hari raya lebaran masih jauh.  Kabar Muhammadiyah adalah tentang Aplikasi terbaru yang menjadi wadah berkumpulnya seluruh informasi Muhammadiyah dalam Aplikasi yang dimiliki Muhammadiyah yang dapat terintegrasi ke semua aplikasi milik Muhammadiyah. Aplikasi ini bernama MUVON singkatan dari Muhammadiyah Vision, Aplikasi berbasis Muslim Digital Ekosistem.

Kamis (08/03/2018) yang lalu, Muhammadiyah melakukan acara sosialisasi di Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhamadiyah), Jl Menteng No. 62 Jakarta. Acara tersebut bertemakan “ Sosialisasi Konvergensi Media danIntegrasi Digital MUVON Ekosistem di Lingkungan Muhammadiyah”. Acara diselenggarakan oleh Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sesuai Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar, Majelis Pustaka dan Informasi mendapatkan amanah untuk membuat sebuah satu aplikasi yang menghimpun semua aplikasi yang banyak sekali dimiliki oleh Muhammadiyah. Untuk itu dihadirkanlah satu aplikasi yang bernama MUVON ini yang dapat terintegrasi kepada semua media aplikasi lainnya yang dimiliki Muhammadiyah untuk pengembangan misi dakwah dan amar mar’uf nahi mungkar, tercepat dan menjadikan masyarakat Indonesia yang berdaulat.

Wah, ini beneran pertama di Indonesia organisasi muslim terbesar membuat program dakwahnya melalui aplikasi berbasis muslim digital ekosistem ini. MUVON adalah sistem informasi yang mencakup perkembangan Pustaka dan Informasi terintegrasi dan masif sebagai misi pengembangan persyariatan sebagai corong dakwah Muhammadiyah kepada umat.

Apa saja yang ada dalam aplikasi MUVON ini? yuk kita kepoin aplikasinya. Untuk bisa tahu tentang MUVON, pastinya download dulu aplikasi di Play Store yang ada di Smartphone kita. Wah ternyata dalam aplikasi MUVON ada 30 aplikasi yang akan terintegrasi ke masing-masing aplikasi yang dimiliki Muhammadiyah. Apa yang sih aplikasi miliki Muhammadiyah itu?

 

Kita jabarkan satu persatu ya ;

  1. TVMU

Layanan TVMU pada MUVON menyajikan channel-channel muslim terbaik di seluruh dunia

  1. CJMU

Layanan CJMU (Citizen Journalism) memungkinan untuk melakukan LIVE Broadcast dari manapun pengguna MUVON berada langsung dari HP

  1. VIDEOMU

Videomu adalah layanan dimanan pengguna bisa mengunggah video sesuai dengan klasifikasi judul video

  1. RADIOMU

RADIOMU pada MUVON adalah layanan dimana penggunan dapat mendengarkan RADIO Muslim dimanapun pengguna berada

  1. KABARMU

KABARMU adalah kabar terkini Muhammadiyah dari portal-portal berita online Muhammadiyah

  1. PUSTAKAMU

PUSTAKAMU adalah layanan perpustakaan Digital, dimana pengguna dapat membaca dan menyimpan buku sesuai judul yang diinginkan

  1. FATWAMU

FATWAMU  adalah layanan yang akan memberikan informasi mengenai tafsiran pada masalah yang berkaitan dengan hukum Islam yang dihadapi kehidupan sehari-hari

  1. KAMPUSMU

KAMPUSMU adalah layanan yang dapat digunakan oleh mahasiswa/I dalam kegiatan kampus sehari-hari, antara lain jadwal kuliah, pembayaran semester, buku dan lainnya. Selain itu KAMPUSMU juga dapat melihat nilai, sehingga orangtua dapat memantau prestasi anak di kampus

  1. SEKOLAHMU

SEKOLAHMU adalah layanan yang dapat digunakan siswa siswi untuk melihat info seputar sekolah. Selain itu orangtua murid dapat menggunakan layanan ini untuk memantau perkembangan pelajaran anak di sekolah

  1. LAZISMU

LAZISMU adalah layanan untuk pembayaran zakat. Di dalam layanan LAZISMU akan dijelaskan perhitungan akurat Risalah Zakat, baik zakat penghasilan, zakat emas, zakat peternakan, zakat pertanian, zakat usaha/niaga dan zakat lainnya

  1. MASJIMU

MASJIDMU adalah panduan yang membantu pengguna dalam kegiatan ibadah sehari-hari, diaman pun pengguna berada

  1. MUVONPAY

MUVON PAY adalah layanan yang dapat digunakan sebagai alat transaksi, untuk berbagai macam pembayaran

  1. SEMBAKOMU

SEMBAKOMU adalah toko yang menjual segala kebutuhan pokok rumah tangga dengan barang yang berkualitas dan keuntungan berlipat bagi pengguna layanan SEMBAKOMU

  1. BANKMU

BANKMU adalah layanan perbankan syariah yang dihadirkan MUVON untuk menjawab segala masalah transaksi halal umat

  1. KOPERASIMU

KOPERASIMU adalah layanan dimana pengguna dapat menjadi anggota koperasi dengan konsep syariah. Pengguna juga dapat melihat laporan neraca rugi laba dan laporan bagi hasil antara anggota dengan koperasi

  1. PASARMU

PASARMU adalah lapak penjualanbarang dengan berbagai macam kategori. Selain dapat menjadi pembeli, pengguna juga dapat berjualan pada lapak PASARMU

  1. JOBSMU

JOBSMU pada MUVON akan memberikan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan pengguna MUVON. Pengguna dapat langsung mengirim CV langsung kepada  perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan

  1. TRAVELMU

TRAVELMU memberikan paket halal tour dan juga umroh haji dengan penawaran yang menarik bagi pengguna MUVON

  1. E-LearningMU

E-LearningMU adalah layanan kursus online dengan beragam materi, seperti kursus Photography, kursus Bahasa Inggris, Kursus menulis dan masih banyak lagi. Pengguna MUVON juga dapat menjadi pengajar pada layanan E-LearningMU

  1. PROMOMU

PROMOMU akan memberikan promo-promo yang menarik bagi pengguna MOVON. Promo akan diberikan dari restaurant dan tempat wisata. Pelanggan juga akan mengetahui jarak tempuh dari lokasi pelanggan ke tempat yang memberi promo

  1. DONASIMU

DONASIMU adalah layanan dimana pengguna MUVON dapat memberikan bantuan untuk pengguna MUVON yang membutuhkan bantuan

  1. CINEMAMU

CINEMAMU akan memberikan film-film religi yang tayang di cinema dengan kualitas yang maksimal

  1. HOSPITALMU

HOSPITALMU adalah layanan yang akan diberikan kepada pasien rumah sakit. Pengguna MUVON dapat mendaftar nomer antrian dokter dari rumah. Pengguna juga dapat melihat jadwal dokter yang sedang praktik, selain itu HOSPITALMU dapat merekam data medik pasien

  1. SIAGAMU

SIAGAMU adalah layanan yang dapat membantu korban bencana. Pengguna dapat melaporkan kejadian bencana yang terjadi disekitarnya, lalu laporan akan diteruskan ke admin untuk mengirim bantuan ke korban secara langsung

Itulah beberapa layanan aplikasi yang ada di dalam aplikasi MUVON. Partner yang bergabung dengan MUVON adalah : Paypro, TMB, Mandiri syariah, Adira , Indosat, Telkomsel, Sismart , BNI Syariah, Finnet, dan lainnya.

Profesor Dr Dadang Kahmad, M.Si . mengajak semua masyarakat khususnya warga Muhammadiyah untuk memanfaatkan aplikasi MUVON ini semaksimal mungkin. “ Saya harap semua Majelis dan amal usaha Muhammadiyah dapat bergabung karena ini merupakan salah satu bentuk sebuah aplikasi digital yang memang mungkin sekarang ini merupakan sistem yang sangat baik dan benar. Kita sebagai lembaga dakwah, kita ingin membanjiri informasi yang baik dan benar. Koordinasi informasi itu sebaiknya kita yang kuasai, tidak oleh orang lain yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dari segi kebenaran. Kita berprinsip mencerdaskan bangsa. Kemudian kita ingin merubah opini masyarakat yang baik. Merubah sikap yang kodusip terhadap kehidupan dan merubah prilaku. Dakwah kita akan lebih efektif dengan menghadirkan media-media yang kita miliki”, ungkap Profesor Dr Dadang Kahmad, M.Si dalam sambutannya.

Kemudian dilanjut dengan sambutan dan penjelasan dari Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah. “Tidak mudah melakukan Kovergensi ini tanpa kerjasama yang dari semuanya. Cara yang paling baik adalah kemitraan dan kerjasama  dan khasnya Indonesia adalah gotong royong. Untuk itu Majelis Pustaka dan Informasi melalui TVMU mencoba mengembangkan dan mengimplementasikan program-program media tersebut agar segera terwujud dan mengedalikan informasinya yang baik-baik. Berharap dengan adanya MUVON ini akan menjadi mandiri dan berdaulat dalam pengelolaan data. Ini penting sekali karena data adalah asset yang paling berharga”, kata Edi, Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah.

Acara dilanjut dengan pemberian Smartphone yang sudah memiliki semua aplikasi MUVON yang terintegrasi ke aplikasi-aplikasi miliki Muhammadiyah. Jadi dengan Smartphone ini, pengguna tidak perlu lagi mendownload aplikasi MUVON dan aplikasi lainnya. Masing-masing perwakilan Majelis akan mendapatkan Smartphone MUVON ini.

Acara sosialisasi ini rencana ada diadakan di Yogyakarta. Nah, buat warga Muhammadiyah yang sedang di Yogyakarta bisa langsung menyaksikan acara peluncuran tersebut. Semua masyarakat penting sekali untuk mendapatkan informasi ini. semua kegiatan yang terhubung dengan Muhammadiyah akan mudah didapat lewat Aplikasi MUVON. Yuk, kita gunakan aplikasi MUVON ini untuk kebutuhan kita semua.

18 Responses
  • Adriana Diana
    Maret 11, 2018

    Keren banget ya Muhammadiyah, sampai memproduksi smartphone Muvon loh. Yang namanya perkembangan teknologi tuh nggak bisa diabaikan ya Mbaaak

  • Ono
    Maret 27, 2018

    Selamat ya Muvon, semoga berkah untuk umat…

  • Satto Raji
    Maret 27, 2018

    Waaahhhh sekarang sudah ada HP yang sudah terinstal applikasi MUVON ya?

    Makin keren nih,..

  • Oline
    Maret 27, 2018

    Wah keren nih, semua all in one, segala yang kita butuhkan ada disitu ya

  • dewi puspa
    Maret 27, 2018

    Idenya bagus juga, melakukan dakwah dengan mobile apps.

  • rizki rakhmat
    Maret 27, 2018

    selain kita ternyata ada aplikasi muvon yaa

  • Agung Han
    Maret 29, 2018

    Muhammadiyah makin keren, menyesuaikan jaman

  • Catcilku
    Maret 29, 2018

    Keren dan komplit banget ya mbak aplikainya

  • Marga
    Maret 29, 2018

    Mantap nih. Semoga aplikasi ini bawa berkah

  • Maria Soraya
    Maret 30, 2018

    diantara organisasi islam lainnya, muhammadiyah memang selalu selangkah lebih maju (keluarga simbahku di pekalongan itu muhammadiyah fanatik), salut dengan adanya aplikasi muvon termasuk hengfonnya … aku mau share ah ke mamahku info ini

  • Dede Ariyanto
    Maret 30, 2018

    Muhammadiyah selalu maju yah dengan program-programnya yang melek digital. Ada Muhammadiyah TV dan sekarang ada apps muvon. Amazing banget deh.

  • Wian
    Maret 30, 2018

    Aplikasinya lengkap sekaliii…

  • Andri Mastiyanto
    Maret 31, 2018

    Wah dahwah versi digital…. Sebagai seseorang yg berasal dari keluarga Muhammadiyah turut senang

  • Atisatya Arifin
    April 1, 2018

    Luar biasa ya MUVON aplikasinya bermanfaat sekali. Dakwah juga harus mengikuti perkembangan jaman ya jadi digital agar bisa diakses banyak orang.

  • Sadewi
    April 2, 2018

    Keren banget yah semua ada di muvon, aplikasi sangat bermanfaat untuk kita

  • Kania Safitri
    April 2, 2018

    Makin keren aka ya sekaang media untuk berdakwah

  • Luana Yunaneva
    April 3, 2018

    ketika gadget jadi media dakwah juga
    inovatif

  • Reh Atemalem
    April 3, 2018

    Aiyyy, keren banget ini.
    Dakwahnya disebarkan juga lewat digital sesuai perkembangan zaman, ya. 🙂

Tinggalkan Balasan ke Maria Soraya Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *