Freelancer Menuju Masa Tua Bahagia Bersama DPLK Manulife

by

Halo Sobat Petualang Cantik,

Pernahkah kalian merasakan dunia seperti akan runtuh dan putus asa? Aku pernah merasakan hal seperti itu ketika harus resign dari sebuah kantor yang telah memberi penghasil tetap tiap bulan dan masa depan yang cerah.

Resign dari pekerjaan pada saat itu tidak bisa hindarkan lagi, karena banyak hal yang menjadi pertimbanganku saat itu. Meski dunia saat itu akan runtuh dan telah membuatku putus asa, ada orangtua yang telah memberi motivasi untuk dapat hadapi kenyataan pahit tersebut.

Akhirnya setelah berhenti bekerja di kantor tersebut, aku memutuskan untuk bekerja freelance. Kebetulan saat masih bekerja aku rajin menulis di blog, sebagai sarana tempat mencurahkan segala isi pikiranku.

Namun saat aku berhenti bekerja, undangan sebagai blogger mulai cukup banyak. Kegiatan ini membuat aku menjadi aktif pergi kemanapin,  mengikuti berbagai event liputan atau seminar.

Dari penghasil menjadi blogger telah membuatku memiliki penghasilan cukup mumpuni, aku bisa membiayai kebutuhan hidup, dapat membeli laptop baru dan smartphone terbaru, bahkan bisa traveling kemanapun aku mau.

Setelah sekian lamanya menjadi blogger, sepertinya ada sesuatu yang kurang dalam hidup ini. Aku masih terus berfikir, apa sih yang kurang dalam hidup yang sekarang aku jalani? Setelah keras berfikir, ternyata aku tahu yang kurang dalam hidup ini. Ya, aku tidak memiliki jaminan masa depan dan hari tua yang bahagia.

Aku belum merencanakan masa pesiunku. Padahal ini penting sekali untuk masa tua nanti.

Aku makin tersadar akan hal tersebut setelah mengikuti Webinar Manulife Blogger Gathering, pada Rabu (15/12/2021) via Microsoft Team. Acara tersebut menghadirkan pembicara Karjadi Pranoto, Director & Chief EB and Sharia Distribusiun Manulife Indonesia dan Citra Anjelina, Head of Strategy and Transformation Pension Business Manulife Indonesia.

Dari paparan kedua pembicara tersebut diatas membuat aku mulai berfikir bagaimana cara untuk merencanakan masa pesiunku nanti.

Pada awalnya aku sangat pesimis sekali, bagaimana seorang blogger yang kerjanya freelance yang pemdapatannya tidak menentu dapat menikmati masa tua dengan bahagia.

Ternyata apa yang menjadikan pikiranku pesimis salah besar. Sebagai freelancer bisa lho memiliki masa depan dan hari tua yang bahagia. Kekurangan dalam hidup aku bisa terealisasi bersama Manulife.

Tetapi hal tersebut bisa terjadi jika bisa ikuti 6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua untuk Pensiun Sejahtera

1. Sadari Posisi Saat Ini
Saat terbaik memulai tabungan hari tua atau dana pensiun adalah ketika kita masih muda atau semenjak memiliki penghasil sendiri. Bahkan meski saat ini kita terbilang pemula dalam karir, sebaiknya segera memulai persiapan dana pensiun sekarang juga. Lalu hitung mundur dengan target usia pensiun nanti. Itulah waktu yang kita miliki untuk mempersiapkan kebutuhan hari tua.

2. Susun Rencana Keuangan yang Jelas
Langkah berikutnya adalah menyusun rencana keuangan dana pensiun yang cermat. Yang perlu ditentukan ketika hendak menyusun rencana dana pensiun adalah :
* Pertama, pada usia berapa kita berencana pensiun, atau tidak lagi memiliki penghasilan tetap.
* Kedua, tentukan asumsi usia harapan hidup
* Ketiga, tentukan perkiraan kebutuhan dana yang diperlukan untuk hidup sehari-hari
* Terakhir, ketahui waktu yang kita miliki untuk menyiapkan dana tersebut.

3. Pilih Instrumen Investasi yang Tepat
Setelah mengetahui nilai dana yang harus dikumpulkan untuk membiayai masa pensiun, saatnya untuk menentukan strategi investasi yang tepat. Tabungan hari tua baru akan digunakan dalam jangka panjang. Dengan demikian, strategi investasi untuk mengumpulkan dana pesiun yang tepat adalah juga investasi jangka panjang.

4. Amankan Asuransi
Di usia tua, kondisi kesehatan seringkali menghadapi tantangan yang lebih besar daripada saat kita muda. Akan lebih baik bila kita mengamankan kebutuhan asuransi sejak dini.

5. Jaga Kesehatan Keuangan
Mengumpulkan tabungan hari tua dengan rajin berinvestasi secara berkala, membutuhkan komitmen jangka panjang. Supaya tetap bisa berinvestasi sesuai rencana yang telah disusun, pastikan senantiasa menjaga kesehatan keuangan. Cara menjaga keuangan tetap sehat yaitu :
– Hindari utang konsumtif dan menjaga rasio utang sehat. Kurangi beban cicilan, maksimal 30%, jangan lebih dari itu.
– Perkuat dana darurat. Amankan dana darurat minimal sebesar 6x nilai pengeluaran rutin bulanan. Kita dapat menabung dana darurat dengan cara menyisihkan minimal 10% dari pendapatan rutin sampai nilai dana darurat memadai.
– Biasakan mencatat pengeluaran dan melakukan budgeting. Dengan mengetahui kemana saja uang dipergunakan, kita bisa melihat alokasi pos mana yang paling banyak menyedot pendapatan.

6. Naikkan Target Pemasukan
Menyiapkan tabungan hari tua untuk keperluan masa pensiun membutuhkan alokasi anggaran yang memadai untuk diinvestasikan. Di usia produktif , tentu bukan hanya dana pensiun saja yang perlu disiapkan. Masih ada rencana keuangan dana pendidikan anak, dana liburan, dana pembelian rumah pertama dan kedua, dan lain sebagainya. Supaya pendapatan kita memadai untuk ditabungkan ke semua pos rencana keuangan tersebut, jangan segan-segan untuk mencari pendapatan tambahan

Nah, bagaimana dengan Freelancer?

Di webinar kali ini, kita diberikan tips dan trik agar dapat kelola keuangan agar pada masa pensiun nanti bisa menikmati kebahagiaan seperti oranglain. Dengan cara seperti ini :

1. Kita tahu kalau pemasukan sebagai freelance memang bervariasi, namun usahakan pengeluaran tetap stabil

2. Hitung kebutuhan masa tua

3. Strategi pengumpalan dana pensiun :
– Instrumen investasi sesuai profil risiko
– Ikut serta dalam program dana pensiun individu DLPK Manulife yaitu MiGolden Retirement

4. Disiplin menyisihkan dana setiap bulan, jika perlu siapkan rekening terpisah khusus untuk Dana Pensiun.
Dari ke empat tips dan trik tersebut kita bisa gunakan sebagai patokan dan memotivasi ada dapat lakukan dengan baik, agar kita para freelancer dapat juga menikmati hari tua dengan bahagia.

Apa itu DPLK ?

Seperti kita ketahui bahwa Manulife Indonesia memiliki program DPLK yaitu Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun yaitu Undang-undang Nomor 11 tanggal 20 April 1992 serta peraturan pelaksanaannya.

DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan , No KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994.

Bagi kalian yang akan menggunakan investasi DPLK tidak usah ragu lagi, karena semua dana yang dikelola DPLK Manulife memiliki izin dan pengesahan yang resmi dari Kementerian RI.

Yuk, mulai sekarang siapkan hari tua kita bersama DPLK Manulife.

Salam Cantik,

Lita Chan Lai

77 Responses
  • Hanila Pendarbintang
    Desember 23, 2021

    Setelah pandemi ini masih dlm masa mengamankan kesehatan keuangan, tahu sendiri Bali terpuruk dan kami salah satu yg kena dampaknya.
    Tapi, memang investasi itu sangat perlu dan mangejarkan anak2 untuk melek finacial sama pentingnya agar bs bantu mengolah investasi ortu kelak

    • Ida T
      Desember 29, 2021

      Wah bagus nih harus ditiru ya…harus segera hitung kebutuhan hidup masa tua lalu rencanakan bagaimana mempersiapkannya.

  • Dian Restu Agustina
    Desember 23, 2021

    Wah, ada persiapan pensiun untuk freelancer…bisa diikuti nih tipsnya. Setuju dnegan disiplin menyisihkan dana setiap bulan, dan menyiapkan rekening terpisah khusus untuk Dana Pensiun di DPLK Manulife misalnya, akan bahagia deh nanti masa pensiunnya

  • Ice Cream
    Desember 23, 2021

    investasi dan asuansi makin kesini memang menjadi salah satu kebutuhan ya mbak. maka tak heran kalau kita memang harus buru-buru untuk menyiapkannya

  • Mutia Ramadhani
    Desember 23, 2021

    Siapa bilang freelancer gak bisa punya DPLK Manulife? Ada yang bilang Manulife itu mahal. Ternyata enggak kok ya.

    Asal susun rencana dan pilih instrumen investasi sesuai profil risiko kita. Nanti akan ada panduannya dari Manulife.

    • Ice Cream
      Desember 26, 2021

      Jiwa Freelanceku jadi meronta-ronta mbak

  • Maria+G
    Desember 23, 2021

    keren nih Manulife, punya program DPLK

    karena angka harapan hidup lansia di Indonesia meningkat

    agar tetap sejahtera (jangan seperti terkena kasus seperti Ibu Trimah yang dibuang anaknya)
    mereka harus menerapkan program DPLK

  • Sendy Yunika
    Desember 24, 2021

    Sudah terpikir nih tentang dana hari tua, tapi belum ngerti gimana cara mengelola dan memulainya. Makasih mb sudah sharing. Jadi ada gambaran apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun hari tua nanti 😀

    • Ade anita
      Januari 4, 2022

      Aku dan suami juga ikut DPLK meski di tempat lain. Dikit lagi kami memasuki usia persiapan pensiun nih
      .. dah berencana pingin umroh, jalan2 ke banyak tempat, berkebun…hehehe

  • Taufiqur rahman
    Desember 24, 2021

    Hari tua atau masa pensiun memang harus dipersiapkan secara matang. Itulah pentingnya investasi jangka panjang… Biar tidak memberatkan anak cucu kita.

    • Sendy Yunika
      Desember 27, 2021

      Setuju pak. Biar bisa memutuskan generasi sandwich ya..

  • Dennise Sihombing
    Desember 24, 2021

    Aku tahun ini sudah memasuki usia emas.Dan sudah pensiun dini dari kantor. Setiap bulannya sih memang sudah mulai menyisihkan uang untuk ditabung.Tetapi ya begitulah nabungnya jadi satu dibuku tabungan.Sehingga sering diambil.Seharusnya terpisah ya,biar gak di kutak katik

    • Taufiqur rahman
      Desember 26, 2021

      Eh, kita seumur nih ternyata…. Kalau aku lebih ke investasi jangka panjang sih… Semoga sukses selalu ya…

  • Nurul Sufitri
    Desember 24, 2021

    Dana Pensiun DPLK Manulife ini memang program yang bagus untuk persiapan di hari tua nanti 🙂 Jangan sampai saat tua malah banyak pikiran yang susah2. Lebih baik dipersiapkan dari sekarang. Ternyata untuk freelancer juga ada nih, bisa ceki2 lebih lanjut deh : Tq infonya 😀

  • Nurul Sufitri
    Desember 24, 2021

    DPLK Manulife ini patut diikuti sebagai persiapan pensiun di masa tua nanti. Sedini mungkin lebih baik daripada nanti sudah keburu lansia hehehe. Menuju bahagia kita yang tentukan sendiri. Senang juga bisa untuk freelancer juga nih.

  • Moch. Ferry
    Desember 24, 2021

    Manulife penting untuk proteksi di masa sekarang dan masa mendatang, perlindungan buat keluarga penting menurut saya

  • cari pembantu rumah tangga tanpa yayasan
    Desember 24, 2021

    Saya pikir Manulife memang sangat penting untuk proteksi di masa sekarang. Ini agar hari tua kita bisa lebih tenang dan tak perlu mikir lagi mau dapat uang dari mana kalau sudah tak bisa kerja lagi.

  • Lasmicika
    Desember 24, 2021

    Dengan penghasilan tak tentu, kadang banyak banget kadang sedikit, emang perlu mulai mikirin gimana nanti setelah memasuki usia senja. Investasi dan asuransi penting sekali.

  • Siti nurjanah
    Desember 25, 2021

    Untuk bisa mewujudkan masa tua yang nyaman, para pekerja lepas atau freelancer ada baiknya sejak dini sudah berinisiatif mempersiapkan langkah misalnya menyiapkan sebuuah proteksi melalu asuransi

  • Dennise Sihombing
    Desember 25, 2021

    Dana pensiun dari DPLK Manulife keren ya programnya.Memang sejak dini dana pensiun harus kita persiapkan karena saat kita sudah tidak produktif lagi kita punya tabungan pensiun

  • Mutia Ramadhani
    Desember 25, 2021

    Kalo mau bahagia di hari tua, harus disiapkan selagi muda. Benar banget itu tipsnya, menghindari utang konsumtif dan menjaga rasio utang sehat. Kurangi beban cicilan, maksimal 30 persen. Gak ada alasan mau kita pekerja kantoran ataupun freelancer. Tetap harus pinter-pinter nabungnya.

  • Maria+G
    Desember 26, 2021

    jadi inget ibu Trimah yang “dibuang” ke panti jompo oleh anak anaknya

    andaikan Ibu Trimah menyiapkan dana pensiun semasa masih muda hal tersebut gak perlu terjadi

  • Moch. Ferry
    Desember 26, 2021

    Manulife salah perlindungan asuransi buat keluarga yang memiliki program reliable dan kreatif buat nasabah dan calon nasabah

  • Naqiibatin Nadliriyah
    Desember 26, 2021

    Ah, instrumen investasi DPLK memang salah satu pilihan investasi untuk masa pensiun ya Kak. Baru tahu Manulife ada DPLK nya juga nih, Kak.

  • Fenni Bungsu
    Desember 26, 2021

    Memang harus sedini mungkin ya menabung untuk masa pensiun. Apalagi buat freelancer, udah mesti konsisten menabungnya, agar di hari tua mendatang tetap bahagia

    • Keju Kraft Kampanye #KejuAsliCheck
      Desember 26, 2021

      Yah, saya sepakat. Sebagai freelancer memang harus sejak dini yah menabungnya. Tak ada yang bisa menjamin kita ketika hari tua nanti. Belum lagi, anak2 sudah pada berkeluarga, hampir bisa dipastikan akan disibukkan pula dengan keluarga mereka,

  • Diary Harumpuspita
    Desember 26, 2021

    mbak, saya kadang tuh memang suka bikin kesel sama diri sendiri ketika berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan dana. Hm, rasanya tarik napas dan ingin tidur. Kadang mikirnya hanya mimpi. Sudah dibuat tragetnya, tapi ya enggak dapat juga. Kan bikin sebel. Memang bukan pengeluarannya yang boros, tapi pemasukannya yang minim. Apalagi dari nulis. Dudu …

  • Wahid Priyono
    Desember 26, 2021

    Setuju sekali kalo freelancer memang kudu disiplin menajemen waktu dll supaya target jangka panjang bisa terwujud.

  • T.Retno
    Desember 26, 2021

    Aku ikut DPLK, Mbak. Itu keputusanku sekitar 3 tahun setelah bercerai. Agak gila mungkin, karena sebagai freelancer penghasilanku nggak nentu. Pernah sebulan cuma dapat 500 rebu doang. Mantan suami juga nggak ngebantu biaya hidup dan biaya pendidikan anak-anak.

    Tapi itu kegilaan yang kusyukuri. Freelancer memang mesti mempersiapkan dana masa tua sendiri.

  • Dian Restu Agustina
    Desember 26, 2021

    aku dan suamiku sudah menyiapkan rencana pensiun. DPLK Manulife ini bisa jadi solusi…apalagi buatku freelancer yang perlu menyiapkan juga agar pensiun bisa bahagia tanpa membebani anak cucu nantinya

  • Rizka Edmanda
    Desember 26, 2021

    Sebagai freelancer memang harus pandai mengelola risiko di hari tua makanya harus lebih melek asuransi makasi ya Mba informasinya seputar DPLK manulife bisa mih jadi referensi

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Desember 27, 2021

    Karena freelancer gak punya tunjangan pensiun, maka kita sendiri yang harus mempersiapkannya ya, Mbak. Supaya masa tua kita tenang dan bahagia

  • indah savitri
    Desember 28, 2021

    Semoga masa tua kita bisa tetap bahagia dan sehat selalu ya mba, dengan segala persiapan yang telah kita lakukan ini

  • Farida Pane
    Desember 28, 2021

    Freelance memang butuh strategi khusus dalam menyiapkan dana untuk hari tua. Terim kasih sudah diingatkan, ya

  • Arda Sitepu
    Desember 28, 2021

    Salah satu hal yang diterapkan dari dulu adalah kurangi hutang konsumtif mbak karena akan menyebabkan banyaknya biaya yang tak terkendali. Memikirkan masa depan jauh lebih bermanfaat, salah satunya adalah dengan berinvestasi di manulife ya mbak.

  • Sovi Nur Wakhidah
    Desember 28, 2021

    Masya Allah, hasil dari ngeblog sudah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan traveling, ya, Mbak. Aku setuju meskipun kerjaan kita freelance, bukan PNS, tapi tetap perlu dana pensiun. Harus mulai dipikirkaan dari sekarang, nih.

  • nabilla
    Desember 29, 2021

    aku juga mulai mikir nih mba, gegara baca storiesnya raditya dika yang dia bilang sebaiknya menyiapkan dana pensiun sebesar 25x pengeluaran tahunan. seberapa tuh cobaaa haha

  • lendyagassi
    Desember 29, 2021

    Ternyata semua orang, baik dengan pekerjaan yang memiliki gaji tetap ataupun freelance, tetap bisa menjadi nasabah DPLK Manulife Indonesia yaa… Dan ini adalah sebuah perencanaan masa depan yang terukur dan bisa dijadikan pegangan setelah masa pensiun datang.

  • Yanti Ani
    Desember 29, 2021

    Wah programnya bagus ya jadi sebagai freelancer pengelolaan dana pensiun juga mesti meskipun pemasukan gak selalu menetap jumlahnya

  • Nyi Penengah Dewanti
    Desember 29, 2021

    semoga kita diberikan rejeki yang melimpah selalu ya Mba, aamiin biar masa tua nggak ngerepotin orang lain aamiin.

  • Kurnia amelia
    Desember 29, 2021

    Ya memang freelancer itu setiap bulannya gak tentu dapat uang. Aku pengen sih punya dana pensiun nanti tapi saat ini lagi fokus ke ngumpulin dana pendidikan anak-anak, investasi sama dana darurat dulu huhu. Semoga kita makin banyak rezeki berkah berlimpah ya kak agar dana masa tua kita nanti aman, insya Allah kalau panjang umur.

  • Ria Nugros
    Desember 29, 2021

    Wah iya mba, saya pun belum punya dana pensiun. Ternyata memang penting sekali ya. Goal tahun depan nih bisa nyisihkan buat dana pensiun

  • Mugniar
    Desember 29, 2021

    Banyak pengetahuan di postingan ini.
    Untuk dana darurat, saya harus perbanyak tabungan.
    Tengkyu Mbaak.

  • Novitania
    Desember 29, 2021

    Bener banget kak Lita, merencanakan masa depan dan hari tua penting banget. Akupun sekrg mulai susun rencana nih mba biar hari tua bisa bahagia

  • Uniek Kaswarganti
    Desember 29, 2021

    Kadang kelupaan ya mba, dari sekian kebutuhan dalam hidup, justru dana pensiun ini yang sering ga kepikiran. Bener juga ya, harus mulai dipikirkan nih dari sekarang kalau ingin masa tuanya nanti udah bebas secara finansial.

  • Nefertite Fatriyanti
    Januari 4, 2022

    Yups, masa tua yang bahagia memang butuh pereencanaan sekaligus persiapan ya, dan salah satu pilihannya adalah investasi.

  • Rani Yulianty
    Januari 4, 2022

    Sebagai freelancer juga nih, dan baca artikel ini jadi terbuka pikiran untuk merencanakan pensiun karena memang freelancer nggak ada uang pensiun, mesti direncanakan sejak sekarang di usia produktif yA

  • Dessy Achieriny
    Januari 4, 2022

    Berasa banget memang mbak bahwa hari tua harus ada perencanaan matang. Terlebih pandemi banyak yg di PHK, kalau gak ada pegangan uang lebih dan asuransi masa tua. Berat juga.

  • Indah Nuria Savitri
    Januari 5, 2022

    Kalau masa tua aman dan tenteram kita semua pasti bahagia yaaa mba. Ayo kita siapkan dengan baik

  • Jiah Al Jafara
    Januari 5, 2022

    Yuk jadi freelance yang bahagia dengan tetap mikirin hari tua. Kudu direncanakan, tapi hahahihi aja buat senang-senang

  • Retno Kusuma Wardani
    Januari 6, 2022

    Akupun baru kepikiran mengenai dana pensiun, padahal seharusnya sudah dipersiapkan dari sekarang ya…

  • Yuniari Nukti
    Januari 6, 2022

    Memikirkan hari tua tuh ngeri-ngeri sedap, namun harus tetap yakin bahwa rejeki sudah diatur. Tapi bukan berarti enak-enakan ya, keuangan harus tetap diatur sedemikian rupa supaya tenang sampai tua

  • thya
    Januari 6, 2022

    aku pun sedang merasakan dunia terasa runtuh tepat di awal tahun ini. krn per januari ini aku diberhentikan dari kantor tempat ku bekerja. huhu..
    akhirnya ku memutuskan jadi fulltime blogger aja. tapi belum kepikiran tentang dana pensiun. ternyata freelance gini harus siap juga ya dana pensiun agar bisa bahagia di masa tua..

  • Inda Chakim
    Januari 6, 2022

    Makasih banyak mbak Lita, udah diingetin. Kalau boleh jujur aku belum nih nyiapin buat masa tua. Tapi abis baca ini auto tercerahkan dan segera ingin ambil langkah misalnya dg bergabung di DPLK Manulife gitu.

  • Arda Sitepu
    Januari 6, 2022

    Mempersiapkan masa depan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan karena membuat hidup jauh lebih aman. Btw saya juga lagi mencari asuransi seperti DPLK Manulife ini mbak karena memang bagus untuk investasi masa tua.

  • Shyntako
    Januari 6, 2022

    Biar masa tua tenang dan membebani anak secara financial memang kita hrs mulai prepare sih yaa sedini mungkin

  • lendyagassi
    Januari 6, 2022

    Influencer pun bisa memiliki kesempatan memiliki dana pensiun.
    Dengan DPLK Manulife Indonesia, persiapan dana pensiun ini menjadi lebih kebayang skemanya.

  • Sri Widiyastuti
    Januari 6, 2022

    Freelance seperti kita memang penting juga ya memikirkan masa depan, seperti dana pensiun pada orang-orang kantoran itu. Harus dipersiapkan dari sekarang ya mbak, agar masa tua lebih bahagia dan mandiri

  • Haryadi Yansyah | Omnduut
    Januari 12, 2022

    Sebagai pekerja swasta yang nggak ada uang pensiun dan tunjangan hari tua, persiapan dan perlindungan asuransi semacam DPLK dari Manulife ini emang penting banget. Kayak sedia handuk sebelum mandi hehe, intinya kudu ada persiapan dan ancang-ancang untuk hidup lebih tenang nantinya.

  • Lasmicika
    Januari 12, 2022

    Banyak freelancer yang khawatir tidak bisa membayar premi asuransi secara rutin karena penghasilannya tak tetap. Padahal kalau diatur-atur bisa juga ternyata. Demi masa pensiun yang terjamin.

  • Dennise Sihombing
    Januari 12, 2022

    Jadi freelancer memang harus bisa saving uang ya. Ini baru aku lakukan di awal tahun ini buka tabungan khusus untuk penghasilan freelancer.Karena selama ini simpan uang di satu bank untuk semua keperluan.Memasuki masa tua kelak harus bijaksana dalam menggunakan uang ya

  • Reyne Raea
    Januari 12, 2022

    Menyiapkan dana pensiun itu penting sih ya, biar nantinya nggak membebani anak.
    Biar kata cuman freelancer juga butuh menyiapkan dana pensiun ya.
    Senang deh ada DPLK Manulife

  • Maria+G
    Januari 13, 2022

    Manulife emang keren ya?

    Kita sering lupa bahwa usia muda cuma sebentar, harus persiapkan diri agar gak nyusahin anak anak

    dengan DPLK, setiap lansia bisa menegakkan tubuh/percaya diri/bangga terhadap diri sendiri

    , gak nunggu anak ngasih uang

    sedih banget situasi seperti itu

  • Bayu Fitri
    Januari 13, 2022

    Wah produk DPLK Manulife sangat membantu memeprsiapkan masa tua ya kak khususnya freelancer ini keren nih produk perlindungannya jadi kepo mau ikutan juga

  • Nanik Nara
    Januari 13, 2022

    Ternyata mempersiapkan dana pensiun bukan hanya bagi pekerja aja ya mbak. Freelancer pun juga, walau penghasilan tiap bulan tak tetap, tapi bisa juga mempersiapkan dana buat pensiun. Dengan memanfaatkan salah satu layanan dadi Manulife

  • Shyntako
    Januari 13, 2022

    Freelancer tuh justru harus paham banget sama perencanaan keuangan biar masa tua gak merana gak karuan, selalu sisihkan fee/income yang didapat sih untuk investasi dan asuransi kalo aku tuh

  • Maria Tanjung Sari
    Januari 13, 2022

    saya pun sudah mulai memikirkan masa pensiun juga apalagi usia menginjak 40 skrng. Memang ketika muda ga kepikiran sama sekali ya mbak. Namun ternyata penting karena kita ga tahu akan hidup sampai usia berapa

  • Fionaz Isza
    Januari 13, 2022

    iya bener banget kak Lita, sebagai freekancer seperti kita ini harus pintar2 menyiapkan dana pensiun biar nanti saat masa tua tinggal menikmati hasilnya aja

  • Ira Hamid
    Januari 13, 2022

    masa tua memang harus dipikirkan secara matang yaa agar saat tua nanti hidup tidak terlunta-lunta. Karena itu perencanaan keuangan harus dilakukan secara matang

  • Ajeng Pujianti Lestari
    Januari 13, 2022

    Dana pensiun memang salah satu hal yang harus disiapkan berdasar rencana keuangan. Aku juga sering ngobrolin ini ke suami. Soalnya ketika pensiun, penghasilan akan berbeda, padahal kebutuhan bisa jadi tetap atau lebih banyak. DLPK manulife bisa jadi pilihan.

  • Rizka Edmanda
    Januari 13, 2022

    Aku juga sudah mulai ancang2 menyiapkan persiapan dana hari tua soalnya memang harus direncanakan dengan matang dari sekarang ya bisr gak keteteran apalagi kami wirausaha

  • Annie Nugraha
    Januari 13, 2022

    Bener ya Mbak. Investasi buat masa depan tuh penting banget. Apalagi untuk kita yang penghasilannya tidak menentu. Setidaknya kita bisa mandiri secara finansial dan tidak bergantung kepada orang lain.

  • Fenni Bungsu
    Januari 13, 2022

    Eh iya, biar lancar untuk menyiapkan dana pensiun target pemasukan harus ditingkatkan, biar semangat juga ya menabungnya dan bisa konsisten.

  • Syahri
    Januari 13, 2022

    Dana pensiun untuk masa tua harus sudah disiapkan mulai sekarang. Termasuk saya yg kerja serabutan. Agar kelak punya simpanan, maka mulai sekarang harus mulai menabung

  • Moch. Ferry
    Januari 13, 2022

    Menuju kebahagiaan hidup di masa lansia salah satu nya persiapan proteksi diri dan keluarga, Manulife mempunyai program proteksi buat masa depan

  • Yanti ani
    Januari 13, 2022

    Sepertinya saya dan suami kudu mulai bertimbangkan bikin asuransi nih, soalnya kami berdua pekerja freelance yang gak ada uang pensiunnya dan harus siapkan jaga2.

  • Nita Juwithafina
    Januari 14, 2022

    Pengalaman resign kita hampir sama mba 🙂 semangat terus ya..
    Saat ini aku pun memanfaatkan fasilitas dari manulife untuk menunjang hari tua nanti 🙂

Tinggalkan Balasan ke Maria+G Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *