Meet Up Blogger Muslimah : Belajar Menulis dan Kecantikan

by

Halo Petualang Cantik,

Senang sekali bisa hadir di acara Meet Up Blogger Muslimah di NIC Apartemen Menteng Squere, Jakarta ( 27/08/2017). Ini pertama kali saya ikut dan terlibat dalam acara ini. Siapa yang ngga senang bergabung dalam Komunitas Blogger Muslimah ini, karena akan bertemu banyak orang-orang yang ngehits dibidang penulisan. Sebab founder yang mengelola komunitas ini adalah seorang penulis dan yang hadir juga kebanyakan dari teman-teman penulis. Jadi bisa gabung dengan mereka suatu hal yang luar biasa, semoga mendapatkan ilmu-ilmu dari mereka yang sudah biasa menulis cerpen atau novel.

Dalam kegiatan ini hadir mba Rahmadiyanti Rusdi ( Penerbit Nourma) yang akan membocorkan rahasia bagaimana tulisan bisa diterima oleh perusahaan penerbitan. Kemudian ada juga Uni Novia syahidah Rais ( Penulis dan Founder Blogger Muslimah) yang akan berbagi ilmunya bagaimana menulis cerpen dan novel.

Dalam kegiatan ini Blogger Muslimah akan membagikan banyak hadiah buat peserta yang hadir, seperti baju gamis by Margaw, Khimar syar’i by Margaw, Tunik, Tas Kanvas, buku-buku dan lain-lain. Pokoknya keseruan acara tersebut dapat dinikmati oleh peserta yang datang.

Acara pertama langsung di isi oleh Mba Rahmadiyanti Rusdi. Beliau akan memaparkan materinya tentang  Dunia Penerbitan. Mba Diyanti menjelaskan bahwa dunia buku adalah dunia gagasan. Dari dunia tersebut tumbuh konten-konten yang sangat luar biasa.

Banyak ide yang bisa dikembangkan, seperti kisah masa kecil, pengalaman hidup, buku anak-anak, buku pendidikan, buku terjemahan dan lain-lain. Buku yang dipasarkan juga mengikuti tren masa kini, makanya jangan bosen-bosen untuk melihat buku-buku yang dijual ditoko buku agar dapat mengikuti tren yang sudah ada.

Kreativitas kita di tuntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Ini berhubungan dengan pengemasan, promosi, penjualan dan semua lini yang terkait. Komunitas juga dapat membantu dalam mengambil jalan sebuah perusahaan penerbitan untuk mencari penulis-penulis yang berbakat.

Mba Diyanti memberikan tip-tipnya agar karya kita dapat menembus penerbit, Yaitu :

  • Miliki hal-hal baru yang menarik perhatian publik
  • Punya kejelasan segmen buku yang ditulis
  • Kualitas penulis, sistematis, aktual
  • Buat sinopsis yang menarik + daftar isi + 3 bab awal
  • Amati tren buku, dianjurkan sering ke toko buku

Biasanya kalau sudah mengikuti 5 hal diatas, penerbit tidak ragu lagi untuk memasukinya dalam list terbitannya. Jika buku sudah diterbitkan pastinya kepuasan ada pada diri sendiri, meskipun keuntungan yang kita terima tidak terlalu banyak.

Teman-teman yang hadir sangat antusias mendengarkan pemaparan dari Mba Diyanti, karena keinginan untuk menjadikan karya-karyanya ke dalam sebuah buku sangat didambakan sekali. Walau Mba Diyanti juga menjelaskan keuntungan materi yang didapat tidak terlalu menggiurkan, namun dengan adanya buku yang bisa diterbitkan memiliki makna tersendiri buat teman-teman yang hadir.

Waktu terus berjalan, tiba saatnya kita semua makan siang dengan potlok yang dibawa oleh masing-masing peserta yang hadir. dengan adanya potlak tersebut, teman-teman bisa berbagi makanan dan bisa berbaur dengan teman-teman yang tidak saling mengenal ini. inilah bentuk silahturahmi kita dalam membentuk ukhwah islamiyah, Berlomba-lomba dalam kebaikan.

Setelah makan siang acara selanjutnya adalah sesi Class Beauty yang di isi oleh Viva Kosmetik yang langsung didatangkan dari Surabaya, yaitu Ibu Indah A. Edyanto ( Kepala Unit Hub. Konsumen). Pada 1959 Tahun lalu berdiri sebuah pabrik farmasi dengan nama PT General Indonesia Producing Centre di Jalan Karet Surabaya. 2 Tahun kemudian, tepatnya tanggal  13 Juni 1961 perusahaan berganti nama menjadi PT Paberik Pharmasi  “VITA”.

Dalam memproduksi  PT Paberik Pharmasi  “VITA” melibatkan seorang pakar formula kosmetik Dr. Tio Tiong Hoo yang telah mensesuaikan formulanya untuk daerah tropis, dengan inilah wanita Indonesia mulai mengenal “Viva Kosmetik” yang telah dikembangkan keseluruh Indonesia.

Pada tahun 1966 PT Paberik Pharmasi  “VITA” telah mengembangkan beberapa rangkain dan varian kosmetiknya. Permintaan konsumen yang terus meningkat dan kemajuan yang terus melesat membuat PT Paberik Pharmasi  “VITA” dalam mendirikan sebuah pabrik yang megah pada tahun 1974 di Jalan Panjang Jiwo, Surabaya.

Pada tahun 1998, PT Paberik Pharmasi  “VITA” berubah nama menjadi PT  Vitapharm hingga sekarang. PT  Vitapharm berkomitmen untuk terus menjaga kualitas produknya, sehingga PT  Vitapharm mendapatkan Sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika Yang Baik).

Berdirinya pabrik hampir seumuran dengan Alm. Mama yang lahir pada tahun 1958. Bedak dan Pensil Alis Viva Kosmetik menjadi favorit  Mamaku mulai gadis hingga terakhir pergi di panggil Allah. Betapa setianya orang zaman dulu, hingga kosmetik yang telah dikenalnya tidak mau diganti dengan produk dan merek yang lain.

Kegiatan Class Beauty semakin menarik ketika mba-mba yang cantik dari Viva Kosmetik mengajarkan pada kami bagaimana menggunakan dan mengaplikasikan produknya ke wajah wanita Blogger Muslimah yang hadir. Yang paling saya suka adalah cara mengunakan Pensil Alis dan mengaplikasinya ke Alis kita. Setelah selesai berdandan terlihat wajah-wajah Blogger Muslimah terlihat cantik sekali.

Sesi berikutnya  di isi oleh Novia syahidah Rais ( Penulis dan Founder Blogger Muslimah). Ini jugan sangat disukai oleh peserta yang hadir. Bagaimana sebuah cerpen atau novel kita bisa diterima oleh pembaca? Nah, Uni Novia ini akan mengajarkan ke kita semua cara dan triknya dalam mengemasnya menjadi sebuah karya yang indah.

Uni Novia akan memberikan dasar-dasar menulis fiksi. Seperti kita ketahui, Fiksi adalah sebuah prosa naratif yang bersifat imajiner, meskipun imajiner, sebuah karya fiksi tetaplah masuk akal dan mengandung kebenaran yang dapat mendramatisasikan hubungan-hubungan antar tokoh.

Ciri-ciri Fiksi ada dua Bagian :

  1. Ciri-ciri Cerita Pendek (Cerpen)
  • Bersifat fiktif
  • Kata dalam cerita tidak lebih dari 10.000 kata
  • Isi kebanyakan mencerminkan kisah sehari-hari
  • Tokohnya sederhana dan karakternya tidak detail
  • Ceritanya habis dibaca dalam sekali duduk
  • Menciptakan efek tunggal ( satu tokoh utama satu tema dll)
  • Harus ketat dan padat. Mengarus pada efek ekonomis
  • Mampu menyakinkan pembaca bahwa ceritanya nyata
  • Menimbulkan kesan selasai
  1. Ciri-ciri Novel
  • Jumlah kata lebih dari 35.000 kata
  • Terdiri dari setidaknya 100 halaman
  • Waktu untuk membaca novel setidaknya 2 jam atau 120 menit
  • Ceritanya lebih dari satu impresi, efek dan emosi
  • Alur cerita cukup komplek
  • Seleksi ceritanya luas
  • Ceritanya panjang, bisa banyak kalimat yang diulang-ulang

Unsur fiksi adalah satu kesatuan yang berkaitan harus saling melengkapi dan memiliki hubungan sebab akibat. Uni Novia juga menjelaskan bagaimana modal dasar seorang penulis, yaitu harus mencintai karyannya, rajin-rajin membaca dan sering melakukan pelatihan.

Nah, Uni Novia sudah menjelaskan semuanya ke kita. Saatnya kita mulai untuk melakukan apa yang dijelaskan oleh Uni Novia, agar bisa menulis cerpen atau novel bisa dilakukan dengan mudah. Sesi ini adalah sesi terakhir. Saatnya membagi hadiah yang sudah disiapkan untuk peserta yang hadir.

Kegiatan ini berlangsung sukses dengan bantuan dari sponsor yang mendukung Blogger Muslimah diantaranya adalah Gogobli, Viva Kosmetik, Margaw, She Collection dan teman-teman yang hadir. tanpa mereka kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik. Terima kasih, semoga acara Meet Up Blogger Muslimah selanjutnya bisa lebih baik dan keren.

4 Responses
  • Farida
    September 6, 2017

    Wah asyik ya belajar menulis sekaligus dandan.
    Iya nih Viva masih ada aja sampai sekarang.
    Terimakasih sudah berbagi cerita 🙂

  • Denik
    September 11, 2017

    Seru juga ya Mba mengikuti beauty class… Hehehe

  • Novia Syahidah Rais
    September 15, 2017

    Huaaaaa, baru sempet mampir! Biasalah, sok sibuk hehe… Mampir juga cuma mau bilang, sampai jumpa di acara berikutnya ya! 😀

  • phadliharahap
    September 23, 2017

    kelas menulis dan kegantengan kok enggak ada ya. mana tahu lelaki mau juga. hehehe

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *