TalkShow Mazaya Indonesia : “Cantik Itu Peduli”

by

Halo Petualang Cantik,

“Cantik Itu Peduli” Setuju sekali ya….

Tidak terasa ya, bulan Ramadhan sebentar lagi akan berlalu. Bulan penuh rahmat dan keberkahan. Nah, kebetulan Mazaya Cosmetics, salah satu brand kosmestik Indonesia mengadakan serangkaian event dengan Tema “Cantik Itu Peduli”.

 

Apa saja sih kegiatannya?

  1. Beauty Talkshow
  2. Beauty Class
  3. Charity Shopping Race
  4. Beauty Competition
  5. Consumer Promo

Acaranya berlangsung pada tanggal 2-3 Juni yang lalu. Kebetulan saya hanya mengikut Beauty Talkshow dan Beauty Class saja. Jadi tulisan di blog saya lebih fokus pada ulasan kedua acara yang saya ikut. Untuk kegiatan lainnya kalian bisa langsung lihat di Instagram @mazayaindonesia.

Beauty talkshow kali ini dihadiri oleh :

  1. dr. Diana Komara
  2. Sidah Mufidah, Brand Ambassador Mazaya Cosmetics
  3. Ibu Fia, Dekoratif Make Up Mazaya Indonesia

Pada Sesi Pertama Membahas Tentang Kulit Sehat

Apa sih ciri-ciri kulit sehat? Saya sendiri masih belum yakin, apakah kulit saya sehat apa tidak. Menurut dr. Diana, ciri-ciri kulit sehat itu adalah :

  1. Secara kasat mata kulitnya terlihat bersih ( bersih dari jerawat, bersih dari flek, bersih dari komedo) jadi tidak ada sesuatu pemandangan yang tidak mengenakan untuk dilihat. Alias mulus dan bersih.
  2. Kulit tidak belang. Jika ada warna kulit yang tidak merata, berarti kulit tidak sehat, karena penyebaran melaninnya kurang baik.
  3. Kalau dicubit-cubit gemes, kalau baliknya cepet berarti masih bagus kulitnya. Kekenyalan masih kencang dan padat. Tekturnya lembut dan halus. Lalu kandungan collagennya masih baik. Begitupun sebaliknya.

Saat puasa, dipastikan banyak sekali kita kekurangan cairan. Pola makan saat bulan ramadhan akan berubah dan ini juga merubah jam biologis kita. Nah, asupan cairan yang tidak terkontrol bisa disiati dengan cara 2-4-2 ( udah kaya posisi sepak bola yah…), Yaitu:

  1. 2 gelas saat berbuka puasa
  2. 4 gelas saat malam hari hingga sebelum waktunya tidur
  3. 2 gelas saat sahur

Dengan begini asupan cairan dalam tubuh kita terjaga dengan baik dan bisa mentainance kesegaran kulit. Kulit yang tipis juga diakibatkan karena kurangnya cairan dalam tubah.

Jenis makan juga perlu diperhatikan. Pastikan selama puasa mengkonsumsi buah dan sayuran. saat berbuka puasa jangan makan gorengan walaupun sebenarnya gorengan itu paling enak lho. Makanya ada sunnah Rosul SAW yang mengajurkan untuk berbuka puasa dengan kurma sebanyak bilangan bilangan ganji atau meminum air putih, itu ternyata benar lho.  .

Kemudian atur jam tidur. Nah, disarankan oleh dr. Diana untuk habis teraweh jangan nonton tivi terus lalu tidurnya larut malam. Agar kulit tidak dehidrasi dan menjadi keriput. Jadi kalau ingin lebaran kulitnya lebih fresh dan sehat hindari begadang.

Stop Pemakaian Produk Pemutih Secara Instan

Bagi yang ingin putih secara cepat dan instan dr. Diana sangat melarang kita melakukannya sebab kandungan bahan yang ada pada produk pemutih instan tersebut dipastikan sangat berbahaya. Seperti adanya merkuri, kalau pemakaian dalam jangka panjang dia akan terdeposit kedalam kulit dan menumpuk dalamwajah kita. Merkuri itu adalah logam jika terdepositnya banyak akan menimbulkan kanker kulit.

Kandungan yang kedua adalah hidrokinon, kalau di dunia kedokteran hidrokinon itu bahan aktif yang memang disarankan tetapi pada keadaan yang tertentu. Jadi kalau kulitnya bagus dan tidak ada flek, tidak usah menggunakan hidrokinon, karena dia itu sifatnya mengobati dan harus diawasi oleh dokter. Pada saat produk tersebut digunakan secara suka-suka, artinya tidak dibawah pengawasan dokter seringkali justru produk itu menjadi boomerang. Pertama timbul iritasi karena kulit menjadi merah,  kemudian yang kedua muncul flek baru yang lebih bahayanya jika dipakai semena-mena seperti dipakai dibawah matahari itu juga memicu kanker.

Kita harus sadar bahwa proses regenerasi pencerahan kulit harus sesuai dengan normalnya kulit kita. Seharusnya pergantian atau pencerahan kulit itu terjadi 3-4 minggu, jika kurang dari waktu yang normal seperti 1 atau 2 minggu bararti itu ada sesuatu yang dipaksakan. Intinya kita tidak boleh melawan alam, sehingga proses pencerahan tersebut harus sesuai.

Wah, banyak juga ilmu yang saya dapat dari dr. Diana. Semoga teman-teman yang membaca tulisan saya ini juga mengetahuinya. Setelah mendengar penjelasan dari dr. Diana, talkshow ini dilanjutkan dengan pemaparan dari dekoratif make up dari Mazaya yaitu Ibu Fia. Nantinya Ibu fia juga yang akan memandu acara Beauty Class setelah acara talkshow ini.

Fungsi Berhias dan Ber-make up

Nah lho, untuk apa ya? Saya sendiri tahunya biar cantik. Tapi ibu Fia berkata lain. Kenapa tehnik bermake up itu ada? Awalnya terjadi karena kita sebagai manusia merasa ada yang kurang dari dalam diri kita, akhirnya dicarikan cara bagaimana untuk menutupi kekurangan atau membuat yang kurang itu menjadi lebih baik dari kecantikan itu. Manusia diciptakan ada pasti ada kekurangan dan ada kelebihannya.

Secantik apapun orang pasti ada kekurangannya dan sejelek apapun orang pasti ada kelebihannya dan fungsi dari pada hiasan, kosmestik dan tehnik bermake up adalah untuk menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan.

Misalnya : hidung yang kurang mancung dibuat menjadi mancung . wajahnya yang tembem dibuat menjadi tirus. Dengan cara seperti itu bisa merubah bentuk wajah sesuai yang kita inginkan.

Ibu Fia menceritakan tentang masa sepuluh tahun yang lalu, orang yang bermake up itu yang penting wajahnya warnai, sehingga zaman Ibu Fia nikahan dan melihat fotonya sekarang merasa aneh. Sudah bibirnya merah, pipinya juga merah dan matanya juga diwarnai-warnai sehingga bingung mana yang yang mau lihat, semuanya serba menonjol sehingga riasan menjadi tebal atau menor.

Tapi kalau sekarang, sesuai dengan framenya. Dengan adanya perkembangan zaman orang-orang bermake up sudah pintar untuk menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan. Orang tahu mana yang harus ditonjolkan dan mana yang harus ditutupi dengan adanya kekurangan dalam wajahnya.

Nah, nanti saat beauty class akan diajarkan oleh Ibu Fia bagaimana tehnik berhias yang dapat menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan dari diri kita. Wah, bisa dipraktekan nih buat lebaran nanti. Oia, Ibu Fia juga menjelaskan trend make up hari raya idul fitri yang segera akan datang.

Menurut Ibu Fia, trend make up lebaran nanti seperti trend make up saat ini yaitu Foules untuk Fouless itu dilihat dari dasar atau basic make up, seperti foundation, bedak dan sebaginya. Dulu orang berlomba-lomba bermake up dengan foundation yang tebal-tebal sehingga wajahnya terkesan seperti boneka, dan itu cantik menurut yang dulu. Nah sekarang sudah berubah nie, justru sekarang orang ingin terlihat bermake up itu seperti tidak memakai make up. Kita berbedak seperti tidak menggunakan bedak, hal seperti itu akan dikasih tahu juga saat beauty class nanti.

Lihat saja yang ada di majalah kosmetik, ada CC Cream dan CC Powder, itu bagus itu menghasilkan Fouless make up. Yang penting, bagi yang ada flek, warna kulit tidak rata atau bekas jerawat dapat tertutup dengan baik.

Untuk dekoratifnya seperti blass on dibawah mata atau blass on panas dingin. Sebenarannya itu bagus, menurut Ibu Fia karena dapat menutupi kerutan pada sekitar mata sehingga tidak terlihat. Untuk eye shadow dengan warna smocky-smocky saja. kalau untuk lisptik dipilih dengan warna yang mendekati warna bibir dengan bentuk yang matte.

Wah, jadi ga sabar deh pengen segera cobain Beauty Classnya. Tapi tunggu dulu, karena ada bintang tamu yang akan hadir di acara talkshow kali ini, yaitu Ambassador Mazaya, Sidah Mufidah. Wajahnya cantik dan selain itu dia adalah model busana muslim dan cocok sekali menjadi brand ambassador Mazaya karena produknya yang halal mencerminkan sosoknya yang muslimah.

Senang sekali bisa mengikut  beauty talkshow dari Mazaya Indonesia. Banyak ilmu yang saya dapat mengenai kesehatan dan kecantikan. Saya hadiri kegiatan ini karena saya peduli dengan kecantikan. Sama halnya dengan tema yang diangkat oleh Mazaya Indonesia “ Cantik Itu Peduli”. Yah, karena saya peduli dengan diri saya dan peduli dengan orang lain. Bukankah begitu teman-teman?

NB : Nantikan tulisan saya berikutnya tentang Beauty Class dari Mazaya Indonesia   

3 Responses

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *