Menikmati Keindahan Sungai Maiting Dengan Ber-Arung Jeram

by

Bagi yang menyukai olah raga air atau sekedar have fun, pernahkah mencoba berarung jeram? Nah, coba deh jalan-jalan ke Tana Toraja Sulawesi Selatan. Disana ada Sungai Maiting. Lokasi detilnya di Toraja Utara. Kalau berminat, bisa datangi kantor operator rafting โ€œIndo Sella Toursโ€ tempatnya berada di jalan Rantepao. Ownernya adalah Agustinus Lamba (Pemegang Lisensi American White Water Asociation).

Untuk menuju ke lokasi titik start, di butuhkan waktu perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil selama kurang lebih 3 jam. Melalui jalan yang menanjak, bebatuan, berliku dan terjal sepanjang 20 KM. Banyak pemandangan indah dengan panorama pegunungan dapat kita nikmati selama perjalanan menuju desa Dende .
bentuk jalan yang di lewati jalur darat
naik truk barang perlengkapan arung jeram
Karena perjalanan panjang maka jangan pernah bosan untuk istirahat. Hitung-hitung untuk memulihkan tenaga. Beristirahat di desa yang memiliki rumah adat tongkonan membuat rasa lelah cepat hilang. Untuk menuju titik start rafting harus melalui tracking yang cukup jauh. Berjalan kaki dengan track panjang menurun dan mendaki, memakan waktu kurang lebih 1 jam.
Desa Dende tempat start awal berjalan kaki menuju sungai
Banyak yang merasa putus asa ketika lelah mendera, namun sekali lagi pemandangan gunung dan udara sejuk membuat kita kembali bersemangat. Apalagi sungai yang ingin kita tuju sudah terlihat jelas dari kejauhan dan sela-sela lembah yang kita lewati.
Track yang di lewati saat berjalan kaki menuju sungai
Sungai Maiting sudah terlihat jelas dari kejauhan
Setibanya di Sungai Maiting, tentu saja harus beristirahat. Pengarungan yang akan dilakukan dari titik start hingga finish sepanjang 15Km. Ini memakan waktu 3 jam pengarungan. Setengah pengarungan kita kembali istirahat di sebuah tepian yang mirip bibir pantai. Pasir sungai maiting sangat berkilau saat sinar matahari menerpa. Pantulan cahayanya begitu indah. Kalau perhatikan lebih dekat, butiran pasirnya seperti berwarna perak dan emas.
start awal arung jeram bersama Indo Sella Travel

Airnya keruh, deras dan dingin. Jeram-jeram yang ada sungguh menantang. Sungai ini juga di pagari oleh dinding-dinding tebing curam setinggi 50meter. Berarung jeram di Sungai Maiting , serasa berada di sungai hutan amazon. sayangnya tidak ada satupun yang berani mengeluarkan kamera pada saat pengarungan. semua fokus pada dayung masing-masing. sehingga tidak ada moment yang dapat ditampilkan disini.
area rest pada saat makan siang
Ada beberapa titik air terjun deras menghujam, burung belibis bebas terbang di depan perahu, iguana berjemur memamerkan keindahan lehernya, suara kicau burung indah menggema riuh, binatang lainpun ikut bersahutan menyambut kehadiran kami. Tebing yang tinggi membuat suara-suara terpantul ke segala arah. Bukan hanya binatang, suara kita pun ikut memantul keras dan sampai ke telinga kita.
Lokasi Finish pengarungan
Ketika hari mulai beranjak sore, terlihat langit menjadi mendung . Skiper perahu menginstruksikan agar cepat mendayung perahu. โ€œHujan akan segera tibaโ€ seru skiper. Kami tidak ingin terkurung diatas perahu, karena debit air bisa tinggi bila hujan turun. Grade yang semula 3 bisa menjadi 4, bahkan 5. Ini dapat membahayakan pengarungan perahu. Kami mengayuh dayung dengan cepat. Agar kami tidak terjebak dalam hujan yang akan turun.
Banyak turis yang senang arung jeram
Bersyukur kami sampai tepat waktu. Lokasi finish langsung diguyur hujan deras. Kami pun segera menepi dan mencari tempat berteduh. Rafting di sungai Maiting adalah sensasi yang tak terlupakan.
Pada umumnya turis-turis mancanegara lebih berminat untuk menikmati keindahan yang sangat alami ini. Mereka tidak segan-segan untuk merogoh kantongnya. Biaya yang keluarkan sekitar Rp.500.000,- s/d Rp. 1.000.000,-sudah termasuk tranportasi menuju lokasi arung jeram, makan siang, snack dan minum. menarik bukan?(LCL)

89 Responses
  • Youtex
    Januari 11, 2016

    Waah bagus banget nih kayanya wisatanya, kira kira ini tempatnya masih rame ga ya ? soalnya kalo lagi rame ramenya saya males , enakan kalo sepi

  • Nanik
    Januari 11, 2016

    menarik sekali. jadi harus siapin stamina ya kalau pengen mencoba berarung jeram disana. 3 jam. Saya rafting 1 jam aja rasanya udah lamaaaaa banget. dag dig dug terus

    • Petualang Cantik
      Januari 11, 2016

      3 jam ga berasa kok mba…kita seperti berpetualang di hutan amazon…suara hewan di sana seru banget. tenang aja, ga semua jalur extrem…kita benar-benar diajak menikmati keindahan alam.

  • Yuniari Nukti
    Februari 14, 2018

    Membayangkan diatas perahu sambil mendengar cuitan burung, ah, betapa indahnya alam Indonesia. Lihat rumah Tongkonan jadi pengen ke Toraja lagi!

    Oya Mbak biaya 500ribu – 1 juta itu perorang atau rombongan 1 mobil ya?

    Terima kasih infonya, dan salam kenal dari Surabaya ๐Ÿ™‚

    • Petualang Cantik
      Februari 14, 2018

      Biaya perorang sekitar 500. kalau bule biasanya hampir 1.000 karena plus gaed. coba aja hubungi ownernya, kali aja bisa nego. ini nomor Ownerny bang agus lamba +6281342505301

  • Yuniari Nukti
    Februari 14, 2018

    Oh ini blognya Mbak Lita Chan Lai, baru tau lihat fotonya hihi…
    Ternyata kita belum saling follow di IG, langsung deh saya follow ๐Ÿ˜€

    • Petualang Cantik
      Februari 14, 2018

      oia mba…salam kenal ya. insya allah aku folbek langsung. ๐Ÿ™‚

  • Harumi Paramaiswari
    Februari 16, 2018

    Wah jadi pengen maen arung jeram, pernah nyoba body rafting sih mbak dan seruuu abis. Medan yang ditempuh sepadan dengan kesenangan jiwaa, salam kenal mbak

  • Rani R Tyas
    Desember 31, 2018

    20KM perjalanan terjal dan berbatu, Mbak? Wah kalau aku udah tepar duluan tuh. Belum nyampe ke lokasi arung jeramnya udah ndremimil nggak karuan ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Mbak Lita emang wanita tangguh ya.

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      wah, bule2 banyak lho yg suka perjalanan trekking kaya gini….ayo semangat.

  • uswatun khasanah
    Desember 31, 2018

    Arung jeram memang sebuah kegiatan olahraga air yg menarik, tp sayangnya saya sampai saat ini belum pernah mencoba berarung jeram dan belum berani mencoba. Mungkin akan ada orang” dengan tipe seperti saya yg rada takut sma olahraga air dengan beragam alasan, seperti saya yg trauma/phobia. Tapi saya tertarik dengan alam dan budaya di tana toraja yg sangat menarik. Semoga ada post juga yg share tentang budaya di tana toraja.

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      semangat, semoga phobia airnya bisa hilang. awali dg main air di kolam renang aja mba. baru deh coba arung jeram ke debit yg rendah dulu

  • Beautyasti1
    Desember 31, 2018

    Tanah or Tana Toraja ya mba? Selama ini kusalah tulis donk ya. Btw ini sungai nya lurus gitu seperti di Amazon ya mba, seru banget, tapi kalau aku takut berarung jeram. But next time harus dicoba

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      iya, seperti di amazon. diding sungainya tinggi. riak airnya terdengar jelas dan banyak binantang unik dan liar hidup disana. ayo dicoba…

  • Siti Faridah
    Desember 31, 2018

    Sampai saat ini aku belum pernah merasakan gimana asiknya arung jeram. Baca postingan ini kok kayaknya asik banget ya. Duh, jadi pengen. Kalau aku dulu pas masih kecil tiap minggu aku berenang di sungai terus panen mangga di hutan milik pak dhe ku. Yah, malah curhat deh. Btw, turis mancanegara emang suka banget sama keindahan alam Indonesia.

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      haha…kegiatan yg asik tuh main disungai. kapan2 ajak petik mangganya dong.

      iya bule suka alam yg alami.

  • Hida
    Desember 31, 2018

    Aahh..Tator impianku sejak dulu untuk bisa kesana mbak. Apalagi ada raftingnya juga wahhh bikin mupeng euuy. Terakhir aku rafting thn 2014 di Jogja, kangen rafting lagii.

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      haha…ketagihan rafting ya. padahal di sukabumi ada lho tempat rafting.

  • Cari angin
    Desember 31, 2018

    Aku terakhir ikut kegiatan arung jeram itu tahun…waktu anakku masih TK. Dah lama banget ya. Jadi kangen pingin ikut kegiatan arung jeram lagi. Anakku dah smp sekarang

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      wow…bisa 9-10 tahun yg lalu ya. ayo coba lagi. di sukabumi juga ada kok twmpat rafting.

  • Ade anita
    Desember 31, 2018

    Naik mobil 3 jam lalu jalan kaki 1 jam… wah. Berarti jauh juga buat sampai ke hulu sungainya. Tapi pemandangan alam dan rumahnya cantik jadi tak terasa mungkin

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      haha…iya, harus pagi banget jalannya. waktu itu aku jalan jam 7 pagi. udaranya masih sejuk sekali.

  • Hidayah Sulistyowati
    Desember 31, 2018

    Waainiii… bikin mupeng rafting ke Tana Toraja, tapi jauhhh…
    Selama rafting, nggak ada fotografer dari pihak operator arung jeram kah, Lita? Sayang kalo nggak ada dokumentasi waktu perayu menabrak jeram besar atau ada peserta yang jatuh ke dalam air, hahahaa. Tapi kalo melihat foto–foto yang ada dan cerita detil yang disampaikan, alam di sana bikin betah deh. Sepulang arung jeram pengennya extend lebih lama

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      waktu aku kesana blm ada. tapi sekarang sudah ada soalnya aku masih berteman sama ownernya dan masih sering lihat foto2 pengarungannya.

  • Lidya
    Desember 31, 2018

    Aku pernah arung jeram tapi bukan di Toraja Lita. Enak ya ada kesempatan kesana

  • HM Zwan
    Desember 31, 2018

    Dari zaman kuliah sampai sekarang aku belum keturunan naik arung jeram. Seru banget ya mbk, itu harga 500-1jt untuk perorangan ya?

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      harga perorang mba…agak mahal memang karena biaya operasional juga mahal sekali. perlu tukang pikul perahu dengan trakking yg lumayan jauh, curam dan melelahkan.

  • Kartika Nugmalia
    Desember 31, 2018

    Memang yaa, kalau pemandangan indah itu ditempuhnya lewat jalan yang aduhai. Tapi seneng yah, bisa rafting dan menikmati alam seindah ini. Pasti jadi pengalaman tak terlupakan

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      bener banget. pokoknya dibanding rafting di sumatra, jawa beda banget sensasinya. pemandangan lebih alami dan suara2 alam lebih jelas terdengar.

  • Emak Petualang
    Desember 31, 2018

    Wah seru ya Mba…pengen nyoba tapi belum ada kesempatan aja…Duku sempat daftar ikut wisata yv ada raftingnya eh sy nya keburu ada acara jadi cancel deh…

  • lendyagasshi
    Desember 31, 2018

    Menarik banget…
    Aku belom pernah mencoba arung jeram.
    kalau lihat foto-foto temen yang berarung jeram, rasanya seru sekali yaa…

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      aku dah pernah coba rafting daerah sumatra dan jawa. Di Sungai Maiting ini yg paling seru.

  • miyosi
    Desember 31, 2018

    Mayan jauh juga y mb 20 km, tp kayakny emng worth it dg yg didapet
    Ehm… bwtku sih arung jeram itu antara pengin sm deg2an walaupun dah didampingi petugas
    Xixixi
    Oh iya, Mb
    Hargany itu per kelompok kan buka per orang?

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      ini harga perorang mba. biaya operasionalnya mahal. kalau mba tahu, perahunya itu dipikul oleh dua orang dengan jalan yg sama dilalui oleh para rafter. aku melihatnya kasihan juga. turun naik dan terjal. bawa diri aja ga kuat apalagi bawa perahu. sampe di tepi sungai barulah perahu di pompa.

  • Reyne Raea (Rey)
    Januari 1, 2019

    Seru banget liatnya, tapi kebayang banget bisa ikutan, terus dihempas-hempaskan aliran air ke bebatuan.
    Jadi ingat terakhir kali naik roller coaster dan saya nangis2 minta berhenti hahahaha.
    Duuhh saya kok cemen banget ya hal-hal kayak gini, tapi selalu pengen ikutan pas liat orang-orang bisa hebat naik arung jeram.
    Salut banget sama orang2 yang semangat ikutan wisata kayk gini, sudahlah tempatnya jauh, kudu jalan kaki, abis itu dihempas2 pula, bener2 pecinta alam sejati ๐Ÿ˜€

  • Uniek Kaswarganti
    Januari 1, 2019

    Lumayan juga ya mba perjalanan menuju ke sana, udah 3 jam dulu. Plus 1 jam jalan. Tapi dengan melihat begitu indahnya alam yang akan diarungi, seakan hilang semua penat ya.
    Kapaaaan bisa jalan2 jauh sampai ke sana nih. Sementara ini berarung jeram yang deket2 duu aja. ๐Ÿ™‚

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      nah, kalau udah pernah coba arung jeram di jawa atau sumatera, pas cobain di Tana Toraja ini pasti bisa bedain. merasakan sensasi yg luar biasa. akan merasa ini puncak dr kenikmatan berarung jeram. alamnya alami, suaranya alami, semua serba alami. binantangnya pun bikin kita takjup. burung2 bersahut2 dengan indah.

  • Herva Yulyanti
    Januari 1, 2019

    Padahal temen kantorku asli Tana Toraja tapi nda pernah cerita ttg sungai Maiting dan arung jeramnya mba hehee

    baca ini effortnya mayan juga 3 jam menuju lokasi sungai maitingnya tapi semua terbayar y mba dengan keseruannya selama arung jeram

    Aku belum pernah euy rafting begini sengan track panjang seru ya kebayang track panjang begini

    Btw itu 500k mayan y mba apalagi puas begitulah track jeramnya juga mayan semoga bisa kesinj

  • Yoanna Fayza
    Januari 1, 2019

    Keren euy, tracking dulu 1 jam untuk bisa rafting selama 3 jam. Apalagi saat-saat terakhir kudu dayung dg kecepatan ekstra supaya nggak kehujanan. Tenaganya luar biasa yaa.. Tapi memang kalau udah baneg teman seru-seruan gitu gak terasa capeknya ya mbaa ๐Ÿ™‚

    • Petualang Cantik
      Januari 1, 2019

      haha…iya mba. ceritanya terangkum semua. makasi mba yoanna….

  • Mpo Ratne
    Januari 1, 2019

    Sensasi dengan penuh tantangan melewati sungai maiting.

    Air yang keruh dan arus yang kuat menjadi daya tarik wisata di kota Toraja ini. Kapan kapan Mpo mau juga coba ah

  • Eka Rahmawati
    Januari 1, 2019

    Kapan yaaa saya bisa jalan2 jauh ke Sulawesi gitu. Pengen banget bisa keliling atau ngunjungin tempat wisata yg jauh enggak cuma daerah jawa. Mudah2an bisa hehe

  • Indah Nuria
    Januari 1, 2019

    Seruuu pisan teh.. jadi pengen nyobain juga. Pengennya sih bawa anak-anak juga bertualang di arung jeram

  • Eni Martini
    Januari 1, 2019

    Jadi kangen petualangan, rafting di bawah hujan deras. Masyaallah..itu jadi kenangan indah hingga kini

  • Ade Lisna
    Januari 1, 2019

    Pengen nyoba arung jeram, tapi suka takut mbak kalau aku itu..gak berani tapi melhat mbak kayakny asyik banget menikmati sekali

  • Rosanna Simanjuntak
    Januari 1, 2019

    Baru pernah arung jeram indoor di Ancol, hahaha.
    Baru coba cave tubbing saja di Gua Pindul Yogjakarta

    Menantang nih, arung jeram!
    Sudah terbayang keseruannya.

  • Nefertite Fatriyanti
    Januari 1, 2019

    Aku pengin sekali keliling Indonesia Lit, terutama Indonesia bagian timur, bayanganku di sana pasti pesona alamnya lebih, karena belum banyak terkena polusi dan lainnya.
    Keren banget tuh arunbg jeramnya, aku berani enggak ya? hehe

  • Dewi Sulistiawaty
    Januari 1, 2019

    Aku kalo ngeliat orang main arum jeram suka mupeng deh. Tapi sampe sekarang masih belum berani ikut arum jeram, tatuuut hihi…mungkin karena aku gak bisa renang ya *maluuu xD

  • Kurnia amelia
    Januari 1, 2019

    Duh kapan ya bisa merasakan sensasi arum jream kaya gini lagi, terakhir aku arum jeram itu waktu SMA huhu,, jadi kangen.

  • Diah
    Januari 1, 2019

    Huaaaa, itu sampai anak kecil pun ada yg ikut ya Mbak? Kereenn banget deehh. Saya sih gak berani ikutan ginian, gak bisa berenang sih, huhuhuh.

  • emanuella aka nyonyamalas
    Januari 1, 2019

    Perjuangan banget nyari spotnya ya Kak, sampai 3 jam loh, biayanya juga lumayan. Tapi saya yakin pasti sebanding ya dengan pengalaman dan pemandangan alam di sana….

  • Apura
    Januari 2, 2019

    Ini kakaknya ikutan arung jeram juga di sini? Meskipun ditempuh dalam waktu cukup lama, aku yakin pasti seru banget kegiatannya. Apalagi kalau sudah ketemu air, lupa segala lelah

  • Naqiyyah Syam
    Januari 2, 2019

    Menarik banget Mbak untuk mengikuti arung jeram aku juga penasaran untuk hadirnya uji nyali mengikuti arung jeram, apalagi kalau lihat sungainya bersih dan punya tim yang sulit pasti berani mencoba ya

  • Arinta Adiningtyas
    Januari 2, 2019

    Mbaak, saya tuh pengen ngerasain rafting juga, tapi belum kesampaian. ๐Ÿ™

    By the way, Sungai Maiting kelihatannya masih alami banget ya, Mbak.. Belum banyak polesan, gitu. Tapi Mbak, nggak takut nih rafting di musim penghujan kayak gini? ๐Ÿ™‚

    • Petualang Cantik
      Januari 2, 2019

      nah, sebelum ngarung harus tahu dulu kondisi alamnya. kalau musim hujan pasti debit airnya tinggi. dan great sungainya bisa lebih dari 4. itu sangat tidak disarankan sekali ngarung dg kondisi seperti itu

  • Ira Hamid
    Januari 2, 2019

    selalu suka lihat tayangan atau gambar orang ber-arung jeram, tapi saya takut melakukannya karena gak pandai berenang. Biarlah saya cukup jadi penikmat saja, hehehe ๐Ÿ™‚

  • Leyla
    Januari 2, 2019

    Pengen nyobain rafting tapi koq ngeri ya. Aku takut tenggelam padahal waktu kecil suka main di sungai wkwk

  • Jalan-Jalan KeNai
    Januari 2, 2019

    Udah belasan tahun saya gak berarung jeram. Seru aktivitas ini. Kapan-kapan mau ajak anak sekalian

  • Nyi Penengah Dewanti
    Januari 2, 2019

    akhir tahun lalu aku baru aja rafting di sungai lolong, ini udah aja pengen rafting lagi gegara liat keindahan sunga maiting. duh, pengen berkunjung ke sana nyoba raftingnya.

    • Petualang Cantik
      Januari 2, 2019

      ayo mba…cobain sungai maiting ini. pasti lebih indah dan seru.

  • Siti hairul
    Januari 2, 2019

    Wah mbak udah sampe Tana Toraja. Kakak iparku sepupu dari Toraja. Kalau ada upacara pemakaman keluarga dia pulang kampung. Jadi pengen main ke Toraja

    • Petualang Cantik
      Januari 2, 2019

      aku sering ke Tana Toraja. th 2009 sampe 2 kali ke sana. terakhir 2017 akhir tahun. disana ada kakak yg sudah aku anggap saudara.

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Januari 2, 2019

    Sayang sekali ya, enggak ada yang mendokumentasikan selama berarung jeram di Sungai Maiting. Padahal saya jadi penasaran dengan pemandangannya di sana. Beneran seperti berasa di Hutan Amazon yang terkenal dengan keasliannya ya?

    • Petualang Cantik
      Januari 2, 2019

      haha…aku juga binggung kalau ada yg dokumentasikannya itu dirinya di mana. soalnya kita tuh ada di sungai yg berdinding tinggi. lagi pula kita disana malah sibuk dayung terus. pokoknya nikmat banget deh. paling pas mau sampe baru bisa dokumentasikan.

  • Bunda Biya
    Januari 2, 2019

    Ke tana toraja aja belom pernah apalagi main arung jeram disana :(( doain yah mba biar ku bisa segera kesana juga uhuy ๐Ÿ˜€

  • Jiah
    Januari 2, 2019

    Aku baru sekali arung jeram dan nagih banget walau setelahnya badan pegel2. Main arung jeram tuh bikin mata adem karena lihat pemandangan alam yang kece

    • Petualang Cantik
      Januari 2, 2019

      bener banget mba. tp kalau sungai di jawa masih kelihatan orang jemur pakaian. kalau disini malah gada sama sekali.

  • Dewi Natalia
    Januari 2, 2019

    Perjuangan menuju tempat raftingnya luar biasa ya mba. Tapi begitu lihat tempatnya, langsung bersemangat deh untuk main arung jeram ๐Ÿ˜€

    • Petualang Cantik
      Januari 2, 2019

      haha…iya. aku sampe sekarang mengklaim ini sungai paling bagus dan seru utk arung jeram. sungai sumatra dan jawa malah beda sekali.

  • Rani Yulianty
    Januari 2, 2019

    Sungai Maiting sungguh menantang untuk ditaklukkan ya dengan olahraga pejuh adrenalin arung jeram, pemandangannya juga indah, kayaknya perjalanan melelahkan terbayarkan ya dengan keseruan dan keindahan alamnya

  • Ida Tahmidah
    Januari 2, 2019

    Seru pisan pastinya ya…pengen jg ke Sulawesi semoga ada takdirnya bs ke sana…

  • Dian Farida Ismyama
    Januari 2, 2019

    Wah aku pingin banget arung jeram Mbak . Beberapa kali belum kesampaian. Entah pas hamil lah, pas hujan deras lah. Semoga segera bisa berarung jeram. Sepertinya seru sekali

  • Novitania
    Januari 3, 2019

    Apa cuma aku ya yg belom ngerasain arum jeram beneran. Skalinya coba cuma wahana yg di dufan. Mba lita kalo nanti arum jeram lagi ajak ajak aku ya hhee

  • Nia K. Haryanto
    Januari 3, 2019

    Medan dan sungainya menantang adrenalin banget. Pastinya sangat seru ya rafting di sana. Duh, mupeng deh. Walopun aku takut, tapinya kangen juga untuk rafting lagi.

  • April Hamsa
    Januari 3, 2019

    Woooowww 15 km, keren.
    Ternyata di Toraja juga ada sungai Maiting yang layak disururi yaaa. Pengen deh bisa raftig di sana jg. Kebayang di Toraja sungainya panjang2 dan kyknya lbh bersih ya mbak, ketimbang sungai2 di Jawa?

  • Indri Noor
    Januari 3, 2019

    Dulu teman kuliah ada yang orang Toraja, dan sering cerita tentang keindahan daerahnya. Bikin mupeng. Sampe sekarang belom kesampaian sih. Baca blogpostnya jadi makin pengin ke sana

  • Noorma Fitriana M. Zain
    Januari 3, 2019

    Arung Jeram di Pekalongan maksimal 12 KM mbak.. ini 20 KM berarti sekitar 5 jam perjalanan kalau dijumlahkan estimasinya. aku juga suka arung jeram tapi asal debit airnya standar saja tidak terlalu tinggi

  • untari
    Januari 3, 2019

    belum pernah rafting tapi dulu di desa mbahku sungainya kurang lebih ya masih asli jadi seneng aja kalo main di sungai

  • Indira W
    Januari 3, 2019

    Arung jeram itu sensasinya seru banget ya mba!
    Parahnya asma aku pernah kambuh waktu di tengah-tengah, sejak saat itu udah gak berani lagi deh hiks

Tinggalkan Balasan ke Lidya Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *