Belajar Layout Bersama Dama Vara

by

Halo Petualang Cantik,

Ngomong-ngomong masalah layout blog, aduh…kayanya saya nyerah deh. Masalahnya saya orang yang ga punya daya kreasi yang tinggi. Saya lebih sering kerja dilapangan menangani masalah yang ada dilapangan, seperti ngerescue orang yang tenggelam, jatuh dari jurang, dayung perahu evakuasi korban banjir dari pada harus oprek-oprek gambar.

Tapi berjalannya waktu dan sejak terceburnya saya menjadi blogger, mau tak mau harus bisa juga untuk mempercantik gambar untuk postingan blog. Nah, makanya saya mau belajar nih sama Dama Vara. Kebetulan saya diajak sama ISB dan CNI untuk ikutin acara workshop yang bertema “ Easy Step To The Perfect Website Layout”.

Ternyata Dama Vara ini pernah mendapatkan beasiswa dan di undang ke Amerika untuk menghadiri beberapa workshop dan juga seminar di bidang IT dan Desain. Nah, workshop yang paling berkesan buat Dama adalah yang diadakan oleh Mozila tentang Persona. Apa sih persona itu? Kayanya saya baru tahu nih dengan kata-kata persona ( bukan terpesona yah…wkwkw). Persona ini ada kaitannya lho sama tampilan gambar kita di blog.

Kalau kita pernah tahu yang namanya user experience, nah dalam user experience adalah yang namanya  persona ini dalam desain zaman sekarang lho. Dengan persona ini menjadi landasan buat kita membuat blog yang kita inginkan. Type seperti apa saja yang kita inginkan dengan produk kita ini.

Waduh, makin pusing ada nih melihat tampilan-tampilan yang di kasih lihat sama Dama. Sumpah, saya bener-bener cetek pengetahuan tentang gambar. Untuk menilai gambar itu bagus atau tidak ada saya masih kesulitan. Apalagi harus membuat layout dengan tampilan yang bagus. Duh, masih belum mudeng nih. Mending dengarin lagi aja pemaparan Dama Vara.

Kata Dama, persona itu ada yang primer dan sekunder. Nah, apalagi nih? Yuk lanjut nyimaknya.

Persona primer adalah  costumer yang utama yang akan kita puaskan, karena mereka adalah yang paling utama menggunakan fasilitas yang kita buat. Di contohkan oleh Dama adalah gambar trotoar yang memiliki lekukan rendah, yang fungsinya adalah untuk para pengguna kursi roda yang akan menyebrang jalan dari trotoar yang mereka gunakan. Nah, persona sekunder seperti apa yang akan menggunakan fasilitas yang kita buat? Hemm…kalau kata teman blogger yang bernama Jun sih untuk orang-orang pejalan kaki lainnya, tapi Dama punya jawaban sendiri untuk itu yaitu orang tua yang membawa troli bayi, karena di Amerika banyak sekali orang tua yang membawa anaknya dengan menggunakan troli.hahaha, ternyata itu persona sekundernya. Eh, ada lagi lho, yaitu traveler yang bawa koper roda. Kalau gada lekukan trotoar tersebut pasti sudah banget angkat kopernya.

Nah, Dama mulai kaitkan nih persona dengan blog atau website kita. Untuk postingan kita terkait jalan-jalan sisipkan juga pada tulisan “Baca juga disini” ini fungsinya untuk pembaca menjadi tetap bertahan di blog kita dengan pilihan bacaan lainnya selain tulisan yang mereka sudah baca. Jadi pembaca setia kita memiliki pilihan lain untuk mereka baca dan menjadi betah di blog kita. Nah, untuk tema aku sih gap pusing amat, soalnya sudah ada yang bikin, hahaha…masih aja mau yang praktis.

Contoh Gambar Non Dekoratif dan Dekoratif Bisa Di Lihat Bedanya

Contoh Gambar Non Dekoratif dan Dekoratif
Bisa Di Lihat Bedanya

 

Setelah ngomongin layout blog, sekarang Dama menjelaskan elemen yang ada di dalam blog kita. Pertama adalah Cover dari postingan. Gimana sih caranya buat tampilan cover yang mudah dan menarik? Dan kenapa kita perlu desain di dalam postingan kita?Nah, Ini yang perlu kita pelajari. Dama bilang, ini untuk mempermudah pembaca memahami tulisan dan judul yang kita tampilkan dan juga untuk memperpendek durasi baca.

Wah, bener juga ya…dengan dekorasi pembaca langsung tertarik untuk membaca tulisan kita. Pemilihan huruf ternyata perlu juga lho. Untuk dekoratifnya Dama menyarankan untuk membuatnya memakai aplikasi Canva lewat smartphone, kalau untuk website sebenarnya lebih mudah karena layarnya lebih besar, dan Dama menyarankan menggunakan twitter post, karena ukurannya pas untuk blog.

Ilmu yang Dama berikan keren juga nih, saya mulai  tertarik untuk oprek-oprek gambar untuk postingan blog. Terima kasih Dama Vara, kamu sudah bikin semangat saya untuk lebih memperhatikan tampilan blog saya. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat untuk tampilan lebih baik dari postingan blog ini.

Oia, acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Interprener Blogger yang bekerja sama dengan CNI, salah satu MLM produk makanan dan minuman sehat yang sudah terkenal sejak lama lho. Acara ini juga dibarengi dengan buka puasa bersama di Pizza Hut Gatot Subroto.

Foto By Panitia

No Comments Yet.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *